Minggu, Juli 3, 2022
BerandaArtikelGalaksi Paling Menyeramkan Ditemukan, Punya 3 Lubang Hitam Supermasif Sekaligus

Galaksi Paling Menyeramkan Ditemukan, Punya 3 Lubang Hitam Supermasif Sekaligus

Galaksi paling menyeramkan berhasil diamati para ilmuwan menjelang akhir bulan November 2019 ini. Disebut menyeramkan karena penampakannya tak biasa.

Bahkan bukan hanya menyeramkan, akan tetapi juga aneh. Bagaimana tidak, galaksi ini memiliki 3 lubang hitam supermasif sekaligus.

Padahal selama ini, kita tahu bahwa pusat galaksi seringkali hanya memiliki satu lubang hitam, tak terkecuali dengan galaksi tempat Bumi berada, Bima Sakti.

Lebih mengejutkan lagi karena ketiga lubang supermasif tersebut saling berdekatan. Penemuan tersebut pun mengundang rasa penasaran para ilmuwan untuk mempelajarinya secara lebih dalam.

Galaksi Paling Menyeramkan dengan 3 Black Hole

Galaksi yang ditemukan memiliki 3 lubang hitam supermasif diketahui bernama NGC 6240. Bentuk galaksi NGC 6240 ini tampak tak biasa.

Bahkan para ilmuwan sempat mengira bahwa NGC 6240 adalah galaksi yang terbentuk karena tabrakan dua galaksi yang ukurannya kecil dan kemudian bergabung.

Dalam pengamatan yang dilakukan, para ilmuwan bisa mempelajarinya secara mudah dikarenakan jaraknya relatif dekat dengan Bumi.

Diketahui bahwa galaksi NGC 6240 berjarak 300 juta tahun cahaya sehingga pemantauan pun bisa dilakukan secara detail dalam semua panjang gelombang cahaya.

Dalam pantauan yang dilakukan, galaksi paling menyeramkan ini diposisikan sebagai standar untuk interaksi galaksi. Sebelumnya, para ilmuwan memperkirakan ada 2 lubang hitam di pusatnya karena kemungkinan merger.

Namun nyatanya, ditemukan lubang hitam ketiga. Hal ini sebagaimana yang diungkapkan oleh Wolfram Kollatschny selaku penulis utama studi sekaligus profesor Universitas Göttingen.

Untuk diketahui, ketiga lubang hitam yang ditemukan di inti salah satu galaksi paling menyeramkan tersebut memiliki massa masing-masing mencapai lebih dari 90 juta matahari.

Konsentrasi yang dimiliki ketiga lubang hitam supermasif tersebut belum pernah ditemukan sebelumnya di alam semesta. Hal ini sesuai dengan penjelasan penulis studi dari Leibniz Institute for Astrophysics Potsdam.

Dengan melihat konsentrasinya, penemuan galaksi aneh dengan 3 lubang hitam ini menunjukkan bukti bahwa ada proses penggabungan simultan yang datang dari 3 galaksi bersama dengan black hole di bagian intinya.

Dari penemuan galaksi paling menyeramkan tersebut, para astronom juga bisa lebih mudah dalam mempelajari bagaimana proses galaksi berevolusi, terutama galaksi terbesar yang ada di alam semesta.

Perlu untuk diketahui, sebelumnya ilmuwan kesulitan dalam menjelaskan bagaimana pembentukan galaksi. Hal ini dikarenakan pengamatan hanya bisa dilakukan secara terbatas.

Dengan demikian, para astronom tak bisa mengetahui secara pasti mengenai ukuran meski berhasil mengamati jenis interaksi dan mergernya.

Galaksi Paling Menyeramkan di Alam Semesta

Selain penemuan galaksi dengan 3 lubang hitam supermasif sekaligus, alam semesta juga menyimpan galaksi dengan kesan seram lainnya. Berikut beberapa galaksi seram tersebut.

Galaksi NGC 1277

Disebut menyeramkan karena galaksi NGC 1277 memiliki lubang hitam supermasif dengan massa mencapai 17 miliar lebih besar dari matahari.

Massa yang dimilikinya bisa memakan 14% ruang dari seluruh isi galaksi NGC 1277. Dengan massa tersebut, lubang hitam ini memiliki lebar 1/4 galaksi kita.

Tak hanya disebut sebagai galaksi paling menyeramkan, NGC 1277 ini juga terkesan aneh. Hal ini dikarenakan populasi bintang yang dimilikinya.

Jika dibandingkan dengan galaksi Bima Sakti tempat kita berada, galaksi NGC 1277 mampu menghasilkan bintang dengan kecepatan 1.000 kali lipat.

Maka tak heran jika populasi bintang yang ada di galaksi NGC 1277 sangat melimpah. Mengenai jaraknya, galaksi NGC 1277 berjarak 240 juta tahun cahaya dan bisa ditemukan di cluster Perseus.

NGC 1052-DF2

NGC 1052-DF2 juga termasuk salah satu galaksi paling menyeramkan dan aneh. Hal ini dikarenakan NGC 1052-DF2 tak memiliki materi gelap seperti halnya galaksi lainnya.

Materi gelap itu sendiri adalah materi misterius yang berkaitan dengan gravitasi. Mengenai jaraknya, galaksi NGC 1052-DF2 dan Bumi berjarak sekitar 42 juta tahun cahaya. 

Pengamatan terhadap galaksi NGC 1052-DF2 ini sudah diterbitkan di jurnal Monthly Notices dari Royal Astronomical Society sejak 14 Maret 2019.

Beralih lagi ke penemuan galaksi paling menyeramkan dengan 3 lubang hitam, para peneliti memperkirakan bahwa ketiga black hole tersebut akan bergabung menjadi satu seiring berjalannya waktu.

Penggabungan ini bisa menghasilkan gelombang gravitasi yang sangat kuat di alam semesta. Prediksi ini tentu saja sangat mengerikan.

Seperti yang diketahui, selama ini lubang hitam yang ada di pusat galaksi alam semesta bisa menghisap benda-benda yang ada di sekitarnya. Tak heran jika NGC 6240 dianggap sebagai galaksi paling menyeramkan dan aneh. (R10/HR-Online)

- Advertisment -