Rekomendasi Buah Penurun Panas, Penanganan Alami yang Aman dan Enak

buah penurun panas
Berbagai buah penurun panas. Foto: Istimewa

Mengkonsumsi buah penurun panas bisa menjadi solusi darurat saat anak-anak atau anggota keluarga mengalami demam. Selain enak, buah-buahan juga lebih disukai semua umur.

Demam tinggi yang ditandai dengan meningkatkan suhu badan seringkali membuat orang tua panik. Gejala ini tak hanya dialami anak-anak, namun juga pada remaja dan orang dewasa.

Namun, kondisi semacam ini tak perlu disikapi dan dihadapi dengan kekhawatiran yang sangat. Begitu juga penanganannya tak selalu harus dengan obat-obatan kimia yang mungkin saja malah salah obat.

Apalagi panas tinggi tak selalu merupakan gejala penyakit yang serius. Gejala ini pun tak selalu menunjuk pada jenis penyakit tertentu. Ada banyak faktor yang membuat meningkatkan suhunya sehingga menjadi panas tinggi.

11 Buah Penurun Panas Terbaik

Untuk mengatasi gejala demam mendadak, ada baiknya anda memberikan buah segar dan enak untuk menurunkan panas. Selain merupakan penanganan alami yang aman, mengkonsumsi buah tentunya lebih disukai.

Berikut ini daftar buah penurun panas badan yang bisa anda berikan untuk anak-anak atau anggota keluarga yang mengalaminya. Selain enak, buah-buahan ini juga mengandung antioksidan yang berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Buah Kiwi

Penelitian British Journal of Nutrition membuktikan makan buah kiwi mampu menurunkan panas demam secara efektif. Pada riset itu penderita diminta makan 4 buah kiwi dan 2 buah pisang sehari.

Buah Pepaya

Buah pepaya diketahui mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Buah ini juga kaya betakaroten dan vitamin E yang berkhasiat dalam mengatasi inflamasi pada tubuh. Berikan buah ini saat anak demam mendadak.

Buah Semangka

Buah penurun panas lainnya adalah semangka yang mengandung banyak air dan memberikan efek mendinginkan tubuh. Apalagi buah ini juga kaya kalium dan vitamin B6 yang baik untuk menurunkan panas badan yang tinggi.

Buah Melon

Selain kaya dengan kandungan air dan seratnya, buah melon juga kaya dengan karotenoid, vitamin A dan E. Mengkonsumsi buah manis segar ini bukan saja akan menurunkan demam tinggi, namun juga bisa mencegah dehidrasi.

Air Kelapa Muda

Air kelapa muda diketahui kaya ion dan mineral yang penting untuk tubuh. Selain dapat menurunkan suhu tinggi, minum air degan hijau juga berguna untuk mengganti cairan tubuh yang hilang akibat panas badan.

Buah Mentimun

Selain termasuk jenis buah yang kaya kandungan air, mentimun mengandung karbohidrat, magnesium dan kalsium yang baik untuk menurunkan panas sekaligus bisa mengembalikan energi tubuh dengan cepat.

Buah Pisang

Pisang juga ampuh sebagai buah penurun panas karena kaya kandungan vitamin dan gizinya. Namun sebaiknya pilih jenis pisang Ambon yang nutrisinya lebih banyak dan lebih baik untuk mengatasi demam tinggi.

Buah Apel

Dalam sebuah apel diketahui setara dengan 1500 mg vitamin C. Nutrisinya yang mudah dicerna juga sangat membantu tubuh dalam melawan demam dan menurunkan panas badannya.

Buah Blewah

Buah penurun panas yang satu ini populer untuk menu berbuka puasa.  Buah ini banyak mengandung air, serat, vitamin C yang baik untuk menurunkan panas demam. Sifat antioksidannya juga berguna meningkatkan imunitas tubuh.

Buah Jeruk

Jeruk identik sebagai buah tangan saat kita menjenguk orang sakit. Namun, buah yang kaya vitamin C ini juga efektif dalam menangkal racun yang menyerang tubuh sekaligus menurunkan panas tinggi.

Buah Stroberi

Selain rasanya asam manis yang enak, buah stroberi juga kaya vitamin C yang baik untuk mengembalikan kekebalan tubuh sekaligus menurunkan suhu tubuh yang meningkat karena demam.

Demikianlah beberapa buah penurun panas yang sangat direkomendasikan untuk penanganan darurat saat anak-anak atau anggota keluarga mengalami demam mendadak. (R9/HR-Online)

Loading...