Cara Menghilangkan Spyware Android Dalam Waktu Singkat Dijamin Ampuh

Cara Menghilangkan Spyware Android
Ilustrasi Spyware Android. Foto: Istimewa

Cara menghilangkan spyware Android perlu dipahami oleh anda yang peduli dengan keamanan data privasi. Hal ini dikarenakan spyware atau malware pengintai tersebut bisa menyerang data privasi anda sewaktu-waktu.

Perlu diketahui, sebenarnya spyware sulit dideteksi. Hal inilah yang membuat malware ini tak mudah dihilangkan. Meski sulit, bukan berarti tak bisa hilang.

Setelah anda merasakan ada yang salah dengan ponsel Android yang anda gunakan, pastikan anda segera mencermati beberapa hal dan atasi spyware yang menyerang.

Cara Menghilangkan Spyware Android Tanpa Aplikasi

Smartphone yang terserang spyware seringkali bisa melakukan berbagai perintah tanpa sepengetahuan penggunanya.

Bahkan kata sandi online akan berubah dengan sendirinya. Hal ini tentu saja menyulitkan anda untuk masuk ke suatu akun.

Lebih mengkhawatirkan lagi jika akun yang tak bisa anda buka tersebut berisikan data-data penting yang sangat berharga untuk anda.

Jika hp Android anda sudah mengalami tanda-tanda terkena spyware, ada baiknya anda segera mengatasinya. Adapun cara menghilangkan spyware bisa dilakukan tanpa aplikasi. Berikut caranya.

Update OS

Salah satu cara menghilangkan spyware Android yang sudah banyak direkomendasikan yaitu memperbarui sistem operasi ke versi terbaru.

Dengan melakukan cara ini, pembaruan sistem operasi secara otomatis akan memperbaiki celah keamanan yang mulai terganggu sebelumnya.

Setelan Pabrik

Tanpa aplikasi, spyware juga bisa diatasi dengan mengembalikan ponsel Android ke setelan pabrik. Dengan mengatur ulang ponsel, maka semua perangkat malware akan langsung terhapus.

Hanya saja, sebelum melakukannya, pastikan anda sudah mencadangkan semua data penting anda. Setelah backup, anda bisa masuk ke menu Setting.

Langkah selanjutnya, anda pilih saja General Management. Kemudian klik Reset. Jika sudah, anda tinggal pilih Factory Data Reset.

Uninstall Aplikasi yang Mencurigakan

Cara menghilangkan spyware Android lainnya yang juga bisa anda coba yaitu mencopot pemasangan aplikasi yang dianggap mencurigakan.

Bisa jadi aplikasi tersebut mengandung spyware yang membahayakan smartphone anda. Lebih mencurigakan lagi apabila setelah anda memasang aplikasi tersebut, baterai ponsel menjadi lebih cepat habis.

Hal lain yang juga patut anda curigai yaitu muncul iklan pop-up yang tak dikehendaki secara berulang kali. Kejadian tersebut bisa anda alami apabila hp terinfeksi spyware.

Cara Menghilangkan Spyware Android Dengan Aplikasi

Perlu untuk anda ketahui, ada beberapa aplikasi yang dihadirkan secara khusus untuk mengatasi serangan spyware. Berikut beberapa pilihannya.

360 Security

360 Security adalah salah satu dari sekian banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk membasmi spyware yang ada di hp Android.

Anda bisa menggunakan aplikasi ini secara gratis dengan mendownloadnya di Google Play Store. Tak hanya membasmi, aplikasi ini juga mencegah malware untuk mendekati ponsel.

Mengenai cara menghilangkan spyware Android dengan 360 Security, anda tinggal membuka aplikasinya setelah berhasil didownload. Setelah itu, anda pilih menu Antivirus yang ada di dalamnya.

Langkah selanjutnya, anda klik Scan sehingga spyware secara otomatis akan dipindai. Dari sini, anda klik saja Repair All.

Tak butuh waktu lama, hp Android anda sudah bisa terbebas dari spyware maupun ancaman virus yang membahayakan lainnya.

Clean Master

Bagi anda yang menggunakan hp Android, anda pasti sudah tak asing lagi dengan aplikasi yang satu ini. Clean Master ini bisa menghalau semua ancaman virus, termasuk sypware.

Cara menghilangkan spyware Android dengan Clean Master yaitu download dan instal aplikasi terlebih dahulu. Setelah itu, anda bisa membuka aplikasi dan pilih Start.

Nantinya anda akan dihadapkan dengan beberapa pilihan menu utama, anda klik saja menu Antivirus karena anda memang ingin menghapus spyware.

Sesaat setelah diklik, aplikasi Clean Master akan langsung melakukan scanning. Tak perlu menunggu lama, hp Android anda sudah aman dari spyware.

AVG AntiVirus

Tak hanya di laptop, aplikasi AVG AntiVirus juga bisa dimanfaatkan di hp Android. Adapun caranya ialah dengan instal dan pasang aplikasi AVG AntiVirus.

Setelah itu, klik Scan. Nantinya aplikasi ini akan menampilkan notifikasi. Dari sini, anda hanya perlu klik Resolve untuk mengatasi sypware.

Cara menghilangkan spyware Android memang bisa dilakukan tanpa aplikasi maupun dengan bantuan aplikasi. Caranya terbilang mudah dilakukan sehingga anda tak perlu ragu mencobanya. (R10/HR-Online)

Loading...