Gusi Berdarah Tanpa Sebab? Waspadai Penyakit Berbahaya!

gusi berdarah tanpa sebab
Ilustrasi penanganan gusi berdarah. Foto: Istimewa

Jika anda mengalami gusi berdarah tanpa sebab yang jelas sebaiknya cari faktor penyebabnya. Begitu juga ketika gusi berdarah saat sedang menyikat gigi sebaiknya cepat diobati dan kenali apa yang menyebabkannya.

Gusi berdarah tiba-tiba memang bisa terjadi karena banyak faktor. Bisa karena salah memilih sikat gigi yang terlalu keras. Tak sedikit pula ditemukan kasus gusi berdarah yang dialami pada wanita hamil.

Dalam banyak kasus, gusi berdarah sering terjadi tanpa gejala awal maupun tanpa disertai rasa nyeri atau ngilu. Begitu juga sering ditemukan kasus gusi berdarah diikuti copotnya gigi.

Namun, kebanyakan kasus gusi berdarah lebih disebabkan faktor perawatan dan kebersihan gigi yang kurang baik. Namun sebaiknya anda segera memeriksakan ke dokter karena bisa saja ini gejala dari penyakit berbahaya.

Penyebab Gusi Berdarah Tanpa Sebab

Gusi berdarah tanpa sebab biasanya terjadi karena adanya peradangan pada gusi. Peradagangan ini terutama disebabkan akibat bakteri yang menumpuk pada gusi dan melakukan serangan pada bagian gusi hingga berdarah.

Sisa makanan di sela-sela gigi dengan gusi yang tidak dibersihkan tuntas memang bisa mengundang bakteri. Bakteri yang menumpuk di sela-sela antara gigi dan gusi inilah yang menyebabkan gusi berdarah.

Gusi berdarah tanpa sebab juga bisa terjadi akibat plak gigi tidak dibersihkan dengan baik. Plak gigi adalah lapisan tipis yang terdiri dari bakteri dan sisa makanan yang mengeras serta menjadi karang gigi atau tartar.

Karang gigi inilah yang akan menyebabkan terjadinya iritasi pada gusi. Kondisi ini dapat menyebabkan gusi mengalami peradangan. Dari radang ini gusi kemudian memerah dan berdarah.

Namun bila penyebab gusi berdarah bukan karena hal di atas, sebaiknya segera periksakan ke dokter gigi. Sebab, bisa saja kondisi gusi berdarah tanpa sebab itu merupakan gejala adanya penyakit lain.

Beberapa penyakit yang gejalanya menyerang gusi diantaranya gingivitis atau periodontitis yang jika tidak segera ditangani akan menyebabkan gigi copot. Penyakit yang menyerang gusi dan gigi ini terutama akibat kesehatan gigi yang buruk.

Namun gusi berdarah tanpa sebab juga bisa disebabkan penyakit leukemia (kanker darah) atau diabetes. Yang lebih parah, pendarahan pada gusi juga bisa akibat hemophilia, terutama jika ada bagian tubuh lain yang juga mudah berdarah.

Penanganan Gusi Berdarah

Untuk mencegah dan memelihara kesehatan gigi dan gusi langkah terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan merawatnya sebaik mungkin. Merawat gusi berarti merawat gigi dengan baik dan benar.

Namun perawatan gigi yang baik tentu saja tidak sekedar hanya menyikat gigi. Berikut cara merawat gusi maupun gigi yang benar sekaligus untuk mencegah terjadinya gusi berdarah tanpa sebab.

Perawatan gigi yang benar dilakukan dengan menyikat gigi secara merata dan menyeluruh pada semua bagian gigi. Selain menyikat pada permukaan gigi, pembersihan juga dilakukan pada sela-sela gigi, maupun sekitar akar gigi.

Meskipun Anda masih menderita penyakit gusi berdarah, tetap lakukan sikat gigi secara baik dan benar. Kalau perlu gunakan sikat gigi yang lebih lembut agar gusi yang tergores sikat gigi tidak terlalu sakit.

Saat menyikat gigi, usahakan plak gigi ikut tersikat agar tidak meninggalkan bakteri yang dapat menjadi sumber penyakit gusi berdarah tanpa sebab. Gunakan cermin untuk membantu menjangkau ke semua bagian gigi.

Untuk menjangkau dan membersihkan sisa makanan di daerah gigi yang tidak dapat dijangkau dengan sikat, gunakan flos dental atau benang khusus untuk membersihkan gigi.

Sambil menyikat gigi, lakukan pemijatan di sekitar gusi yang berdarah untuk membantu mengurangi sakit dan menghentikan pendarahan. Pemijatan dilakukan dengan menekan di sekitar gusi yang berdarah.

Apabila setelah beberapa hari gusi masih berdarah, segera periksakan ke dokter gigi. Ada kemungkinan dokter gigi akan membersihkan plak gigi yang telah mengeras dengan menggunakan alat khusus.

Demikianlah informasi tentang gusi berdarah tanpa sebab yang sebaiknya segera diperiksakan ke dokter gigi untuk memastikan bahwa itu bukan merupakan gejala penyakit berbahaya. (R9/HR-Online)

Loading...