Formasi CPNS 2019 Lulusan SMA Sederajat di Kemenkumham, Ini Berkas dan Syaratnya!

Formasi CPNS 2019 Lulusan SMA
Sipir cantik dari Tangerang. Foto: Istimewa/Net

CPNS 2019, (harapanrakyat.com),- Sebanyak 3.532 formasi CPNS 2019 lulusan SMA/SMK dan yang sederajat dibuka Kementerian Hukum dan Hak Azasi Manusia (Kemenkumham). Sementara total lowongan CPNS 2019 Kemenkumham sebanyak 4.598 formasi.

Rincian Formasi CPNS 2019 Lulusan SMA Sederajat di Kemenkumham

Dikutip HR Online dari laman resmi Kemenkumham, Minggu (3/11/2019), formasi yang disediakan terdiri dari formasi khusus serta formasi umum.

Formasi khusus disediakan bagi lulusan Cumlaude (dengan pujian), para penyandang disabilitas, serta putra dan putri asal Papua, termasuk juga putra putri asli Papua Barat.

Rincian formasi CPNS 2019 Kemenkumham untuk lulusan SMA sederajat, dari jumlah formasi 3.532, sebanyak 2.875 diantaranya untuk mengisi posisi sebagai Penjaga Tahanan.

Selanjutnya dari jumlah 2.875 formasi CPNS 2019 lulusan SMA sederajat tersebut, 101 formasi dialokasikan untuk putra putri asal Papua maupun Papua Barat. Sementara sisanya sebanyak 2.774 disediakan untuk formasi umum.

Alokasi untuk putra Papua ada 71 formasi dan bagi putri Papua sebanyak 8 formasi. Lalu bagi putra Papua Barat ada 20 formasi, sementara untuk putri Papua Barat tersedia 2 formasi.

Selain untuk putra/putri Papua, jangan lupa Kemenkumham membuka lowongan untuk lulusan SMA dari formasi umum sebanyak 2.774.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 2.497 disediakan untuk pelamar laki-laki, sementara untuk perempuan tersedia 277 formasi.

Jabatan Penjaga Tahanan yang dibuka sebanyak 2.875 formasi tersebut akan disebar di 33 kantor wilayah.

Selain sebagai Penjaga Tahanan, formasi CPNS 2019 lulusan SMA sederajat dibuka untuk jabatan Pemeriksa Keimigrasian Pelaksana atau Pemula.

Jumlah formasi untuk jabatan tersebut tersedia sebanyak 657 formasi. Dari jumlah itu, 69 formasi diantaranya dialokasikan untuk putra/putri Papua dan Papua Barat, sementara sisanya sebanyak 588 formasi untuk umum.

Dokumen yang Diperlukan untuk Melamar Formasi CPNS 2019 Lulusan SMA Sederajat di Kemenkumham

Dalam situs resminya, Kemenkumham merilis, bagi lulusan SMA dan yang sederajat yang ingin mendaftar CPNS 2019 ada beberapa dokumen yang harus disiapkan, sebagai berikut:

Surat Lamaran

Surat lamaran ini bisa diunduh di laman SSCASN BKN GO ID. Lamaran tersebut ditujukan untuk Menteri Hukum dan HAM Republik Indonesia di Jakarta.

Surat Pernyataan

Berbeda dengan surat lamaran yang diunduh di laman SSCASN BKN GO ID, maka untuk surat pernyataan bisa didownload di laman CPNS Kemenkumham GO ID.

Surat pernyataan untuk mengisi formasi CPNS 2019 lulusan SMA sederajat di Kemenkumham ini harus diketik computer dan dilampiri dengan materai Rp 6 ribu.

KTP asli atau e-KTP

Untuk KTP, Anda terlebih dahulu harus men-scan-nya. Untuk kemudian diunggah saat pendaftaran CPNS 2019 secara online.

Bagaimana jika tak punya e-KTP karena belum jadi? Maka Anda bisa juga menggunakan Surat Keterangan pengganti KTP yang dikeluarkan Disdukcapil daerah masing-masing.

