CPNS 2019 Lulusan SMK, Kementan Buka 45 Formasi

CPNS 2019 Lulusan SMK
Pengunuman seleksi CPNS 2019 di Kementerian Pertanian. Foto: Kementan RI.

CPNS 2019 lulusan SMK dibuka Kementerian Pertanian (Kementan). Total formasi yang dibuka Kementan sebanyak 520 untuk lulusan S1, DII, DIII termasuk lulusan SMK. Untuk lulusan SMK, Kementan membuka 45 formasi.

Dalam situsnya, Kementan GO ID, formasi yang dibuka sebanyak 443 formasi umum. Selain itu ada formasi khusus, rinciannya untuk penyandang disabilitas sebanyak 11 formasi, putra/putri asal Papua dan Papua Barat sebanyak 3 formasi dan sisanya 63 formasi untuk cumlaude atau lulusan terbaik dengan pujian.

Dari jumlah tersebut, ada 45 formasi CPNS 2019 lulusan SMK. Hanya saja kualifikasi pendidikannya tidak asal lulusan SMK. Namun SMK jurusan pertanian, SMK jurusan perkebunan, SMK jurusan holtikultura, SMK jurusan peternakan dan SMK jurusan kesehatan hewan.

Selain itu ada syarat nilai rata-rata ujian nasional untuk melamar CPNS 2019di Kementan ini, yakni nilai rata-ratanya harus 7,00. Sementara usia pelamar minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun.

Lowongan CPNS 2019 Lulusan SMK yang Dibuka Kementan

Ada dua jabatan yang dibuka Kementan untuk lulusan SMK, yakni Jabatan fungsional dan jabatan pelaksana. Berikut rinciannya:

Jabatan Fungsional

Jabatan fungsional meliputi Pelaksana Pemula/Pemula-Paramedik Karantina Hewan sebanyak 26 formasi, Pelaksana Pemula/Pemula-Paramedik Veteriner sebanyak 9 formasi, Pelaksana Pemula/Pemula-Pengawas Benih Tanaman sebanyak 2 formasi.

Selanjutnya CPNS 2019 lulusan SMK formasi jabatan fungsional juga dibutuhkan untuk posisi Pelaksana Pemula/Pemula-Pengawas Mutu Pakan sebanyak 5 formasi, dan Pelaksana Pemula/Pemula-Pengendali Organisme Pengganggu Tumbuhan sebanyak 1 formasi.

Jabatan Pelaksana

Jabatan pelaksana yang dibuka Kementan hanya tersedia 2 formasi saja, yaitu untuk posisi pemelihara kebun.

Dokumen CPNS Lulusan SMK di Kementan 2019

Pendaftaran CPNS 2019 sendiri sudah dibuka sejak 11 November 2019 dan akan berakhir pada 24 November 2019. Pendaftaran hanya dilakukan secara online lewat situs SSCASN BKN GO ID. Itu pun hanya bisa lewat komputer atau laptop. Anda tidak bisa mendaftar lewat HP.

Ada beberapa dokumen yang diperlukan saat mendaftar CPNS 2019 lulusan SMK secara online. Berikut rinciannya:

KTP

Jika tidak memiliki KTP, pelamar bisa menggantinya dengan Suket (Surat Keterangan) yang dikeluarkan oleh Disdukcapil. Suket ini merupakan pengganti jika KTP tidak ada.

Pas Foto dan Swafoto

Pas Foto yang dimaksud sebagai salah satu syarat CPNS 2019 lulusan SMK di Kementan adala foto diri dengan latar merah dan ukuran 4×6.

Sementara swafoto atau foto selfie adalah foto diri sambil memegang KTP atau Suket dan kartu informasi akun. Pastikan kedua foto ini sudah Anda siapkan sebelum akses link pendaftaran CPNS 2019 di portal SSCASN BKN GO ID.

Surat Lamaran

Surat lamaran bisa diketik atau ditulis tangan dengan rapi dan menggunakan tinta hitam. Surat lamaran ini ditujukan kepada Menteri Pertanian dengan dilengkapi materai Rp 6000.

