Hadapi Musim Hujan, Warga di Pangandaran Ini Bersih-bersih Sampah di Sungai

Bersih-bersih sampah
Warga saat bersih-bersih sampah di sungai. Foto: Entang/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Menjelang pergantian dari musim kemarau ke musim hujan, ratusan warga di Desa Karangjaladri, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran bersih-bersih sampah di muara Sungai Cialitnojongsalawe, Jum’at (15/11/2019).

Pj Kepala Desa Karangjaladri, Yanto, mengatakan, bersih-bersih sampah di sungai tersebut diikuti oleh warga dari 3 dusun, yakni Dusun Nunisari, Astamaya dan Dusun Bojongsalawe. Dalam aksi ini dilakukan menggunakan alat seadanya.

“Kondisi muaranya kan banyak sampah yang dibuang oleh warga ke sungai. Melihat kondisi ini, kita sama-sama tergerak untuk membersihkannya supaya lebih bersih, apalagi menjelang musim hujan,” kata Yanto kepada HR Online.

Melalui bersih-bersih sungai tersebut, lanjut Yanto, setidaknya berdampak baik pada aliran sungai yang mengalir ke laur. Sebab, biasanya sampah dari laut berasal dari sungai.

“Tentu baik sekali bagi kesehatan. Apalagi untuk wisatawan yang biasanya berkunjung ke laut. Supaya mereka betah, sampahnya harus dibersihkan,” ujar Yanto lagi.

Dari pembersihan sampah ini, warga pun memisahkan sampah yang didapat, baik sampah organik maupun non organik. Sementara itu, sampah plastik dari bersih-bersih ini diangkut menggunakan mobil dinas kebersihan. (Ntang/R6/HR-Online)

Loading...