CPNS Kemenag 2019 Buka 5815 Formasi, Ini Syarat dan Cara Daftarnya

CPNS Kemenag 2019
Kantor Kementerian Agama RI. Foto: Istimewa/Net

CPNS Kemenag 2019 bakal dibuka pada 11 November 2019, seperti halnya CPNS di instansi lainnya. Pendaftarannya pun dilakukan secara online di portal SSCASN BKN GO ID.

Sebelumnya pemerintah telah mengumumkan pembukaan pendaftaraan CPNS 2019 akhir Oktober lalu. Ada 152.286 formasi yang dibuka pada CPNS 2019. Formasi tersebut terbagi dalam 37.425 formasi untuk 68 Kementerian/Lembaga. Sementara 114.861 formasi diperuntukkan bagi 462 daerah di Indonesia.

Dari formasi yang diumumkan dalam rilis Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN RB), formasi CPNS Kemenag 2019 paling banyak, yakni 5.815 formasi.

Baca Juga: Intip Kisi-kisi Soal Tes CPNS 2019, Resmi dari BKN

Informasi terkait CPNS di lingkungan Kementerian Agama yang kini dipimpin Fachrul Rozi ini bisa dilihat di portal resminya, Kemenag GO ID.

Formasi CPNS Kemenag 2019

Ada dua jenis formasi yang dibuka dalam CPNS 2019, yakni formasi umum dan formasi khusus. Formasi khusus disediakan untuk cumlaude, disabilitas, diaspora, dan Putra/Putri asli Papua dan Papua Barat.

Lulusan perguruan tinggi dengan nilai cumlaude (dengan pujian) mendapatkan formasi khusus dalam CPNS 2019. Hanya saja ada persyaratan khusus yang harus dipenuhi pelamar.

Persyaratan khusus untuk lulusan cumlaude pada formasi khusus CPNS Kemenag 2019, yakni pelamar merupakan lulusan universitas dan jurusan dengan akerditasi A. Syarat lainnya adalah pelamar memiliki IPK minimal 3,5.

Sementara untuk formasi khusus bagi disabilitas, syaratnya harus menyertakan surat keterangan yang dikeluarkan oleh dokter. Surat Keterangan tersebut memuat jenis disabilitas dari si pelamar, termasuk kemampuan yang masih bisa dikerjakan oleh pelamar disabilitas.

Formasi khusus diaspora CPNS Kemenag 2019 adalah formasi yang diperuntukkan bagi lulusan perguruan tinggi luar negeri. Syarat khususnya adalah menyertakan surat pernyataan yang menegaskan pelamar tidak memiliki permasalahan hukum di dalam maupun di luar negeri.

Dalam surat pernyataan yang bermaterai tersebut juga harus dicantumkan pelamar tidak pernah terafilisia dengan ideology-ideologi yang dianggap bertententangan dengan Pancasila.

Selain itu, pelamar diaspora juga harus mempunyai penyetaraan ijazah dari kementerian bidang pendidikan tinggi. Penyetaraan ini bisa dilakukan setelah pelamar lulus pada tahaf akhir seleksi CPNS Kemenag 2019.

Selanjutnya syarat khusus bagi pelamar formasi untuk Putra/Putri asal Papua adalah menyertakan surat keterangaan yang ditandatangani oleh kepala desa atau kepala suku. Surat keterangan tersebut menyatakan pelamar merupakan warga asli yang kedua orang tuanya atau ibunya asli Papua/Papua Barat.

Selain formasi khusus di atas, jangan lupa ada juga formasi umum untuk CPNS Kemenag 2019.

Syarat CPNS Kemenag

Persyaratan CPNS 2019 di Kementerian Agama sama halnya seperti persyaratan di Kementerian lainnya. Anda akan diminta sejumlah dokumen yang harus disiapkan sebelum melakukan pendaftaran CPNS 2019 secara online mulai 11 November 2019. Berikut dokumen yang perlu disiapkan:

  1. KTP atau Surat Keterangan (Suket) dari Disdukcapil yang telah discan.
  2. Pas Foto ukuran 4×6 dengan latar merah dalam format jpeg.
  3. Surat lamaran untuk CPNS Kemenag 2019 ditujukan kepada Menteri Agama dengan ditulis tangan memakai tinta hitam.
  4. Swafoto atau foto selfie sambil menunjukkan KTP atau Suket dan kartu informasi akun SSCASN.
  5. Ijazah asli dan Transkrip Nilai yang telah discan.
  6. Akreditasi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) yang telah discan.
  7. Dokumen pendukung lainnya yang diminta sebagai syarat CPNS Kemenag 2019.

Cara Daftar CPNS Kemenag

Pendaftaran CPNS 2019 akan dilakukan secara online mulai 11 November sampai 25 November 2019. Pendaftaran dilkukan di portal SSCASN BKN GO ID dengan menggunakan komputer atau laptop. Artinya Anda tidak bisa mendaftar dengan menggunakan HP.

Agar tak bingung berikut cara daftar CPNS 2019 online:

  1. Buat Akun melalui link pendaftaran CPNS 2019 atau di SSCASN BKN GO ID dengan NIK atau Nomor KK.
  2. Unggah pas foto yang sudah Anda siapkan sebelumnya.
  3. Cetak Kartu Informasi Akunnya SSCASN
  4. Log in di portal SSCASN BKN GO ID dengan NIK dan password saat Anda mendaftar CPNS Kemenag 2019.
  5. Unggah Swafoto atau foto selfie dengan memegang KTP dan Kartu Informasi Akun yang sudah Anda cetak sebelumnya.
  6. Lengkapi biodata dengan betul.
  7. Pilih formasi dan jabatan sesuai kualifikasi pendidikan, Anda hanya bisa mendaftar untuk 1 formasi dan 1 jabatan saja.
  8. Unggah Dokumen yang diminta sebagai syarat CPNS Kemenag 2019. Pastikan harus jelas dan jangan buram, apalagi rusak. Jika dokumen yang Anda unggah salah, dipastikan Anda tidak akan lulus seleksi adminitrasi.
  9. Simpan data dan jangan lupa cek juga form resume untuk memastikan data terisi lengkap dan benar.
  10. Cetak Kartu Pendaftaran SSCASN 2019.

Itulah formasi, syarat, dokumen dan cara daftar online CPNS Kemenag 2019. Catat baik-baik, ingat pendaftaran CPNS 2019 mulai besok, 11 November 2019. Semoga beruntung. (Ndu/R7/HR-Online)

Loading...