Hebat, Puskesmas Padaherang Pangandaran Raih Anugerah Menteri Kesehatan RI 2019

Penghagaan Puskesmas Padaherang
Menteri Kesehatan saat memberikan pengahrgaan kepada Kepala Puskesmas Padaherang dalam AMK di Kemenkes RI. Foto: Istimewa

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Pemkab Pangandaran kembali meraih penghargaan tingkat nasional dalam bidang kesehatan. Prestasi tersebut diraih Puskesmas Padaherang kategori pemberdayaan masyarakat untuk hidup sehat dengan inovasinya Lumbung Gizi Desa (Bugiza).

Penghargaan dalam Anugerah Menteri Kesehatan (AMK) 2019 di Hari Kesehatan Nasional ke-55 di Kantor Kemenkes ini langsung diterima Kepala Puskesmas Padaherang, Suryati.

Diketahui sebelumnya, Puskesmas Pangandaran berhasil meraih penghargaan juara pertama tingkat Provinsi dalam penilaian Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP). Sementara itu, Puskesmas Langkaplancar meraih juara ke-2 kategori Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama Pedesaan.

Kepala Dinas Kesehatan Pangandaran, drg. Yani Achmad Marzuki, mengapresiasi kinerja Puskesmas yang telah mendapatkan pengakuan di tingkat provinsi maupun nasional melalui penghargaan tersebut.

“Itu waktunya bersamaan yang pemberian penghargaan di Bandung dan di Jakarta. Pak Bupati dan Sekdis Kesehatan di Bandung, dan Saya bersama Ibu Suryati di Jakarta menerima AMK 2019,” katanya kepada Koran HR, Kamis (14/11/2019).

Puskesmas Padaherang, kata Yani, berhasil menekan angka gizi buruk di Desa Cibogo, Kecamatan Padaherang. Bahkan, terobosan ini menjadi percontohan bagi Puskesmas lain yang ada di pangandaran.

Keberhasilan ini, lanjut Yani, lantaran sistem yang berjalan saling mendukung satu sama lain, dan kerjasama yang baik antar pihak.

“Ini semua tidak lepas dari intervensi kebijakan Pak Bupati dan Wakil Bupati dengan program Pangandaran Hebat-nya. Mudah-mudahan masyarakat Pangandaran sejahtera lahir batin,” pungkas drg. Yani Achmad Marzuki. (Mad/R6/HR-Online)

Loading...