Disnaker Kota Banjar Buka Job Fair 2019, Ada 3000 Loker Menanti!

pamflet Job Fair 2019
Pamflet Job Fair 2019 yang digelar Disnaker Kota Banjar. Foto: Muhafid/HR

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Dinas Tenaga Kerja atau Disnaker Kota Banjar akan menggelar job fair 2019 di Graha Banjar Idaman (GBI) Kota Banjar pada Rabu (20/11/2019) besok. Ada 33 stand perusahaan, 3 instansi serta 3000 lowongan yang disediakan.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, dalam job fair ini terdapat 33 perusahaan berasal dari wilayah Kota Banjar dan luar Kota Banjar. Sedangkan untuk instansi di antaranya BLK Kota Banjar, Balai Pelayanan, Penempatan dan Perlindungan Tanaga Kerja Indonesia (BP3TKI) dan Kepolisian.

Hera Rahmatin Barokah, Kasi Penempatan dan Transmigrasi Disnaker Kota Banjar, mengatakan, job fair 2019 tersebut merupakan upaya pemerintah dalam pengentasan pengangguran yang ada di wilayah Kota Banjar.

Melalui lowongan yang dibuka sekitar 3000 lowongan kerja (Loker) ini, diharapkan dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh masyarakat yang ingin meningkatkan kesejahteraannya melalui bekerja di perusahaan.

“Job fair ini menjadi kesempatan yang baik bagi masyarakat Kota Banjar untuk bisa mendapatkan kerja. Jadi perlu dipersiapkan segala sesuatunya,” kata Hera kepada HR Online.

Meski prioritas job fair ini untuk warga Kota Banjar, Hera menyebut tidak menutup kemungkinan warga dari luar daerah juga bisa datang ke lokasi acara untuk melamar pekerjaan.

Hera menambahkan, sebagaimana keinginan Walikota Banjar Hj Ade Uu Sukaesih, masyarakat diimbau untuk mendaftarkan dirinya ke berbagai perusahaan yang ada tersebut maupun instansi tanpa melihat besaran gaji yang akan didapat.

Biasanya, kata Hera, pelamar masih banyak yang tebang pilih perusahaan mana yang menjadi pilihan untuk dilamar berdasarkan besaran gaji.

“Padahal, kalau kita mau mencoba di mana saja, kita bisa mengukur kompetensi yang kita miliki. Besar atau kecil pendapatan sesuai dengan pengalaman. Karena itu Ibu Wali mengajak masyarakat untuk tidak tebang pilih. Daftar saja mumpung ada loker,” tegasnya.

Dalam job fair 2019 yang dilaksanakan selama 1 hari sejak pukul 08.00 WIB hingga 15.00 WIB, diharapkan mampu menyerap tenaga kerja dari Kota Banjar. berkaca tahun sebelumnya yang terserap mencapai sekitar 400-an pelamar.

Selain upaya pengentasa pengangguran melalui job fair 2019 ini, lanjut Hera, pihaknya juga membuka pelatihan keterampilan di UPTD BLK Kota Banjar. Di tahun 2019 sekitar 1000 orang telah dilatih oleh pemerintah.

“Mudah-mudahan saja ke depan persentase pengangguran di Kota Banjar bisa berkurang melalui upaya-upaya yang dilakukan oleh pemerintah, baik melalui job fair 2019 maupun pelatihan keterampilan di BLK” pungkasnya.  (Muhafid/R6/HR-Online)

Loading...