Rabu, Oktober 27, 2021
BerandaBerita TerbaruDaun Dewa, Lalapan yang Kaya Manfaat Bagi Kesehatan

Daun Dewa, Lalapan yang Kaya Manfaat Bagi Kesehatan

Berita Kesehatan, (harapanrakyat.com),- Daun Dewa dikenal sebagai salah satu dedaunan yang kerap dikonsumsi dalam keadaan mentah atau sebagai lalapan. Daun ini ternyata memiliki segudang manfaat bagi kesehatan manusia. Tanaman dewa yang memiliki nama latin Gynura divaricata biasa disebut Samsit oleh orang China.

Daun dewa ini biasanya memiliki panjang daun hingga 20 centimeter dengan lebar 10 centimeter. Daun yang berbulu halus ini ujungnya lancip dan hampir seluruh daunnya berwarna hijau keunguan. Sedangkan tanaman ini tumbuh di ketinggian 200 hingga 800 meter di atas permukaan laut (dpl). Adapun perkembanganbiakan tanaman ini dengan cara stek batang.

Ketika dibudidayakan, tanaman ini kerap diserang hama berupa kutu putih ataupun ulat. Sebaiknya untuk membasmi hama ini menggunakan pestisida nabati atau alami guna meminimalisir bahaya ketika dikonsumsi, apalagi daun ini sering dimakan mentah.

Agar tanaman ini berkembang subur, juga dianjurkan menggunakan pupuk organik yang berasal dari bahan-bahan alami, seperti kotoran hewan (Kohe). Dalam daun ini diketahui juga memiliki kandungan senyawa flavonoid, minyak atsiri serta saponin. Sehingga, kandungan-kandungan menjadi salah satu faktor daun dewa dijadikan alternatif pengobatan.

Daun Dewa untuk Pengobatan

Sebagaimana namanya, daun dewa memiliki manfaat analgesik atau meredakan rasa nyeri, anti inflamasi atau anti radang. Selain itu, daun ini juga mampu melenacarkan peredaran darah dalam tubuh, menurunkan tekanan darah tinggi, bisa mengobati luka memar, serta bisa sebagai obat menghentikan pendarahan.

Tak hanya itu, daun ini juga berkhasiat meluruhkan kencing, sebagai obat penurun panas, obat alternatif bagi penderita kencing manis serta menjadi pembersih dari racun yang ada dalam tubuh.

Tata cara pengolahan daun dewa ini, ada yang dikonsumsi dalam bentuk ekstrak dengan melalui proses pengeringan dan disterilkan. Setelah kering dan digiling halus, ramuan ini dimasukkan ke dalam kapsul. Sedangkan untuk menurunkan darah tinggi, Anda bisa mengambil sebanyak 7 lembar daun untuk direbus dari 3 gelas air menjadi 2 gelas. Baiknya, Anda meminum air ini 2 kali dalam sehari setelah makan. Bahkan, lebih bagus lagi dikonsumsi dalam keadaan mentah.

Sedangkan untuk mengobati luka memar pada kulit, Anda bisa menggunakan seberat 20 gram daun dewa ini yang dicampur daun jarak sebanyak 10 lembar dan daun umbi. Setelah dihaluskan 3 bahan ini, kemudian tempelkan ramuan ini pada area yang sakit.

Adapun untuk perawatan kulit seperti menangani flek hitam pada wajah, Anda bisa mengambil getah pada bagian daun dewa ini yang kemudian dioleskan pada bagian yang hitam. Gunakan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Selain ini, daun ini juga masih banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan tubuh. (Muhafid/R6/HR-Online)

- Advertisment -

Berita Terbaru