Chip Baru Mediatek Dimensity 1000 5G Melebihi Snapdragon 855+

Chip Baru Mediatek
Chip Baru Mediatek Dimensity 1000. Foto: Istimewa

Chip baru Mediatek kini hadir sebagai teknologi terbaru. Chip ini digadang-gadang sebagai pesaing dari Snapdragon terbaru.

Sebelumnya, Snapdragon hadir dengan chip terbarunya yaitu Snapdragon 855+. Kini Mediatek hadir dengan chip terbarunya.

Chip ini dibuat sebagai inovasi terbaru dalam teknologi. Bahkan kehadiran Chip baru dari Mediatek dapat menyaingi Snapdargon 855+.

Chip Baru Mediatek Dapat Menyaingi Snapdragon 855+

Hadirnya chip ini langsung membuat orang bertanya-tanya penasaran. Chip ini diberi nama Dimensity 1000 5G.

Chip yang dirancang oleh Mediatek dibuat menggunakan pabrikasi 7nm. Hal ini juga membuat skor benchmarknya tinggi.

Bahkan lebih tinggi dari Snapdragon 855+. Seperti yang diketahui bahwa Snapdragon 855+ merupakan chip terbaru dan terbaik.

Smartphone yang menggunakan chip Snapdragon terbaru adalah Realme X2 Pro. Sedangkan prosesor terbaru dari Mediatek baru akan dirilis.

Hal ini menjadi persaingan tersendiri dari kedua chip tersebut. Mediatek merancang sebuah chip yang terbilang cukup canggih.

Hal ini terbukti dari pengintegrasian modem 5G. Chip baru Mediatek ini sudah dibekali dengan modem 5G.

Oleh karena itu, mengapa chip ini dikatakan lebih unggul dibandingkan dengan Snapdragon 855+.

TCL

Chip Baru Mediatek Dimensity 1000 5G

Chip yang dirancang oleh Mediatek ini dibekali dengan beberapa fitur. Beberapa fitur tersebut memang seharusnya ada dalam sebuah chip.

Diantaranya adalah 4 Core ARM Cortex-A77 2,6 GHz. Kemudian 4 Core ARM Cortex-A55 2 GHz.

Kedua Core ini dikombinasikan dengan GPU ARM Mali-G77. Kombinasi ini tidak dilakukan secara sembarangan. Karena pemasangan ini sudah diuji coba terlebih dahulu.

Pengujiannya terbilang sintetis karena menggunakan An Tu Tu. Setelah diuji, maka akan keluar hasil atau skornya.

Chip baru Mediatek ini menghasilkan skor sekitar 511.363. Hasil ini terbilang cukup tinggi karena mampu menyaingi Snapdragon 855+.

Tidak hanya menyaingi Snapdragon 855+ saja, tetapi juga menyaingi Apple A13 Bionic. Hasil dan penyataan ini sempat dikutip dari GSM Arena. Memang benar bahwa skor yang dihasilkan cukup tinggi.

Kekuatan chip yang dirancang oleh Mediatek sempat dibandingkan dengan Snapdragon 855+. Hal tersebut dibuktikan dengan perolehan skor saat uji coba.

Seperti yang diketahui bahwa chip Mediatek mendapat skor 511.363. Sedangkan Snapdragon 855+ yang disematkan pada Asus ROG Phone II memperoleh skor 496.226.

Begitupun dengan iPhone 11 Pro Max yang telah dibekali dengan A13 Bionic. Chip tersebut memperoleh skor An Tu Tu sekitar 446.065.

Hal ini membuktikan bahwa Dimensity dari Mediatek lebih unggul. Meskipun pada dasarnya ini hanyalah tes sintetis saja.

Kualitas Mediatek

Disamping tes sintetis tersebut, Mediatek memang terbukti merancang chip yang berkualitas. Meskipun chip ini baru akan dirilis dan belum disematkan pada smartphone apapun.

Kekuatan chip baru Mediatek ini juga dibuktikan dari pecahan skor. Ketika skor Dimensity dipecah, maka terhitung sekitar 160 ribu bagian.

Jumlah tersebut terletak di bagian CPU dan 196 ribu di bagian GPU. Skor tersebut menjadi sebuah sejarah pertama kali dalam tes An Tu Tu.

Mediatek memang selalu memberikan sebuah inovasi. Baru-baru ini juga terdengar bahwa Mediatek bermitra dengan Intel.

Kemudian Mediatek merancang sebuah chip barunya. Chip ini langsung menjadi perhatian banyak orang karena mampu menggungguli Snapdragon.

Padahal Snapdragon 855+ merupakan chip terbaru. Tidak hanya terbaru, tetapi juga terbaik.

Namun peringkat tersebut digeser oleh chip baru Mediatek. Dimensity 1000 5G hadir dengan kecanggihan dan kekuatannya.

Chip ini memang belum resmi dirilis dan belum disematkan pada teknologi apapun. Sehingga belum ada yang mengetahui teknologi selanjutnya.

Teknologi yang dibekali dengan chip ini tentunya sangat beruntung. Tidak hanya beruntung, tetapi juga berkualitas.

Seperti Snapdragon 855+ yang baru disematkan pada Asus ROG Phone II. Pastinya teknologi yang akan dibekali dengan chip ini masih jarang.

Jarang dalam artian bahwa masih dalam tahap uji coba. Terkait dengan peluncuran, Mediatek akan merilis chip ini pada tahun 2021.

Tentunya hal ini bersamaan dengan waktu perilisan laptop koneksi 5G. Produk tersebut merupakan rancangan dari Mediatek dan Intel.

Dalam peluncurannya nanti juga belum dipastikan smartphone apa yang akan diuji coba. Hal tersebut membuat penasaran banyak orang.

Kehadiran Dimensity 1000 5G akan membuat persaingan chip semakin ramai. Hal ini terbukti dari persaingan Mediatek dan Qualcomm.

Chip baru Mediatek ini akan masuk pada jajaran chip tangguh. Dimensity 1000 5G mampu menjadi chip terbaik dan terkuat. (R10/HR-Online)

Loading...