Cara Mengurangi Jejak Karbon Paling Efektif, Lakukan Secara Konsisten

cara mengurangi jejak karbon
Ilustrasi cara mengurangi jejak karbon paling efektif. Foto: Ist/Net

Cara mengurangi jejak karbon sangat penting untuk diketahui. Sebagaimana yang kita tahu, jejak karbon memiliki dampak negatif yang berpengaruh terhadap kelangsungan hidup.

Jejak karbon yang kita hasilkan bisa menyebabkan kenaikan suhu bumi, perubahan iklim yang ekstrim, kekeringan, mencairnya es di kutub, penyebaran penyakit, dan bahkan mendatangkan bencana alam.

Dengan mengetahui sekaligus mempraktekkan cara meminimalisir jejak karbon, maka sama saja kita telah berupaya untuk mengatasi dampak yang memang semakin mengkhawatirkan saat ini.

Cara Mengurangi Jejak Karbon Melalui Diri Sendiri

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meminimalisir jejak karbon melalui diri sendiri. Berikut beberapa cara tersebut.

Konsumsi Makanan Lokal

Untuk mengurangi jejak karbon melalui diri sendiri, anda harus biasakan konsumsi makanan lokal. Tak bisa dipungkiri bahwa ada sebagian masyarakat yang suka konsumsi makanan impor.

Padahal jika makanan tersebut didatangkan dari lokasi yang jauh, maka jejak karbon yang dihasilkan akan semakin tinggi. Maka dari itu, jangan sepelekan cara mengurangi jejak karbon ini.

Seperti yang diketahui, pengantaran makanan impor tersebut tentu saja menggunakan pesawat, kapal, kereta api, ataupun truk yang memang menyumbang banyak jejak karbon.

Oleh karena itu, mulai kebiasaan konsumsi makanan lokal dengan membeli buah dan sayur yang ditanam petani yang ada di sekitar tempat tinggal anda.

Selain itu, beli saja daging dari kota anda. Sementara jika anda tertarik ingin makan ikan, anda bisa langsung kunjungi nelayan.

Hindari Beli Produk Fast Fashion

Selain mengonsumsi makanan lokal, cara mengurangi jejak karbon lainnya yaitu menghindari atau setidaknya membatasi untuk membeli produk fast fashion.

Perlu anda sadari bahwa produk mode fast fashion bisa meningkatkan jumlah sampah. Hal ini dikarenakan koleksi fashion tak akan lagi diminati apabila modenya sudah berganti.

Dikarenakan sudah tak lagi trend, item fashion tersebut akan berakhir di tempat sampah setiap akhir tahun. Padahal item fashion tersebut belum rusak dan masih layak pakai.

Kejadian ini sangat sering ditemukan di negara maju, seperti Amerika. Setiap tahunnya, Amerika membuang 36,7 kg sampah pakaian yang sebenarnya masih layak dikenakan.

Hemat Listrik

Cara mengurangi jejak karbon lainnya yaitu menghemat listrik. Seperti yang diketahui, sebagian besar listrik dihasilkan dari bahan bakar fosil.

Adapun bahan bakar fosil yang biasa digunakan meliputi minyak, gas, dan batu bara. Padahal bahan tersebut menghasilkan 1 kg CO2 per kWh.

Dengan demikian, semakin banyak listrik yang digunakan, maka jejak karbon yang dihasilkan juga akan semakin melimpah.

Anda bisa mengatasinya dengan mulai menghemat pemakaian listrik, seperti mematikan lampu atau peralatan elektronik yang sudah tak dipakai.

Selain itu, anda juga bisa membiasakan untuk menggunakan pencahayaan alami. Misalnya, membuka jendela ketika siang hari agar sinar matahari bisa masuk ke rumah.

Kurangi Jejak Karbon Melalui Lingkungan

Jejak karbon juga bisa dikurangi dengan melibatkan lingkungan. Jika anda sudah mulai penasaran mengenai bagaimana caranya, anda simak saja ulasan di bawah ini.

Kelola Sampah

Kelola sampah termasuk cara mengurangi jejak karbon yang efektif. Adapun caranya ialah dengan menyerahkan sampah ke pihak yang mampu mendaur ulangnya.

Setiap anda memiliki sampah, anda jangan langsung membuangnya ke tempat pembuangan akhir. Di tangan ahlinya, sampah bisa didaur ulang menjadi produk yang bermanfaat.

Bahkan tak sedikit pihak yang bisa mengubah sampah menjadi bahan baku energi. Dengan menerapkan cara ini secara konsisten, maka jejak karbon benar-benar bisa teratasi dengan baik.

Membuat Kebun

Membuat kebun juga bermanfaat sebagai cara mengurangi jejak karbon. Hal ini dikarenakan tanaman yang anda tanam di kebun bisa menghasilkan oksigen.

Dimana kandungan oksigen sangat berpengaruh terhadap kelangsungan hidup. Oksigen selalu dibutuhkan oleh makhluk hidup di setiap saat.

Selain itu, tanaman tersebut juga bisa menyerap karbon dioksida. Udara di lingkungan anda pun akan terasa lebih segar pastinya.

Dalam membuat kebun pun, anda tak harus memilih tanaman yang besar. Anda bisa mulai dengan menanam bunga menggunakan pot kecil.

Ada banyak cara mengurangi jejak karbon yang bisa anda terapkan mulai dari sekarang. Lakukan secara konsisten agar hasilnya memuaskan. (R10/HR-Online)

Loading...