Global Warming Ancaman Besar Buat Umat Manusia

Global Warming Ancaman Besar Buat Manusia

Berita Sains, (harapanrakyat.com),- Global warming atau pemanasan global menjadi sebuah ancaman besar bagi umat manusia. Pemanasan Global merupakan salah satu krisis lingkungan yang bisa mengakibatkan bencana pada permukaan bumi.

Peningkatan suhu yang drastis bisa membuat es di kutub utara dan kutub selatan terus mencair. Sehingga membuat beberapa pulau yang terancam hilang. Berikut merupakan daftar beberapa pulau yang diprediksi akan hilang akbat global warming.

Pulau Maldives

Pulau Maldives merupakan pulau yang indah bagaikan surga dunia. Banyak sekali wisatawan dari berbagai penjuru dunia yang berharap bisa berkunjung ke pulau ini.

Namun, para ahli memprediksi bahwa pulau ini akan hilang akibat global warming. Pemanasan global membuat es yang berada di kutub utara dan kutub selatan mencair, sehingga membuat permukaan air laut naik sekitar  3 milimeter pada setiap tahunnya.

Di perkirakan sekitar 100 tahun lagi tinggi permukaan air laut akan mencapai ketinggian sekitar 1 meter lebih. Hal itu sangat mengancam keberadaan pulau Maldives ini yang tinggi daratannya hanya sekitar 1-2 meter dari permukaan air laut.

Pulau Fiji

Keindahan alam pulau Fiji juga tidak kalah dengan pulau Maldives. Pulau ini memiliki pemandangan alam yang sangat indah sehingga tak jarang selebritis papan atas yang berkunjung ke pulau ini untuk menghabiskan waktu liburan.

Namun, pulau ini juga memiliki dataran yang sangat rendah sehingga pulau Fiji juga terancam hilang akibat global warming. Bahkan, penduduk desa Vunidogoloa yang berada di pulau sudah mulai pindah akibat kenaikan permukaan air laut yang meningkat secara drastis.

Pulau Solomon

Pulau Solomon terkenal dengan habitat terumbu karangnya yang begitu indah dan eksotis. Pemandangan di sana sangat mengagumkan sekali. Sayangnya, pulau ini juga terancam akan menghilang akibat global warming.

Bahkan, setidaknya sudah ada 5 pulau karang yang telah menghilang. Pemerintah di sana juga sedang membangun kota baru sebagai tempat tinggal baru bagi penduduk yang akan mengungsi nantinya.

Pulau Bali

Keindahan pulau Bali sudah tidak perlu kita ragukan lagi. Banyak wisatawan dari berbagai belahan dunia yang berkunjung ke pulau ini.

Dibalik keindahannya yang sangat mempesona, ternyata pulau Bali juga menjadi salah satu pulau yang terancam hilang akibat global warming.

Apalagi ditambah dengan meningkatnya curah hujan di pulau Bali setiap lima tahun. Kabarnya, kawasan Nusa Penida yang akan menjadi pulau pertama yang tenggelam.

Itulah beberapa pulau yang terancam hilang akibat global warming. Kita sebaiknya melakukan upaya untuk menanggulangi global warming agar pulau-pulau indah itu tidak hilang.

Kita bisa memulainya dengan menghemat listrik, melakukan reboisasi, dan tidak menebang pohon secara sembarangan. Apabila global warming bisa kita atasi, maka ancaman hilangnya pulau-pulau yang memiliki keindahan tersebut bisa kita cegah. (Deni/R4/HR-Online)

Loading...