Gangguan Jaringan Telkomsel dan IndiHome, Akses Internet Down

Gangguan Jaringan Telkomsel dan Indihome
Ilustrasi. Foto: Istimewa/Net

Gangguan jaringan Telkomsel dan IndiHome dikeluhkan warga net, Selasa (5/11/2019). Pantauan HR Online, gangguan terjadi sekitar pukul 10.00 WIB.

Sejumlah warga net mengeluhkan terganggunya jaringan 4G LTE dan 3G Telkomsel ini. Bukan hanya jaringan Telkomsel yang mengalami gangguan, namun jaringan WIFI IndiHome yang juga milik Telkom Indonesia down pada hari ini.

Baik pengguna Telkomsel maupun Indihome mencuit di Twitter lantaran tak bisa mengakses internet. Namun beberapa akun Twitter mengungkap hanya tak bisa akses Medsos seperti Facebook dan Instagram, termasuk Youtube dan sejumlah website, hanya saja Twitter masih bisa diakses.

Sementara Fing, situs yang mendeteksi gangguan jaringan internet di seluruh dunia, menggungkapkan gangguan jaringan Telkomsel dan IndiHome terjadi pada pukul 10.15 WIB dan pucaknya terjadi pada 10.40 WIB.

Gangguan jaringan Telkomsel dan IndiHome ini terjadi di beberapa daerah di Indonesia. Bukan hanya wilayah Jakarta, pengguna internet dari beberapa kota mengeluhkan tidak bisa akses web, Medsos, chat, dan layanan internet lainnya.

Selain Jakarta, gangguan jaringan internet Telkomsel dan Indihome ini terpantau terjadi juga di Bekasi, Bandung, Surabaya, Semarang, Medan, Denpasar, Palu, Banjarmasin, dan Makassar.

Ada juga pengguna Telkomsel yang mengeluh lantaran jaringan di ponselnya lemot. Padahal dalam keterangannya masih terlihat ada jaringan 3G maupun 4G LTE.

Pihak Telkom sendiri mengaku sedang mencari sumber gangguan jaringan Telkomsel dan IndiHome. Telkom berjanji akan secepatnya memperbaiki jaringan, agar layanan internet kembali seperti sedia kala.

Dikutip HR Online dari berbagai sumber, VP Corporate Communication Telkom Indonesia, Arif Prabowo, meminta maaf kepada sejumlah pelanggan Telkom yang dirugikan dengan terganggungnya jaringan Telkom.

“Telkom meminta maaf, karena ketidaknyamanan yang menimpa para pelanggan kami. Telkom berkomitmen memberi pengalaman terbaik untuk seluruh pelanggan,” ucapnya.

Arif Prabowo juga mengungkapkan, terjadi gangguan akses internet internasional pada Selasa, 5 November 2019, mulai pukul 10.25 WIB.

Namun, Arif mengaku proses perbaikan telah dilakukakan. Gangguan hanya terjadi selama 45 menit dan sudah lancar kembali pukul 11.10 WIB.

“Saat ini layanan TelkomGroup, baik Telkomsel maupun Indihome telah normal kembali,” jelasnya. (Ndu/R7/HR-Online)

Loading...