Foto di Galeri Smartphone Hilang Mendadak? Ini Penyebabnya

Foto di galeri smartphone hilang mendadak, padahal sebelumnya sudah tersimpan rapi.
Foto di galeri smartphone hilang mendadak. Photo : Ilustrasi.

Foto di galeri smartphone hilang mendadak, padahal sebelumnya sudah tersimpan rapi. Mungkin kamu juga pernah mengalami foto di galeri smartphone hilang mendadak, dan itu bisa terjadi karena beberapa faktor.

Dirangkum dari berbagai sumber, ada beberapa faktor penyebab hilangnya foto atau video dari galeri smartphone secara tiba-tiba, diantaranya terkena virus. Jadi, tak ada salahnya kamu mengetahui apa saja yang menjadi pemicunya.

Pemicu Foto di Galeri Smartphone Hilang Mendadak

Terkena Virus

Meski teknologi smartphone semakin canggih, namun tak berarti kebal terhadap serangan virus. Kalau smartphone kamu tidak dipasang antivirus, tentunya virus akan mudah menyerang dan mengakibatkan file yang ada di dalamnya rusak atau tak bisa terbaca.

Bahkan, akibat dari serangan virus, file yang sebelumnya sudah tersimpan seperti gambar, foto, video juga akan hilang mendadak atau disembunyikan oleh virus.

Jadi sebaiknya kamu jangan mengunduh aplikasi-aplikasi yang mencurigakan atau tidak jelas, seperti misalnya game atau aplikasi lainnya yang dapat mengundang virus menyerang smartphone kamu.

File Sampah Menumpuk

Foto di galeri smartphone hilang mendadak juga bisa diakibatkan oleh sampah yang sudah menumpuk di dalamnya. Untuk itu, rajinlah membersihkan sampah di smartphone.

Sebab, kalau kamu membiarkannya terus menumpuk, maka kinerja ponsel akan semakin melambat dan pada akhirnya file yang ada di dalamnya akan hilang secara tiba-tiba akibat memori penyimpanan tak lagi mencukupi.

Agar file bisa tersimpan dengan aman, maka sebaiknya kamu rutin bersihkan sampah di smartphone secara berkala. Sehingga, ruang atau memori penyimpanan selalu tersedia.

Memori Smartphone Penuh

Tak hanya file sampah yang menumpuk, pemicu foto di galeri smartphone hilang mendadak bisa juga akibat memori smartphone kamu sudah penuh. Untuk menghidari file yang sudah tersimpan tiba-tiba hilang, tak ada salahnya kamu bersihkan atau hapus beberapa file yang sekiranya tidak penting.

Jika kamu tidak melakukan hal tersebut, maka tidak menutup kemungkinan berbagai file penting akan hilang, seperti foto atau video yang sudah tidak ada dalam galeri atau arsip di ponselmu.

Kalau kamu ingin menyimpan file dengan jumlah banyak, sebaiknya gunakan memori yang memiliki kapasitas besar supaya bisa menampung banyak arsip.

Encode Tak Berfungsi Baik

Pemicu lain yang menyebabkan foto di galeri smartphone hilang mendadak adalah tidak berfungsinya encode dengan baik. Dalam hal ini, file atau foto yang kamu unduh dari internet tak dapat dibaca ketika sudah disimpan di galeri smartphone.

Hal itu bisa terjadi lantaran sandi atau encode yang menempel pada file tersebut tak berfungsi secara baik, yang pada akhirnya file rusak ketika dibaca oleh smartphone.

Bahkan, bisa saja sandi atau encode dari file yang diunduh itu mengandung virus, sehingga berkas tersebut hilang atau tak dapat dibaca oleh smartphone.

Memori Sering Dilepas Pasang

Penyebab lainnya yang bisa memicu foto di galeri smartphone hilang mendadak yaitu sering melepas kartu memori atau microSD, lalu memasangnya kembali. Hal ini biasanya dilakukan ketika kamu akan memindahkan data yang ada di kartu memori ke laptop atau komputer.

Akibat sering melepas pasang, bisa saja chips pada microSD mengalami kerusakan karena sering tersentuh jari ketika akan dipindahkan atau dilepas. Sebab, chips select pada memori sangat sensitif. Jika rusak atau kotor bisa membuat file yang ada di dalamnya tak bisa lagi terbaca.

Selain itu, kartu memori juga bisa terkena virus kalau tidak hati-hati saat menghubungkan microSD ke laptop atau komputer yang telah disusupi virus. Imbasnya, data yang ada pada kartu memori pun akan hilang.

Itulah beberapa pemicu yang bisa membuat foto di galeri smartphone hilang mendadak. Supaya file-file penting seperti foto maupun video bisa tetap aman, sebaiknya back up data secara berkala dengan menyimpannya di penyimpanan eksternal, baik ke flasdisk atau hardisk.

Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan Google Drive sebagai tempat penyimpanan gratis. Dengan begitu, kamu pun tidak perlu khawatir lagi data atau file yang ada di smartphone kamu tiba-tiba hilang. (Eva/R3/HR-Online)

Loading...