BWF Super Series Finals 2019, Ini Daftar Wakil Indonesia yang Bertanding

BWF Super Series Finals 2019
BWF Super Series Finals yang akan diselenggarakan di Guangzhou, China, dari tanggal 11-15 Desember 2019. Foto: BWF

BWF Super Series Finals 2019 akan diselenggarakan di Guangzhou, China, dari tanggal 11-15 Desember 2019. BWF World Tour Finals ini merupakan rangkai terakhir turnamen badminton yang diselenggarakan selama satu tahun, dan diadakan di setiap akhir tahun.

Ajang turnamen badminton ini mempersebutkan hadiah total super fantastis, dengan total sebesar 1,5 juta dollar Amerika Serikat.

Sedangkan peserta dari BWF Super Series Finals 2019, yang ikut berpartisipasi hanya sampai rangking 8 selama satu tahun turnamen, atau menjadi juara dunia di tahun tersebut.

Namun sesuai dengan aturan, untuk masing-masing negara yang berpartisipasi maksimal 2 pemain saja di setiap kategori.

Indonesia sendiri yang ikut dalam BWF Super Series Finals 2019 ada 7 wakil. Masing-masing 2 wakil di sektor tunggal putra, 2 wakil di ganda putra, 2 wakil di ganda campuran, dan 1 wakil di sektor ganda putri.

Untuk tunggal putra yang ikut bertanding adalah Jonatan Christie setelah berhasil menempati posisi ketiga, dan Anthony Sinisuka Ginting diperingkat keenam.

Sementara posisi pertama ditempati oleh wakil dari Jepang, kento Momota. Kedua oleh Chou Tien Chen dari Taiwan, selanjutnya keempat Chen Long dari China. Wakil Denmark Victor Axelsen dan Anders Antonsen diurutan lima dan tujuh, sedangkan slot terkahir di tunggal putra diisi Wang Tzu Wei dari Taiwan.

Di sektor ganda putra yang akan bertanding di BWF Super Series Finals 2019, antara lain, ganda terbaik dunia dari Indonesia Marcus Gideon/Kevin Sanjaya yang berada di posisi pertama, disusul posisi kedua Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan.

Selanjutnya pasangan Takeshi Kamura/Keigo Sonoda dari Jepang, lalu wakil China Li Jun Hui/Liu Yu Chen. Untuk posisi kelima ada wakil Taiwan Lee Yang/Wang Chi-Ling, disusul Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe dari Jepang, Lu Ching Yao/Yang Po Han wakil dari Taiwan, dan terakhir Aaron Chia/Soh Wooi Yik dari Malaysia.

BWF Super Series Finals 2019

Sementara di sektor ganda campuran wakil Indonesia yang akan bertanding adalah Praveen Jordan/Melati Daeva yang menempati urutan ketiga dan Hafiz Faizal/ Gloria Emanuelle Widjaja di posisi ketujuh.

Untuk pemain lainnya di sektor ganda campuran ini, posisi pertama ditempati wakil Thailand Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai, disusul Zheng Siwei/Huang Yaqiong dari China.

Selanjut pemain yang akan bertanding di BWF Super Series Finals 2019 ganda campuran Wang Li Lyu/Huang Dong Ping dari China, Chang Peng Soon/Goh Liu Yung dari Malaysia, Yuta Watanabe/Arisa Higashino dari Jepang, dan terakhir wakil Korea Selatan Seo Seung Jae/Chae Yu Jung.

Di sektor ganda putri, Indonesia hanya mengirimkan satu wakilnya yakni Greysia Polii/Apriyani Rahayu. Sedangkan Jepang yang memiliki ganda putri terkuat mengirimkan dua wakilnya antara lain Yuki Fukushima/Sayaka Hirota dan Mayu Matsumoto/Wakana Nagahara diposisi pertama dan kedua.

BWF Super Series Finals 2019 sektor ganda putri lainnya dari China dua wakil yaitu Chen Qing Chen/Jia Yi Fan dan Du Yue/Li Yinhui.

Korea selatan juga mengirimkan dua wakilnya, Kim So Yeong/Kong Hee Yong dan Lee So Hee/Shin Seung Chan. Sedangkan Thailand diwakil oleh Jongkolphan Kititharakul/Rawinda Prajongjai.

Sektor Tunggal Putri Tidak Ada Wakil Indonesia

Sementara di sektor tunggal putri, tidak ada satu pun wakil Indonesia yang menempati urutan atau posisi 8 besar. Posisi paling baik di ranking BWF Super Series Finals 2019 untuk tunggal putri adalah Fitriani yang berada di urutan 16.

Sedangkan pemain yang akan bertanding di tunggal putri antara lain, Chen Yu Fei dari China, Ratchanok Intanon dari Thailand, Nozomi Okuhara dari Jepang, Tai Tzu Ying dari Taiwan. Wakil Jepang lainnya adalah Akane Yamaguchi, kemudian disusul He Bing Jiao dari China, Pusarla Sindhu dari India dan slot terakhir Busanan Ongbamrungphan dari Thailand.

Di tahun 2018 lalu Indonesia tidak meraih satu gelar pun. Sebagai informasi, pemenang BWF Super Series Finals 2018 untuk sektor tunggal putra diraih Shi Yuqi dari China yang mengalahkan wakil Jepang Kento Momota.

Nomor ganda putra diraih Li Junhui/Liu Yuchen (China) mengalahkan Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe dari Jepang. Tunggal putri Pusarla Venkata Sindhu mengandaskan perlawanan Nozomi Okuhara, ganda putri Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi (Jepang) menghempaskan wakil Korea Selatan Lee So Hee/Shin Seung Chan.

Dan ganda campuran sesama pemian China, Wang Yilyu/Huang Dongping mengalahkan Zheng Siwei/Huang Yaqiong.

Sementara untuk siaran langsung BWF Super Series Finals 2019, rencananya akan disiarkan oleh stasiun TVRI Nasioan dan TVRI Sport HD serta UseeTV. (Adi/R5/HR-Online)

Loading...