Fitur Dark Mode di Gmail, Ini Cara Mengaktifkannya

Fitur Dark Mode
Fitur dark mode Gmail. Foto: Istimewa/Net

Fitur dark mode di Gmail kini sedang ramai diperbincangkan. Bahkan dark mode menjadi populer baru-baru ini.

Tidak sedikit orang yang mengaktifkan dark mode ini. Dark mode menjadi tren di berbagai kalangan.

Beberapa diantaranya adalah vendor, pengembang aplikasi, bahkan vendor smartphone. Banyak yang sudah menyediakan fitur ini.

Fitur Dark Mode di Gmail Jadi Populer

Seperti yang tekah dijelaskan diatas bahwa dark mode sedang menjadi tren. Banyak vendor yang menyematkan fitur ini. Tidak hanya vendor saja, tetapi penyedia layanan juga menyediakan fitur ini.

Salah satunya adalah penyedia layanan Gmail. Layanan Gmail kini menyediakan fitur mode gelap yang bisa anda gunakan.

Dark mode yang disediakan hampir sama dengan desktop atau PC. Kini dark mode tersebut bisa digunakan melalui smartphone.

Terdapat beberapa alasan mengapa banyak orang menggunakan Fitur dark mode di Gmail. Beberapa diantaranya adalah nyaman bagi penglihatan.

Tidak hanya nyaman, tetapi tampilan menjadi lebih jelas. Tidak heran jika banyak vendor yang sudah membekali produknya dengan mode ini.

Kelebihan utama dari dark mode memang dapat dilihat dari segi tampilan. Oleh sebab itu, banyak orang yang mulai mengaktifkan fitur mode gelap ini.

Perlu anda ketahui bahwa hampir setiap hari seseorang menghabiskan waktu di depan layar. Kurang lebih dalam kurun waktu 4 sampai 6 jam.

Empat sampai enam jam bukanlah waktu yang sebentar. Lama kelamaan penglihatan akan menjadi buram.

Akibatnya mata menjadi pegal dan kadang berair. Mode gelap juga akan mengurangi intensitas cahaya yang masuk ke mata. Intensitasnya akan berbeda jika fitur tersebut diaktifkan.

Gmail merupakan salah satu layanan yang kini menyediakan dark mode. Hal ini tentunya untuk membuat pengguna lebih nyaman ketika membaca pesan.

Seperti yang diketahui bahwa pesan Gmail memiliki pesan yang detail. Mata yang lelah akibat cahaya terang bisa membuat pandangan buram.

Hal ini akan berdampak pada pembacaan tulisan. Oleh karena itu, Gmail berinisiatif untuk menyematkan fitur mode gelap.

Cara Mengaktifkan Fitur Dark Mode di Gmail

Salah satu aplikasi sudah menyediakan fitur ini. Aplikasi tersebut adalah Gmail. Seperti yang diketahui bahwa Gmail merupakan aplikasi perpesanan elektronik. Gmail juga lebih dikenal dengan layanan pesan elektronik.

Tidak sedikit orang yang sudah menggunakan layanan ini. Bahkan bisa dibilang layanan ini sangat penting bagi perusahaan.

Tidak hanya perusahaan, namun ada beberapa instansi yang menggunakan aplikasi Gmail. Kini Gmail mulai menyediakan dark mode untuk kenyamanan penggunanya.

Apabila ingin menggunakan dark mode, maka anda harus mengaktifkannya. Ternyata cara pengaktifan mode ini berbeda-beda.

Perbedaan ini tergantung dengan perangkat yang digunakan. Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa ada banyak kalangan yang menyediakan fitur ini.

Ada beberapa perangkat yang sudah dibekali dengan Fitur dark mode di Gmail. Diantaranya adalah Android, iOS, dan juga Desktop.

Kemudian layanan yang menyediakan fitur ini adalah Gmail. Anda bisa mengaktifkan mode ini dengan Gmail di beberapa perangkat.

1. Cara Mengaktifkan Dark Mode Gmail di Perangkat Dekstop

Anda bisa mengakses layanan Gmail menggunakan perangkat dekstop. Seperti yang diketahui bahwa Gmail telah menyematkan fitur barunya.

Anda bisa mengaktifkan dark mode dari perangkat desktop dengan mudah. Ada beberapa langkah yang bisa anda lakukan.

Anda perlu masuk ke website gmail.com kemudian memilih ikon settings. Ikon settings ini terletak di bagian atas paling kanan.

Setelah memilih ikon tersebut, maka langkah selanjutnya adalah memilih opsi Themes. Lalu anda harus mengeklik thumbnail dark.

Kemudian dark mode sudah aktif di perangkat desktop anda. Tampilan akan menjadi gelap dan jelas. Penglihatan tidak akan buram karena cahaya terlalu terang.

2. Cara Mengaktifkan Dark Mode Gmail di Perangkat Android

Selain perangkat dekstop, anda juga bisa mengaktifkan dark mode layanan Gmail di perangkat Android. Caranya cukup mudah dan anda tidak akan merasa kesulitan.

Pastikan bahwa anda sudah mengunduh dan menginstall Gmail versi terbaru. Setelah itu, anda harus membuka aplikasi Gmail.

Mode gelap atau dark mode bisa anda aktifkan secara otomatis di Android 10. Ketika anda mengaktifkan tema mode gelap, maka keseluruhan layanan akan berubah menjadi mode gelap.

Berbeda dengan cara manual yang bisa anda lakukan dengan memilih menu settings. Perlu anda ketahui bahwa Fitur dark mode di Gmail ini hanya bisa diaktifkan di Android 10 saja. (R10/HR-Online)