Bunga Bangkai Kembali Ditemukan di Pangandaran

Bunga Bangkai Pangandaran
Bunga Bangkai yang ditemukan di Desa Panyutran, Kecamatan Padaherang. Foto: Entang/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Bunga Bangkai atau Rafflesia Padma ditemukan warga Dusun Cinangka, RT 03 RW 01, Desa Panyutran, Kecamatan Padaherang, Kabupaten Pangandaran yang tepatnya di samping sekolah SDN 2 Panyutran.

Guru SDN 2 Panyutran, Heru, mengatakan, awal mulanya bunga bangkai tersebut ditemukan oleh seorang siswo kelas 4 yang bernama Ratna. Kemudian ia melaporkan bunga yang ukurannya cukup besar itu kepada guru.

“Setelah dicek, ternyata benar, itu bunga bangkai yang sangat langka. Bahkan, ini bisa dibilang baru pertama kali tumbuh di Desa Panyutran,” kata Heru, Kamis (7/11/2019).

Heru menambahkan, setelah bunga tersebut diketahui oleh pihak sekolah, kemudian warga setempat pun banyak yang berdatangan ke lokasi untuk mengobati penasarannya terhadap bunga yang memiliki nama latin Amorphophallus titanum Becc ini.

Kondisi bunga bangkai ini, kata Heru, sudah mengembang dengan ukuran tinggi sekitar 30 centimeter dan lebarnya mencapai sekitar 40 centimeter.

“Selama saya mengajar di sini, belum pernah mendengar atau melihat langsung bungai bangkai tumbuh di wilayah desa ini. Alhamdulillah ini bisa lihat langsung,” katanya.

Diketahui, bungai bangkai atau Rafflesia Padma ini sering disebut kembang kibut atau suweg raksasa. Bunga ini banyak sekali jenisnya yang ada di Indonesia, bahkan mencapai 28 spesies yang tumbuh di berbagai daerah di Indonesia. (Ntang/R6/HR-Online)

Loading...