Facebook dan Instagram Down Kamis Malam, Apa Penyebabnya?

Facebook dan Instagram Down
Facebook dan Instagram down pada Kamis, (28/11 /2019) malam. Foto: Ist/Net

Facebook dan Instagram Down pada Kamis (28/11/2019) malam. Hal ini dikeluhkan para penggunanya. Sejumlah warganet bahkan sempat menggaungkan tagar #InstagramDown di Twitter yang kemudian jadi trending dunia.

Warganet mengeluh lantaran tak bisa mengupload foto baik di Instagram maupun Facebook. Bahkan sejumlah pengguna mengaku tak bisa menjawab pesan Facebook.

Kendala itu baru terpecahkan pada Jum’at (29/11/2019) pagi, tepat pukul 03.00 WIB. Facebook mengaku telah menyelesaikan semua permasalahan yang timbul saat aplikasi Facebook dan Instagram down pada Kamis malam.

“Kami sudah sepenuhnya 100% kembali untuk semua orang,” ucap juru bicara Facebook dikutip HR Online dari berbagai sumber, Jum’at (29/11/2019).

Juru bicara Facebook menuturkan, pihaknya sudah melakukan identifikasi masalah dalam perangkat lunak yang ada di pusat. Hal ini disebut Facebook sebagai penyebab para penggunanya tak bisa akses aplikasi milik Facebook, salah satunya Instagram yang dikeluhkan penggunanya lantaran tak bisa mengunggah foto.

Lewat situs Down Detector, gangguan pada Instagram diketahui melonjak tepat pukul 21.00 WIB. Sebanyak 13 ribu lebih pengguna melaporkan masalah terkait terganggunya aplikasi Instagram.

Down Detector juga melacak, gangguan paling buruk Instagram terjadi di Eropa Tengah. Bahkan tagar #InstagramDown awalnya trending di Twiiter Inggris. Sementara gangguan terburuk pada aplikasi Facebook terjadi di seluruh Amerika Serikat.

Gangguan yang dialami oleh para pengguna Facebook dan Instagram, seperti tidak bisa mengunggah gambar maupun mengunduhnya. Selain itu news feed juga terpantau lambat.

Hal ini membuat para penggunanya mengeluh di Twitter. Mereka ramai-ramai mengunggah tangkapan layar saat Facebook dan Instagram down di akun Twitternya.

Sebelumnya, aplikasi grup Facebook juga sempat down pada Juli 2019 lalu. Saat itu bukan hanya Facebook dan Instagram, bahkan WhatsApp pun gangguan. Saat itu, aplikasi yang berada di bawah naungan Facebook itu down hampir seharian.

Facebook menyebut permasalahan ada pada perubahan konfigurasi server yang membutuhkan penyesuaian selama 24 jam lebih.  

Saat ini Facebook tercatat memiliki pengguna 2,3 miliar di seluruh dunia. Begitupun Instagram sudah memiliki 1 miliar penggunanya. Jika Facebook dan Instagram down, maka banyak yang dirugikan, salah satunya para pengiklan. (Ndu/R7/HR-Online)

Loading...