Gapoktan Bina Asih Pangandaran Tabur Ribuan Benih Ikan

Gapoktan Bina Asih Pangandaran
Kegiatan menabur benih ikan di Sungai Apur, Desa Kertajara, Kecamatan Mangunjaya, Kabupaten Pangandaran, Selasa (12/11/2019). Foto: Entang/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Gabungan Kelompok Tani atau Gapoktan Bina Asih Pangandaran menabur ribuan benih ikan di sungai yang berada di Dusun Bantarloa, Desa Kertajaya, Kecamatan Mangunjaya, Selasa (12/11/2019).

Meskipun kemarau melanda, namun hal tidak menyurutkan niat Gapoktan Bina Asih Pangandaran untuk menjaga ekosistem di Sungai Apur.

Ade Toha, ketua Gapoktan Bina Asih, menuturkan, ikan yang ditabur ke sungai Apur sebanyar 250 ribu bibit ikan.

“Macam-macam, ada ikan gurame, patin, mujaer dan ikan mas, semuanya kita lepas ke sungai,” kata Ade.

Kegiatan menabur benih ikan itu disebut Ade sebagai upaya untuk menyatu dengan alam. “Dengan ditaburkannya ribuan jenis ikan ini diharapkan jika nanti datang musim penghujan dan air sungai kembali normal, ikan-ikan bisa terus ada di sungai dan bermanfaat untuk orang banyak,” katanya.

Ade menuturkan, saat ini Gapoktan Bina Asih Pangandaran juga mengelola pembenihan berbagai jenis ikan.

“Kita sekarang ini sudah memiliki 5 kolam penampungan untuk pembibitan dan pengembangbiakan ikan,” tuturnya. 

Sementara itu pemerintah Kecamatan Mangunjaya dan Pemdes Kertajaya mengapresiasi kepedulian Gapoktan Bina Aasih terhadap sungai dan habitatnya.

Sekmat Mangunjaya, Ntung Casmudi berharap hal positif tersebut bisa diikuti oleh desa-desa lain yang memiliki aliran sungai.

“Desa lainnya juga bisa mengikuti kegiatan positif, sehingga sugai-sungainya bisa ditanami benih ikan jenis apa saja,” katanya.

Apabila banyak ikan di sungai, lanjut Ntung, maka dengan sendirinya kebutuhan akan ikan di Mangunjaya secara tidak langsung dapat terpenuhi.

“Tapi dengan catatan jangan menangkap ikan dengan cara diracun portas, hal tersebut sangat dilarang karena bisa membuat habitat ikan di sungai rusak,” pungkasnya. (Entang/R7/HR-Online) 

Loading...