Kamis, Juli 7, 2022
BerandaBerita TerbaruFitur Defogger pada Mobil Punya Peran Penting Saat Hujan, Yuk Kenali Lebih...

Fitur Defogger pada Mobil Punya Peran Penting Saat Hujan, Yuk Kenali Lebih Dekat

Fitur defogger pada mobil saat ini sudah menjadi trend. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya produsen otomotif yang berlomba-lomba untuk memperkenalkan mobil terbaru dengan bekalan fitur tersebut.

Meski sudah disematkan dalam mobil terbaru, namun nyatanya tak sedikit pengguna mobil yang belum mengetahui definisi maupun fungsi fitur defogger.

Perlu diketahui, fitur baru yang satu ini memiliki peranan penting saat musim hujan. Untuk lebih mengenal fitur defogger, anda simak saja ulasan berikut.

Fungsi Fitur Defogger pada Mobil

Fitur defogger bisa anda temukan di dekat setir mobil. Pada umumnya, fitur ini ditampilkan dengan tulisan logo seperti embun.

Sesuai dengan penggambarannya, fitur ini memang memiliki fungsi yang berkaitan dengan embun saat hujan. Ketika menempuh perjalanan di tengah guyuran hujan, pasti pandangan akan terganggu dengan embun.

Fitur defogger ini pun akan memberikan energi panas terhadap kabut yang ada di kaca mobil. Dengan begitu, kabut akan hilang sehingga jarak pandang pengemudi tak akan terganggu lagi.

Dengan fungsi yang sangat membantu pengemudi tersebut, anda pasti tertarik untuk memanfaatkan fitur defogger pada mobil. Dalam mengaktifkannya pun, anda bisa melakukannya secara mudah dengan metode manual.

Adapun caranya ialah dengan menekan tombol defogger. Supaya fungsinya tetap maksimal, pastikan anda memberikan perawatan secara rutin pada fitur defogger.

Dalam membahas fungsinya, akan terasa kurang lengkap jika tak mengupas jenis-jenis defogger. Fitur ini sendiri terbagi menjadi dua jenis, yakni defogger udara dan defogger elektrik.

Defogger udara seringkali digunakan di kaca depan, sementara defogger elektrik bisa dengan mudah ditemukan di kaca belakang mobil.

Kelebihan Fitur Defogger pada Mobil

Sebagaimana yang sudah disinggung di atas, supaya fungsi fitur defogger tetap maksimal, anda harus memberikan perawatan secara berkala.

Perlu untuk anda ketahui, perawatan fitur defogger ini terbilang mudah. Kemudahan perawatan ini menjadi salah satu kelebihan fitur defogger.

Mengenai bagaimana cara merawatnya, anda hanya perlu mengelap menggunakan kain halus. Hindari penggunaan kain yang kasar, terlebih jika kaca mobil tak dilapisi kaca film.

Adapun jenis kain yang sangat disarankan untuk anda gunakan yaitu kain katun atau bisa juga dengan menggunakan kanebo.

Selain memberikan perawatan, pastikan anda juga menggunakannya dengan benar. Dalam hal ini, pastikan anda cermat saat menghidupkan dan mematikan fitur defogger pada mobil.

Anda bisa menghidupkan fitur defogger ketika sudah terdeteksi embun. Jangan hidupkan fitur ketika hujan baru turun karena justru akan merusaknya secara perlahan.

Dengan memberikan perawatan dan menggunakannya secara tepat, maka fitur defogger tak hanya akan berfungsi optimal saja, akan tetapi juga memperpanjang usia pakainya.

Dalam kurun waktu yang lama, fitur defogger masih bisa digunakan. Bahkan performanya akan terasa selalu baru seperti saat pertama kali digunakan.

Kekurangan Fitur Defogger pada Mobil

Selain kelebihan, fitur defogger juga memiliki kekurangan. Adapun kekurangannya yaitu fungsinya akan menurun apabila digunakan secara terus menerus saat cuacanya panas.

Apabila fitur tetap digunakan, maka kaca mobil bisa retak. Hal ini dikarenakan perubahan suhu bisa menyebabkan kaca mobil menjadi memuai.

Perubahan suhu ini sendiri berasal dari garis-garis kawat tipis yang digunakan sebagai bahan untuk membentuk fitur defogger pada mobil.

Selain berpotensi untuk membuat kaca mobil menjadi retak, penggunaan fitur defogger secara terus menerus ketika cuaca panas juga berpengaruh pada akinya.

Untuk diketahui, komponen defogger membutuhkan arus listrik yang besar. Maka dari itu, aki harus bekerja lebih ekstra dalam menyuplai energi besar ke defogger.

Jika penggunaan defogger tak bisa dikendalikan, maka aki mobil akan cepat lemah. Lambat laun, aki akan tekor sehingga anda harus menggantinya dengan aki yang baru.

Meski memiliki kekurangan, namun kelemahannya tak akan menutupi kualitas dan fungsi defogger. Fungsi fitur defogger tetap memberikan banyak manfaat apabila anda memperhatikan penggunaannya dengan baik.

Adapun salah satu mobil yang sudah merasakan segudang manfaat dari fitur defogger yaitu Daihatsu Sirion. Pengguna mobil ini dijamin merasakan kenyamanan selama berkendara.

Tak hanya nyaman, fitur defogger pada mobil juga membuat perjalanan terasa aman dan menyenangkan sehingga sayang jika dilewatkan. (R10/HR-Online)