Beredar Foto Perempuan Diduga Kuntilanak di Jembatan Gantung Cigayam Ciamis, Asli atau Palsu?

Jembatan Gantung Cigayam
Penampakan sosok perempuan diduga kuntilanak saat pembangunan Jembatan Gantung Cigayam, Desa Banjaranyar, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Foto: Twitter Akun Kukuhmilitan_

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),– Penampakan perempuan berpakaian putih yang diduga kuntilanak sempat terekam kamera hp di jembatan gantung Cigayam yang baru dibangun di Dusun Mekarjaya, Desa Cigayam, Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Fotonya bahkan sempat viral di Twitter.

HR Online mencoba mengonfirmasi kejadian yang sempat membuat heboh tersebut. Terlebih dari informasi yang beredar di media sosial, warga sering melihat penampakan sosok kuntilanak yang diam di dekat jembatan.

Bahkan, saking seringnya terjadi penampakan, sempat ada kabar warga tak berani melintas jembatan penghubung antara Desa Cigayam dan Desa Sindangrasa, apalagi saat malam hari.

Herna, warga sekitar jembatan saat dikonfirmasi HR Online, Senin (11/11/2019), membenarkan jika pernah ada sosok penampakan diduga kuntilanak yang sempat terekam oleh HP warga.

“Kalau soal ada yang pernah mendapatkan rekaman sosok kuntilanak di jembatan ini memang ada, namun tidak seheboh itu juga sih. Kejadiannya belum lama saat pembangunan jembatan dilaksanakan beberapa Minggu yang lalu, nah pas warga sedang kerja lembur ada yang mengambil foto kegiatan. Namun saat itu tanpa sengaja ada sosok makhluk yang terkena tangkapan kamera,” katanya.

Bukan Hanya Dalam Foto, Sosok Diduga Kuntilanak di Jembatan Gantung Cigayam Ciamis Juga Terekam Video

Jembatan Gantung Cigayam, Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis selesai dibangun dan membantu akses warga di desa Cigayam dan Desa Sindangrasa. Foto: Suherman/HR

Selain dalam foto, kata Herna, ada warga yang sempat mengambil rekaman video kegiatan dan sosok kuntilanak kembali terekam dalam video tersebut.

“Anehnya dalam video itu ketika diputar siang hari, video nyasenyap (tanpa mengeluarkan suara), namun ketika diputar pada malam hari, terdengar suara tawa dan tangis perempuan. Ya seperti suara di film-film gitu, namun sekarang nggak tahu apakah video itu masih ada apa tidak,” katanya.

Herna mengatakan, penampakan kuntilanak itu bukan hal yang mustahil. Bahkan menurutnya, penampakan makhluk seperti itu bisa saja terjadi di manapun.

“Yang namanya makhluk seperti itu ya mungkin banyak di mana-mana juga. Namun untuk di jembatan ini sepertinya tidak seseram apa yang dikatakan orang. Toh meski jembatan ini berada di dekat pemakaman umum. Namun malam hari masih sering dilalui oleh warga,” terang Herna.

Selama ini, lanjut Herna, belum ada kabar ada warga yang diganggu oleh kuntilanak. Kalau sebatas tertangkap kamera, hal itu menurutnya bisa saja terjadi.

“Tapi nyatanya warga di sini memang belum pernah ada yang diganggu saat melewati jembatan ini. Baik siang atau pun malam hari,” terangnya.

HR Online, kemudian mencoba mencari tahu siapa pemilik video penampakan di jembatan gantung itu, namun sayang tak satu pun warga yang mengetahui siapa sang pemilik video kuntilanak yang ada di jembatan di atas sungai Ciputrahaji tersebut.

Sementara, Kepala Dusun Mekarjaya, Nana Ruhyana ketika dimintai keterangan oleh HR Online, mengaku kaget akan adanya informasi tersebut.

“Wah informasinya itu terlalu dilebih-lebihkan saja. Selama adanya jembatan ini saya tak pernah menemukan apa-apa di sana. Bahkan tadi malam juga saya lewat jembatan itu,” katanya.

Namun, Nana mengaku dirinya juga sempat mendapat kabar ada warga yang sempat menangkap gambar kuntilanak melalui kamera hp-nya.

“Namun untuk kebenaranya kami juga tidak begitu tahu, karena kabarnya simpang siur,” katanya.

Jembatan gantung penghubung antara Dusun Mekarjaya, Desa Cigayam dengan Dusun Pongporang (Kampung Ampah Jati) ini baru selesai dibangun. Walau ada isu penampakan kuntilanak, namun jembatan ini sangat membantu aktifitas warga dan kini sering dilalui warga dari kedua wilayah, baik siang ataupun malam hari. (Suherman/R7/HR-Online)

Loading...