Fingerprint Lock WhatsApp Android Telah Hadir, Cek Cara Aktifkannya

Fingerprint Lock WhatsApp Android
Tampilan fingerprint lock whatsApp. Foto: Istimewa

Fingerprint lock WhatsApp Android telah hadir untuk menambah pengalaman pengguna dalam mengoperasikan aplikasi chat terpopuler ini.

Sebelumnya, WhatsApp sudah mengenalkan fitur Touch ID dan Face ID pada iPhone. Hadirnya fitur fingerprint lock dinilai sebagai salah satu bentuk WhatsApp dalam meningkatkan layanannya.

Melalui akun Twitter resminya pada Jumat, 1 November 2019, WhatsApp menuliskan bahwa pihaknya telah memperkenalkan autentifikasi yang memungkinkan pengguna bisa membuka kunci aplikasi menggunakan sidik jari.

Teknologi terbarunya tersebut disematkan pada Android. Adanya fitur fingerprint lock, maka privacy pengguna bisa lebih terjaga.

Fingerprint Lock WhatsApp Android

Bagi anda yang tertarik ingin memanfaatkan fitur fingerprint lock yang ada di aplikasi WhatsApp pada hp Android, anda perlu memperhatikan beberapa persyaratannya.

Adapun salah satunya yaitu menggunakan WhatsApp versi terbaru. Jika aplikasi anda belum versi terupdate, anda perlu memperbaruinya.

Selain itu, pastikan ponsel Android yang anda gunakan didukung dengan sensor sidik jari. Apabila bukan, maka anda tetap tak bisa memanfaatkan fitur fingerprint lock WhatsApp Android meski sudah beralih ke versi terbaru.

Setelah semua syarat utamanya anda penuhi, maka anda bisa langsung memasang fitur fingerprint lock. Adapun caranya ialah dengan membuka menu Pengaturan.

Kemudian anda pilih menu Akun dan klik Privasi. Dari sini, anda bisa menemukan kunci sidik jari. Anda tinggal mengaktifkan Buka Kunci menggunakan sidik jari.

Setelah anda memasukkan sidik jari, anda perlu mengkonfirmasikan sidik jari anda lagi. Cara memanfaatkan fitur fingerprint lock terbilang mudah. Maka dari itu, jangan ragu untuk mencobanya.

Sekilas Tentang Sensor Fingerprint

Seiring berjalannya waktu, teknologi saat ini kian berkembang semakin canggih. Fingerprint lock WhatsApp Android ini menjadi salah satu wujud kecanggihan teknologi.

Fitur fingerprint pada umumnya sudah hadir di berbagai gadget. Tak hanya smartphone saja, akan tetapi juga tablet dan produk lainnya.

Sebenarnya pemindai sidik jari sudah ada sejak lama. Hanya saja, penggunaannya pada smartphone baru eksis sejak tahun 2007. Itupun masih terbatas.

Mengenai cara kerjanya, fitur fingerprint akan merekam sekaligus menyimpan pola sidik jari penggunanya. Dalam hal ini, fingerprint akan menangkap tiga jenis pola guratan di sidik jari.

Adapun pola tersebut meliputi ujung garis, garis bercabang, dan garis pendek. Setiap manusia tentu saja memiliki sidik jari yang berbeda-beda sehingga keamanan perangkat terjaga secara optimal.

Manfaat Fitur Fingerprint

Adanya fitur fingerprint terbukti memberikan banyak manfaat, tak terkecuali dengan fingerprint lock WhatsApp Android. Sebagaimana yang sudah sedikit disinggung di atas, fitur ini mampu memberikan tingkat keamanan yang tinggi.

Dengan menerapkan fitur fingerprint, maka perangkat yang anda miliki tak akan bisa dibuka secara sembarangan oleh orang lain.

Penggunaan fitur fingerprint juga berpengaruh terhadap tampilan. Tak bisa dipungkiri bahwa smartphone yang dilengkapi dengan fingerprint akan terkesan elegan dan canggih.

Anda pun akan merasa lebih percaya diri saat mengoperasikan smartphone yang didukung dengan fitur fingerprint ini.

Selain itu, manfaat fitur fingerprint lainnya yaitu mudah digunakan. Untuk menggunakan fitur ini, pengguna hanya perlu menempelkan jari yang sudah terdaftar pada smartphone.

Anda benar-benar akan merasa diuntungkan saat menggunakan fitur fingerprint. Apalagi ketika ada notifikasi di layar smartphone, seperti halnya dalam penggunaan fingerprint lock WhatsApp Android.

Jika biasanya membuka dan melihat chat, panggilan tak terjawab, ataupun notifikasi apapun itu harus menggeser layar ke bawah, namun dengan fingerprint, anda hanya perlu geser jari ke bagian sidik jari.

Ikuti juga dengan mengetuknya dua kali. Secara otomatis, semua notifikasi yang ada di panel notifikasi di atas layar bisa dibersihkan.

Manfaat lain yang juga bisa anda rasakan apabila menggunakan fitur fingerprint yaitu mematikan alarm secara mudah.

Saat alarm berbunyi padahal anda masih mengantuk, anda pasti akan langsung mematikannya. Jika biasanya anda perlu mencari letak nonaktifkan alarm, namun dengan fingerprint, anda tinggal menempelkan jari saja.

Apabila anda tepat dalam menempelkan jari di bagian sensor fingerprint, maka secara otomatis alarm akan langsung mati.

Perlu untuk anda ketahui, penggunaan sensor fingerprint juga memudahkan anda saat berfoto selfie. Pasalnya, anda cukup meletakkan jari di sensornya untuk mengambil foto.

Hadirnya fingerprint lock WhatsApp Android tentu saja membantu pengguna dalam menjaga keamanan datanya. Disamping itu, masih ada banyak manfaat lain yang bisa dirasakan pengguna. (R10/HR-Online)

Loading...