Hey Pejuang KPR, Ini Lho Cara Mengelola Keuangan Paling Mudah

Cara mengelola keuangan
Ilustrasi cara mengelola keuangan bagi pejuang KPR. Foto: Istimewa/Net

Cara mengelola keuangan bagi pejuang KPR gampang-gampang susah. Perlu kecermatan tersendiri dan yang pasti harus pandai-pandai berhemat.

Rumah menjadi kebutuhan primer bagi setiap manusia. Tidak mengherankan jika banyak yang kemudian membutuhkannya. Hal ini akan menyebabkan harga rumah dari tahun ke tahun meningkat sehingga banyak yang kemudian tidak bisa membeli rumah secara cash dan lebih memilih untuk membeli rumah dengan cara kredit atau KPR.

Dibutuhkan cara pengelolaan keuangan yang baik dan benar untuk bisa melunasi cicilan KPR sampai dengan batas waktu yang ditentukan. Kebutuhan yang semakin meningkat membuat salah pengelolaan hanya akan membuat Anda kesulitan untuk melunasi KPR tersebut.

Mengelola Keuangan Pejuang KPR

Lancar atau tidaknya KPR yang Anda lakukan ini sangat tergantung dengan bagaimana Anda mengelola keuangan. Jika bisa mengelola keuangan dengan baik maka KPR Anda bisa berjalan dengan lancar.

Ada beberapa taktik atau cara mengelola keuangan bagi pejuang KPR yang bisa dilakukan seperti berikut ini:

  • Membuat anggaran baru

Mengingat Anda sudah memiliki cicilan yang sifatnya mengikat maka penting untuk membuat anggaran baru. KPR ini sangat berbeda dengan pembayaran kos dimana jika tidak cocok dengan harga Anda bisa pindah kapan pun.

Pembayaran cicilan KPR sifatnya adalah kontinyu berkelanjutan. Tidak bisa membayar hanya akan membuat kredit Anda bermasalah.

Untuk menghindari kredit bermasalah Anda bisa membuat catatan pos-pos apa saja yang dibayar setiap bulannya. Ingat lho, selain cicilan KPR, ada biaya lain yang harus dibayar tiap bulannya, seperti rekening air, listrik dan lainnya.

Cicilan KPR ini berada di pos nomor satu dan setelah gajian Anda harus segera membayarnya sebelum dana tersebut habis digunakan untuk hal lainnya.

  • Cermat mengeluarkan biaya pemeliharaan

Cara mengelola keuangan bagi pejuang KPR yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah cermat dalam mengeluarkan biaya pemeliharaan. Saat sudah memiliki rumah hal yang sering dilakukan adalah melakukan renovasi dan pemeliharaan sana-sini untuk membuat rumah terlihat lebih indah dan menarik.

Sayangnya hal ini hanya akan membuat pengeluaran Anda membengkak. Sebelum Anda mengeluarkan biaya untuk pemeliharaan pastikan jika Anda sudah memiliki dana untuk pembayaran cicilan KPR tersebut.

  • Siapkan dana tambahan

Cara mengelola keuangan bagi pejuang KPR yang terakhir adalah siapkan dana tambahan. Hal yang harus Anda ketahui adalah bunga KPR ini flat untuk beberapa tahun pertama namun untuk tahun setelahnya diberikan bunga yang mengikuti pasar dimana seringnya bunga tersebut naik dibandingkan tahun sebelumnya.

Untuk melalui hal itu penting menyiapkan dana tambahan yang nantinya bisa Anda gunakan untuk membayar kenaikan bunga KPR tersebut. Dengan menyiapkan dana tambahan jauh-jauh hari sebelumnya Anda bisa mengantisipasi kredit yang macet di tengah jalan akibat bunga yang naik.

Jangan Lupa Cek Pajak

Setelah Anda tahu bagaimana cara mengelola keuangan bagi pejuang KPR, yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah jangan lupakan pajak. PBB atau Pajak Bumi dan Bangunan ini akan selalu meningkat setiap tahun oleh sebab itu selain memperhatikan berapa biaya yang Anda keluarkan untuk cicilan KPR Anda juga harus mengecek pajaknya.  

Besaran pajak ini disesuaikan pada nilai rumah dan tanah kemudian ditambah tarif pajak daerah. Sebelum membayar pajak lakukan pengecekan agar dana yang sudah Anda sisihkan tersebut cukup untuk membayar pajak tersebut.

Hindari Sifat Konsumtif Berlebihan

Cara mengelola keuangan bagi pejuang KPR bisa juga dilakukan dengan menghindari sifat konsumtif berlebihan.

Namanya manusia pasti memiliki keinginan, misalnya ingin membeli barang A, B, dan juga C padahal tidak membutuhkannya.

Namun saat Anda sudah memutuskan untuk membeli rumah dengan cara KPR ada beberapa hal yang harus diubah salah satunya adalah lifestyle.

Lifestyle yang salah akan membuat manusia berperilaku konsumtif secara berlebihan dimana jika hal tersebut diteruskan akan menyebabkan keuangan menjadi minus.

Hal ini secara langsung juga bisa berpengaruh terhadap cicilan KPR yang rentan untuk membuatnya tersendat dan macet di tengah jalan.

Menyicil rumah memang tidak mudah dan diperlukan niat maupun tekad yang kuat untuk melakukannya. Hal itu dikarenakan cicilan rumah ini tidak sebentar seperti kendaraan yang memiliki rentang waktu kredit maksimal 4 tahun.

KPR ini cicilannya bisa mencapai 20 tahun sehingga Anda membutuhkan cara pengelolaan keuangan yang tepat. Anda bisa melakukan beberapa cara mengelola keuangan bagi pejuang KPR seperti yang disebutkan di atas agar cicilan lancar tanpa macet dalam jangka panjang. (R11/HR-Online)

Loading...