Festival Rakyat Langensari II Segera Digelar Pokdarwis Kota Banjar

Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kota Banjar, mengadakan sosialisasi Festival Rakyat Langensari II di Aula Kantor Desa Waringinsari, Kecamatan Langensari, Kota Banjar,
Festival Rakyat Langensari II.

Berita Banjar (harapanrakyat.com),- Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kota Banjar, mengadakan sosialisasi Festival Rakyat Langensari II di Aula Kantor Desa Waringinsari, Kecamatan Langensari, Kota Banjar, Jawa Barat, Selasa (05/11/2019).

Anggota Pokdarwis, yang juga sebagai panitia kegiatan, Sugeng, mengatakan, digelarnya Festival Rakyat Langensari bertujuan untuk mendeklarasikan akulturasi budaya perbatasan, dan gelar karya budaya tatar Banjar.

“Desa Waringinsari dipilih karena tempatnya yang berada di perbatasan, sekaligus warganya juga didominasi oleh dua suku, yakni Jawa dan Sunda. Sehingga ada dua kebudayaan, budaya Sunda dan budaya Jawa,” terangnya.

Pada kegiatan yang rencananya dilaksanakan tanggal 8-10 November ini, akan digelar pula launching kampung buah,  rembug budaya, ngaji kebangsaan, kesenian kabuhunan atau  kesenian tradisional zaman dahulu, dan lain sebagainya.

“Acara intinya adalah festival budaya akulturasi perbatasan. Kami berharap warga masyarakat Desa Waringinsari, Kecamatan Langensari khususnya, dan Kota Banjar umumnya, dapat ikut serta memeriahkan acara ini. Mengenai roundown acara maupun kepanitiaan, semuanya sudah kami persiapkan,” kata Sugeng.

Di tempat yang sama, Pjs. Kepala Desa Waringinsari, Dede Harisman, mengapresiasi terhadap rencana kegiatan Festival Rakyat Langensari yang akan digelar Pokdarwis Kota Banjar di wilayah desanya.

“Kegiatan ini dinilai positif dan banyak nilai pendidikan yang dapat kita ambil. Semoga kegiatan positif seperti ini bisa dijadikan kegiatan rutin tahunan,” kata Dese.

Sosialisasi tersebut dihadiri Pemerintahan Desa Waringinsari, BPD, LPM, PKK, MUI, karangtaruna desa, dan tokoh masyarakat Desa Waringinsari. (Sugeng P/R3/Koran-HR)

Loading...