Cara Agar KPR Rumah Disetujui Bank? Lakukan Ini!

cara agar kpr rumah disetujui bank
Cara agar KPR rumah disetujui bank. Foto: Istimewa

Bagi Anda yang ingin membeli rumah KPR, sebaiknya Anda mencari tahu terlebih dahulu cara agar KPR rumah disetujui bank.

Mengajukan KPR kepada bank memang tak semudah membalikkan telapak tangan. Ketatnya regulasi dan kebijakan yang diterapkan oleh bank  membuat sebagian orang mengalami penolakan ketika mengjukan KPR.

Sebenarnya peraturan dan kebijakan dari bank dibuat bukan untuk memberatkan masyarakat yang ingin mengajukan KRP. Hanya saja, Anda perlu tahu bahwa KPR melibatkan dana yang cukup besar di dalamnya, jadi wajar jika bank terkesan hati-hati dalam menyetujui pengajuan KPR.

Baca Juga: Tips Membeli Rumah KPR Subsidi Agar Tidak Tertipu

Bagi Anda yang hendak mengajukan KRP, simak beberapa cara agar KPR rumah disetujui bank berikut ini:

Kumpulkan Informasi Awal dan Memahaminya Baik-baik

Dalam mengajukan permohonan KPR sebaiknya Anda jangan terburu-buru. Terlebih dahulu Anda dapat mencari informasi sebanyak-banyaknya mengenai layanan KPR yang diberikan oleh pihak bank.

Dengan mengantongi banyak informasi seputar pengajuan KPR, Anda akan tahu langkah-langkah apa yang harus Anda ambil ke depannya.

Untuk memperoleh informasi yang berkaitan dengan KPR, Anda dapat mencarinya secara online di website keuangan atau bertanya langsung pada konsultan keuangan mengenai segala sesuatu yang berkenaan dengan pengajuan KPR.

Lakukan Perbandingan Awal

Salah satu cara agar KPR rumah disetujui bank adalah dengan melakukan perbandingan awal antara satu bank dengan bank yang lain. Dengan melakukan perbandingan beberapa bank, Anda jadi punya banyak referensi bank yang sekiranya bisa menyetujui pengajuan KPR Anda.

Dengan demikian, saat pengajuan KPR Anda ditolak oleh satu bank, Anda dapat mengajukan di bank yang lainnya.

Datang ke Bank dengan Penampilan yang  Rapi dan Meyakinkan

Saat mendatangi bank untuk mengajukan permohonan KPR, sebaiknya Anda berpenampilan rapi dan meyakinkan. Hal ini merupakan salah satu cara agar KPR rumah disetujui bank.

Penampilan yang rapi akan membuat orang lain akan lebih menghargai Anda jika dibandingkan saat Anda berpenampilan berantakan ataupun dengan mimik wajah yang memelas. Selain itu, Anda juga akan lebih percaya diri saat berhadapan dengan pihak bank.

Tanyakan Hal-hal Penting saat Berada di Bank

Menanyakan hal-hal penting pada pihak bank bisa jadi salah satu cara agar KPR rumah disetujui bank. Meskipun sebelumnya Anda telah mencari tahu informasi tentang KPR melalui website keuangan ataupun bertanya secara langsung pada konsultan keuangan, Anda tetap perlu menanyakan beberapa hal penting yang berkaitan dengan KPR agar lebih paham soal pengajuan KPR pada bank yang bersangkutan.

Tanyakan secara detail mengenai berbagai macam hal yang berkaitan dengan jumlah dana KPR yang bisa didapatkan, jumlah uang muka yang harus dibayarkan, besarnya bunga yang ditetapkan, tenor yang bisa dipilih, serta berbagai keuntungan yang bisa didapatkan dengan mengajukan KPR di bank tersebut.

Pilih Bank Terbaik

Jangan sampai salah memilih bank saat hendak mengajukan KPR. Ya, pastikan untuk memilih bank yang dapat menawarkan pelayanan terbaik. Memilih bank yang terbaik juga merupakan salah satu cara agar KPR rumah disetujui bank.

Meskipun bank dapat dengan mudah memberikan Anda persetujuan KPR rumah, namun jika bank tersebut tak dapat mendapatkan pelayanan berkualitas maka sebaiknya Anda mencari bank yang lain saja.

Lakukan Perhitungan Awal dan Perhatikan Budget

Anda perlu melakukan perhitungan awal dan juga memperhatikan budget yang Anda punya sebelum mengajukan KPR pada sebuah bank.

Anda harus ingat bahwa KPR nantinya melibatkan dana yang besar di dalamnya. Dengan melakukan perhitungan awal dan memperhatikan budget yang Anda miliki, nantinya Anda tidak akan kesulitan dalam membayar uang muka, biaya tambahan, serta cicilan KPR setiap bulannya.

Melakukan perhitungan awal dan memperhatikan budget ini merupakan salah satu cara agar KPR rumah disetujui bank.

Lengkapi Persyaratan dengan Baik

Untuk bisa mengajukan KPR ke sebuah bank, terlebih dulu Anda harus melengkapi persyaratan yang ada dengan sebaik mungkin. Jangan sampai pengajuan KPR Anda ditolak hanya gara-gara Anda tidak dapat melengkapi dokumen ataupun persyaratan yang dibutuhkan oleh pihak bank.

Pada umumnya persyaratan yang dibutuhkan oleh pihak bank adalah KTP suami istri (bagi yang sudah menikah), Kartu Keluarga, Surat Keterangan Kerja, Surat Keterangan Penghasilan, rekening koran/ tabungan, serta NPWP.

Melengkapi persyaratan ini juga merupakan salah satu cara agar KPR rumah disetujui bank, karena bank akan menggunakan peryaratan-persyaratan tersebut sebagai bahan pertimbangan dalam mengabulkan pengajuan KPR.

Jika dirasa ada persyaratan yang belum dapat Anda penuhi saat ini, Anda dapat menunda pengajuan KPR untuk beberapa saat  sampai persyaratan yang kurang dapat benar-benar Anda lengkapi. 

Demikianlah beberapa cara agar KPR rumah disetujui bank. Semoga artikel ini memberi manfaat bagi Anda yang hendak mengajukan KPR kepada pihak bank. (R11/HR-Online)

Loading...