Surat Pernyataan

Beberapa surat pernyataan untuk CPNS 2019 lulusan SMK yang diminta oleh Kementan bisa dilihat di portal CPNS Pertanian GO ID. Surat pernyataan ini bisa diketik atau ditulis  tangan dan dibubuhi materai Rp 6000.

Ijazah asli dan Transkrip Nilai

Kedua dokumen ini scan terlebih dahulu dan satukan dalam satu file PDF ya. Nantinya kedua dokumen ini harus diunggah di portal SSCASN BKN GO ID.

Alur Pendaftaran CPNS 2019

Pendaftaran CPNS 2019 di Kementan melalui online sudah dibuka dari tanggal 11 November sampai 24 November 2019 mendatang. Agar tak bingung berikut alur pendaftarannya, catat baik-baik ya.

Buat Akun

Anda harus membuat akun di link SSCASN BKN GO ID. Di sini Anda hanya butuh NIK (Nomor Induk Kependudukan) yang tertera pada KTP Anda dan juga Nomor Kartu Keluarga (KK).

Selanjutnya, unggah pas foto yang sudah Anda siapkan sebelumnya. Ingat latarnya harus merah dan ukurannya 4×6. Foto  CPNS 2019 lulusan SMK di Kementan ini unggah di portal SSCASN BKN GO ID. Jangan lupa formatnya harus dalam format JPG.

Jika sudah, jangan lupa cetak Kartu Informasi Akunnya. Kartu ini nantinya akan digunakan saat Anda diminta swafoto (selfie) sambil memegang KTP dan Kartu Informasi Akun ini.

Log In ke SSCASN BKN GO ID

Setelah Anda berhasil membuat akun, selanjutnya Anda log in di portal SSCASN BKN GO ID untuk daftar CPNS 2019 lulusan SMK di Kementan, gunakan NIK dan password saat mendaftar sebelumnya.

Unggah Swafoto

Anda kemudian akan diminta untuk meng-upload foto selfie. Anda harus berfoto sambil memegang KTP dan Kartu Informasi Akun yang sudah Anda cetak usai pembuatan akun.

Lengkapi Biodata

Setelah Anda selesai meng-upload swafoto, selanjutnya Anda akan diminta untuk melengkapi data diri. Pastikan nama, tempat tanggal lahir, alamat dan sebagainya terkait diri diketik dengan betul.

Pilih Formasi dan Jabatan

Selanjutnya untuk daftar CPNS 2019 lulusan SMK, Anda pilih Kementerian Pertanian, lalu pilihlah formasi dan jabatan yang akan Anda lamar. Ingat, Anda hanya bisa memilih 1 formasi dan 1 jabatan saja. Karena NIK yang Anda pakai hanya untuk 1 formasi dan 1 jabatan saja.

Unggah Dokumen yang Diminta

Selanjutnya Anda unggah dokumen yang telah discan. Dokumen ini disesuaikan dengan persyaratan yang ditentukan oleh Kementan.

Perlu diingat, dokumen yang Anda unggah harus dapat dibaca. Artinya jangan buram atau terlipat apalagi rusak. Karena jika salah unggahan dokumennya, Anda dipastikan tidak akan bisa lulus seleksi administrasi.

Simpan Data

Selesai mengunggah dokumen CPNS 2019 lulusan SMK di Kementan, selanjutnya tinggal simpan data dan cek terlebih dahulu di form resume. Pastikan semua data sudah terisi lengkap dan benar.

Cetak Kartu Pendaftaran SSCASN 2019

Terakhir yang perlu Anda lakukan adalah mencetak kartu pendaftaran SSCASN 2019. Simpan kartu ini baik-baik, karena kartu pendaftaran SSCASN 2019 ini merupakan bukti Anda telah melakukan proses pendaftaran dengan tuntas.

Itulah formasi, dokumen persyaratan serta cara daftar CPNS 2019 lulusan SMK di portal SSCASN BKN GO ID. Semoga beruntung ya. (Ndu/R7/HR-Online)

Loading...