Harga Udang dan Bawal Putih di TPI Minasari Pangandaran Kembali Meroket

harga udang
Udang hasil tangkapan nelayan di TPI Minasari, Kabupaten Pangandaran. Foto: Entang/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),– Harga udang dan ikan bawal putih di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Minasari Pantai Timur, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, kembali meroket, Senin (18/11/2019) malam.

Sebelumnya udang sempat langka di TPI Minasari Pangandaran. Hal itu lantaran nekayan asal Cilacap yang biasa melaut dan menangka udang pulang kampung.

Kekey, salah seorang petugas di TPI Minasari, mengatakan, saat ini udang sudah kembali memenuhi TPI Minasari.

“Sebelumnya udang sempat sepi, tapi bukan karena di lautnya yang langka, tapi nelayan Cilacap yang biasa menangkap udangnya mudik,” ujar Kekey saat ditemui di TPI Minasari, Senin (18/11/2019).

Dalam semalam, kata Kekey, udang yang masuk ke TPI Minasari bisa mencapai 3 kuintal dalam satu malam. Apalagi saat ini harga udang sedang naik.

“Harga udang cukup bagus, bahkan naik. Untuk jenis udang jerebung tipe S harganya bisa sampai Rp 250 ribu per kilonya, kalau udang jerebung tipe K harganya Rp 80 ribu sampai Rp 90 ribu per kilo,” terangnya.

Sementara udang jenis dogol, lanjut Kekey, harganya masih normal sekitar Rp 75 ribu per kilo. Selain itu, paling mahal ada udang tiger yang dihargai Rp 400 ribu per kilo.

“Bukan Cuma udang saja yang harganya sedang naik, tapi ikan bawal putih pun naik. Harganya bisa mencapai Rp 340 per kilo, naik sekitar Rp 90 ribu,” ungkap Kekey.

Sementara, Warsito, nelayan asal Cilacap mengaku cukup senang lantaran hasil tangkapannya bisa dijual dengan harga tinggi.

“Jadi semangat kalau harga naik seperti sekarang, ya Alhamdulillah tangkapan hari ini juga cukup banyak, harganya juga naik. Jadinya semangat lagi untuk melaut,” kata Warsito. (Entang/R7/HR-Online)

Loading...