Jangan Sampai Tertipu, Cari Tahu Pengembang yang Tepat Saat Beli Rumah di Sini!

pengembang yang tepat
Ilustrasi pengembang (developer). Foto: Istimewa/Net

Pengembang yang tepat diperlukan saat Anda akan membeli rumah.

Memang membeli rumah ini menjadi hal yang gampang-gampang susah, terkadang rumit. Saat berniat membeli rumah dibutuhkan waktu maupun tenaga yang tidak sedikit.

Selain memperhatikan bagaimana proses membeli rumah yang baik dan benar, hal yang penting untuk Anda perhatikan adalah developer atau pengembang.

Pengembang ini sangat berpengaruh terhadap proses pembangunan rumah Anda ke depannya. Tidak hanya itu saja, pengembang ini juga berpengaruh terhadap kualitas rumah yang Anda beli tersebut. Salah memilih pengembang hanya akan membuat Anda mendapatkan rumah yang salah.

Tips Menemukan Pengembang yang Tepat

Untuk menemukan pengembang yang tepat saat beli rumah membutuhkan sikap yang selektif dan kecermatan. Pengembang yang kurang berkualitas hanya akan membuat transaksi rumah dan properti Anda menjadi bertele-tele.

Bahkan Anda bisa mengalami ketidaknyamanan seperti memiliki biaya tersembunyi yang banyak sehingga harga rumah tidak sesuai kesepakatan awal.

Untuk bisa menemukan pengembang yang tepat saat beli rumah hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengecek track record dari pengembang tersebut. Terutama, apakah selama menjalankan bisnis properti memiliki banyak keluhan atau komplain dari pelanggan.

Semakin banyak komentar positif yang diberikan akan semakin bagus begitu pula sebaliknya. Tidak hanya itu saja penting bagi Anda untuk mengecek legalitas dari pengembang tersebut apakah memiliki surat izin resmi untuk operasional atau tidak. 

Pengembang yang abal-abal tidak akan memiliki surat izin resmi sehingga penting bagi Anda untuk bersikap selektif.

Lalu yang terakhir adalah komitmen. Agar Anda bisa menemukan pengembang yang tepat saat beli rumah maka Anda harus tahu bagaimana komitmen dari pengembang tersebut.

Pengembang yang baik akan memiliki komitmen yang memukau dimana dia bisa membangun rumah di lokasi yang strategis, bentuk properti yang bagus, dan dilengkapi dengan fasilitas pendukung yang menarik lainnya.

Komitmen ini juga berhubungan dengan fasilitas yang diberikan oleh pengembang. Anda bisa bertanya secara detail tentang fasilitas apa saja yang Anda dapatkan, selain itu tanyakan pula kualitas bangunannya seperti apa, dan lain sebagainya.

Anda juga bisa membuat perjanjian kepada pengembang mengenai ketepatan dari serah terima atau kualitas bangunan sebelum melakukan pembayaran.

Beli Rumah Inden atau Sudah Jadi?

Setelah Anda tahu bagaimana cara menemukan pengembang yang tepat saat beli rumah, hal yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah membeli rumah inden atau sudah jadi?

Rumah inden adalah membeli rumah dari nol atau melakukan pemesanan dari awal dan belum bisa ditempati, sedangkan rumah yang siap huni adalah rumah yang sudah jadi dan siap untuk Anda huni kapan saja.

Agar bisa menemukan rumah yang sesuai dengan kebutuhan, Anda bisa menyimak kelebihan dan kekurangan dari masing-masing rumah tersebut.

Kelebihan dari rumah inden adalah harganya jauh lebih murah dibandingkan dengan yang ready stock. Perbandingan harganya pun cukup besar tergantung dengan lokasi rumah yang  dibangun tersebut.

Tidak hanya itu saja pengembang yang tepat akan menawarkan berbagai macam promo yang menarik seperti promo cicilan DP dan hadiah undian.

Rumah inden juga bebas menentukan posisi atau arah rumah. Kekurangan rumah inden ini adalah rumah tidak bisa langsung ditempati.

Pembangunan rumah ini pun sangat variatif tergantung dengan performa pengembang bisa 12 bulan, bisa sampai 24 bulan.

Sementara rumah ready stock atau langsung jadi kelebihannya adalah Anda bisa langsung melihat kondisi fisik bangunan dan bahan material apa yang digunakan. Anda bisa langsung menempati rumah itu.

Karena sudah jadi maka Anda bisa langsung mendapatkan surat-surat berharga yang lengkap dari pengembang seperti sertifikat dan juga IMB. Kekurangan dari rumah siap jadi ini adalah harga jual lebih mahal dibandingkan yang inden dan Anda tidak bisa memilih posisi rumah.

Perhatikan Fasilitas KPR

Harga perumahan yang mahal membuat banyak orang memilih untuk membeli secara KPR. Anda pun bisa menggunakan fasilitas ini.

Anda hanya perlu untuk mengajukan KPR ke bank dan bertanya kepada pengembang yang tepat apakah rumah yang mereka bangun dan jual tersebut memiliki fasilitas KPR.

Pengembang yang baik dan kredibel akan memiliki kerja sama yang bagus kepada pihak bank sehingga kemungkinan KPR Anda akan mudah untuk disetujui.

Hanya saja, Anda perlu menyiapkan DP 10% sampai dengan 20%, itu artinya pihak bank hanya akan memberikan pendanaan 80% dan maksimal 90%.

Demikianlah beberapa cara menemukan pengembang yang tepat saat beli rumah, semoga informasi ini bermanfaat. (R11/HR-Online)

Loading...