Dokumen Lainnya dalam Format PDF

Dokumen yang harus Anda convert dalam versi PDF adalah ijazah atau bisa juga menggunakan Surat Keterangan Lulus (SKL) yang asli, serta transkrip atau daftar nilai yang juga asli. Bila tidak ada transkrip nilai, bisa juga menggunakan SKHUN (Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional).

Bagaimana dengan pelamar lulusan luar negeri? Untuk mengisi formasi CPNS 2019 lulusan SMA di Kemenkumham ini, bagi pelamar lulusan sekolah luar negeri diminta untuk melampirkan juga Surat Penyetaraan Ijazah serta Transkrip Nilai yang dikeluarkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Selanjutnya, bagi lulusan Pesantren bisa juga melamar dengan melampirkan Surat Penyetaraan disertai Transkrip Nilai yang dikeluarkan Kementerian Agama.

Dokumen Tambahan untuk Formasi Khusus Putra/Putri Papua dan Papua Barat

Nah, bagi yang mengisi formasi khusus untuk Anda putra atau putri Papua dan papua Barat, bagi lulusan SMA dan yang sederajat, dokumen yang harus Anda siapkan pada dasarnya sama seperti dokumen untuk formasi umum.

Hanya saja, ada dokumen tambahan, yakni surat keterangan asli yang ditandatangai oleh kelurahan atau kepala desa, bisa juga dari kepala suku.

Pada surat keterangan tersebut dinyatakan, pelamar berasal dari Papua asli dan memiliki garis keturunan orang tua, baik bapak atau ibu yang asli juga dari Papua.

Syarat Melamar Formasi CPNS 2019 Lulusan SMA Sederajat di Kemenkumham

Sejumlah persyaratan harus dipenuhi oleh pendaftar CPNS 2019 di Kemenkumham. Untuk mereka dengan kualifikasi pendidikan SMA, ada beberapa persyaratan yang harus digarisbawahi, diantaranya:

Batas Usia

Usia minimal bagi pelamar lulusan SMA sederajat adalah 18 tahun dan maksimal 28 tahun.

Tinggi Badan

Tinggi badan juga jadi syarat khusus untuk pendaftar CPNS 2019 Kemenkumham.

Untuk mengisi jabatan sebagai penjaga tahanan dan juga jabatan pemeriksa keimigrasian, maka untuk pria tinggi badan minimal 160 cm. Sementara untuk wanita, tinggi badan minimalnya harus 155 cm.

Domisili Pelamar

Bagi pendaftar jabatan sipir penjara atau penjaga tahanan dan juga pemeriksa keimigrasian dalam formasi CPNS 2019 lulusan SMA Sederajat, syarat lainnya adalah harus domisili seperti tercantum di e-KTP.

Jika pendaftar ingin melamar di provinsi lain yang tidak sesuai e-KTPnya, maka bisa membuat surat keterangan dari kantor desa atau dari keluaran setempat.

Surat keterangan tersebut mencantumkan pernyataan bahwa pendaftar sudah berdomisili di salah satu wilayah provinsi tempat pendaftar melamar CPNS 2019, hanya saja e-KTPnya masih tercantum di provinsi lain.

Misalnya Anda memiliki KTP Bandung, Jawa Barat, namun Anda sudah lama tinggal di Semarang, Jawa Tengah. Anda berniat melamar CPNS 2019 di Kemenkumham untuk penjaga tahanan atau pemeriksa keimigrasian.

Maka, Anda wajib membuat surat keterangan dari tempat tinggal Anda yang menyebutkan Anda sudah lama berdomisili di provinsi Jawa Tengah.

Hal ini juga berlaku untuk pendaftar pada formasi CPNS 2019 lulusan SMA sederajat di Kemenkumham dari Papua atau Papua Barat.

Pendaftar formasi khusus putra/putri Papua dan Papua Barat ini juga harus domisili di Provinsi Papua dan Papua Barat.

Itulah formasi CPNS 2019 lulusan SMA Sederajat di Kemenkumham. Cermati syarat dan dokumen yang harus disiapkan. Ingat pendaftaran CPNS 2019 hanya dilakukan secara online di situs SSCASN BKN GO ID. (Ndu/R7/HR-Online)