Formasi CPNS 2019 Ini Minim Peminat, Padahal Gajinya Sampai Rp 15 Juta

Formasi CPNS 2019
Formasi CPNS 2019 yang sepi peminat tapi gajinya besar. Foto: Ist/Net

Formasi CPNS 2019 di berbagai Kementerian maupun instansi Daerah diserbu para pelamar. Hanya saja ternyata tidak semua formasi terisi. Ada beberapa formasi masih nol pelamar, atau sama sekali belum ada yang mendaftar.

Pendaftaran CPNS 2019 sendiri sudah dibuka sejak 11 November 2019 lalu. Rencananya berakhir malam ini, 24 Februari 2019. Namun BKN memutuskan untuk memperpanjangnya sampai esok hari, Senin (25/11/2019).

BKN mencatat ada 10 formasi yang tersebar di berbagai Kementerian dan Instansi daerah yang sepi peminat. Dari 10 formasi tersebut, ada 3 formasi yang minim pelamar, tapi ternyata tunjangannya besar. Bahkan ada yang mencapai Rp 15 juta per bulannya.

Formasi CPNS 2019 mana saja yang sepi peminat tapi gaji dan tunjangannya besar? Berikut daftarnya:

Jabatan Pengelola Bahan Evaluasi, Hukum, Pos dan Informatika

Salah satu formasi CPNS 2019 yang sepi peminat adalah jabatan Pengelola Bahan Evaluasi, Advokasi, Hukum, Pos dan Informatika di Kementerian Komunikasi dan Informatika. 

Total pelamar yang akan diterima hanya 1 orang saja. Syaratnya, kualifikasi pendidikan pelamar yakni pendidikan S1 Ilmu Hukum.

Jabatan ini ternyata memiliki tunjangan tinggi lho. Tunjangan kinerja untuk PNS golongan IIIA di Kementerian Komunikasi dan Informatika ini bisa sampai Rp 3,8 juta per bulannya.

Jika ditotal dengan gaji pokok, maka pendapatan PNS yang menempati posisi ini bisa mencapai Rp 7 juta lebih.

Jabatan Penyusun Kebutuhan Perlengkapan Jalan

Formasi CPNS 2019 untuk jabatan Penyusun Kebutuhan Perlengkapan Jalan juga termasuk yang minim peminatnya. Namun siapa sangka tunjangannya juga cukup besar lho.  

Formasi ini berada di Kementerian Perhubungan. Hanya 1 orang saja yang dibutuhkan. Sementara kualifikasi pendidikan yang disyaratkan untuk mengisi posisi ini adalah lulusan S1 Teknik Sipil dan Perencanaan atau bisa juga lulusan S1 Transportasi.

Gaji dari seorang PNS yang mengisi jabatan ini bisa lebih dari Rp 8 juta. Hal ini lantaran pemangku jabatan ini merupakan PNS dengan golongan IIIA. Tunjangan kinerja di Kementerian Perhubungan untuk PNS golongan ini adalah Rp 4,5 juta.

Jabatan Pengelola Pemeliharaan Laboratorium

Selanjutnya, formasi yang sepi peminat ada di Kementerian Perhubungan untuk posisi jabatan Pengelola Pemeliharaan Laboratorium ini gajinya juga tinggi lho. Pendapatan salah satu jabatan yang masuk dalam daftar formasi CPNS 2019 yang sepi peminat ini, bisa sampai Rp 15 juta per bulan.

Jika lulus, maka pelamar CPNS 2019 formasi ini, nantinya akan ditempatkan di Politeknik Penerbangan Jayapura, Unit Laboratorium.

Selain mendapatkan tunjangan kinerja untuk jabatan ke-7 senilai Rp 3,9 juta, PNS pengelola pemeliharaan laboratorium di Poltek Penerbangan Jayapura ini juga mendapat tunjangan kemahalan lantaran penempatannya yang berada di Papua.

Formasi CPNS 2019 Sepi Peminat, Peluang Lolos Makin Besar

Nah, bagi Anda yang berminat daftar CPNS tapi masih bingung memilih formasinya, Anda bisa memilih formasi CPNS 2019 yang masih sepi peminat tersebut. Siapa tahu jabatan itu jadi rezeki Anda.

Lantaran minimnya peminat untuk posisi tersebut, Anda punya peluang cukup besar untuk lulus seleksi. Hanya saja, Anda perlu menyiapkan segala sesuatunya dengan cermat.

Baca Juga: Masalah yang Mungkin Dihadapi Saat Daftar CPNS 2019, Ini Solusinya

Masih ada waktu sampai pendaftarannya ditutup pada 25 November 2019 besok hari. Ingat juga satu pelamar hanya bisa mendaftar untuk satu formasi di satu instansi saja.

Pendaftarannya dilakukan secara online di portal SSCASN BKN GO ID. Sebelum mendaftar pastikan Anda juga menyiapkan dokumen CPNS 2019 yang diperlukan. Seperti KTP, KK, Ijazah, Transkrip Nilai, Akreditasi BAN PT, yang discan terlebih dahulu.

Selain itu, siapkan juga foto diri dengan latar belakang merah dan ukuran 4 x 6 dalam bentuk JPG dan tak boleh lebih dari 20 kb. Lalu ada juga berkas-berkas khusus yang diminta Kementerian/instansi. Seperti misalnya surat lamaran.

Format surat lamaran ini bisa Anda lihat di situs resmi Kementerian yang Anda ingin lamar di CPNS 2019. Anda juga bisa cek formasi CPNS 2019 selengkapnya di situs resmi Kementerian maupun di situs BKN GO ID. Buruan daftar siapa tahu Anda beruntung. (Ndu/R7/HR-Online)