Emak-emak di Ciamis ini Serempak Tanam Sayuran Organik

Tanam Sayuran Organik
Aneka ragam sayuran organik yang ditanam secara serempak oleh ibu-ibu dari Kelompok Wanita Tani (KWT), Dusun Sindangasih Desa/Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Foto : Suherman/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Selain terkenal dengan kualitas madunya, Kampung Madu yang berada di Dusun Sindangasih Desa/Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, juga terkenal dengan beraneka ragam sayuran organik.

Aneka ragam sayuran organik itu ditanam secara serempak oleh ibu-ibu dari Kelompok Wanita Tani (KWT).

Pantauan HR Online di lapangan, seluruh rumah tangga di kampung madu ini melakukan penanaman bermacam sayuran organik, yang ditanam di setiap halaman rumah.

Ketua KWT Sindangasih, Umsih mengatakan, hampir semua ibu rumah tangga di daerahnya sudah mengikuti program tanam sayuran (warung hidup) organik, yang ditanam di dalam polybag dan disimpan di setiap halaman.

Hal itu menurut dia, bukan hanya untuk lebih meningkatkan keindahan yang bisa menjadi ciri khas daerah, namun juga supaya warga di kampung madu ini selalu mengkonsumsi sayuran hijau organik, sehingga bisa meningkatkan kehidupan yang sehat dan sejahtera.

“Program ini sudah kita terapkan cukup lama. Hal ini tentunya selain untuk mengajak warga hidup sehat, program warung hidup ini juga bertujuan untuk menunjang dan menjadikan salah satu ikon desa kampung madu,” ucapnya kepada HR Online, Rabu (13/11/2019).

Umsih menuturkan, untuk jenis sayuran yang ditanam adalah berbagai macam sayuran, seperti kangkung, sawi, terong jagung, seledri dan masih banyak tanaman sayuran yang lainnya.

Sedangkan hasil dari sayuran organik ini, bukan hanya untuk dikonsumsi sendiri, melainkan hasil tanam ibu-ibu KWT ini juga dijual ke luar daerah.

“Alhamdulillah bisa menambah perekonomian kami di sini. Madu kan itu kegiatan bapak-bapaknya, nah makanya ibu-ibu juga gak mau ketinggalan, ya kita adakan program warung hidup seperti ini,” pungkasnya. (Suherman/R5/HR-Online)

Loading...