Heboh Penampakan Ikan Mas Misterius, Sungai Cisadap Ciamis Mendadak Ramai

Ikan Mas Misterius
Sejumlah warga tengah melihat penampakan ikan mas misterius di Sungai Cisadap tepatnya di Dusun Kedung, Desa Sukadana, Kecamatan Sukadana, Kabupaten Ciamis, yang belakangan heboh menjadi perbincangan. Foto: Fahmi/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),– Sungai Cisadap yang berada di Dusun Kedung, Desa Sukadana, Kecamatan Sukadana, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, kini mendadak ramai dikunjungi warga yang datang dari berbagai daerah. Sebabnya, warga penasaran ingin melihat langsung penampakan ikan mas misterius yang berukuran besar dan belakangan ramai diperbincangkan di media sosial.  

Saat HR Online mengunjungi Sungai Cisadap, Senin (04/11/2019), ternyata benar saja sudah banyak warga yang berkerumun di pinggir sungai. Mereka mengaku penasaran ingin melihat penampakan ikan mas misterius yang belakangan ramai dibahas di media sosial.

Dari pantauan di lapangan, memang benar di sungai Cisadap terlihat ikan besar yang hilir mudik di dekat bantaran sungai. Saat itu tampak dua ikan besar berwarna kuning dan orange menyembul ke permukaan air. Pergerakan ikan besar itu pun tidak jauh. Hanya bolak-balik di sekitaran sungai dekat bantaran. Sepertinya si ikan sudah menjadi penghuni tetap di sekitar alur sungai tersebut.

Ikan itu diperkirakan memiliki panjang sekitar 60 centimeter hingga 90 centimeter. Sementara apabila dilihat dari wujudnya, ikan itu kira-kira memiliki berat kurang lebih sekitar 8 kilogram.

Penampakan dua ikan mas yang disebut misterius di Sungai Cisadap tepatnya di Dusun Kedung, Desa Sukadana, Kecamatan Sukadana, Kabupaten Ciamis. Foto: Fahmi/HR

Menurut warga Sukadana, Ade, saat ditemui di lokasi sungai, Senin (04/11/2019), dalam sepakan terakhir ini memang banyak warga berdatangan ke sungai tersebut. Mereka mengaku penasaran ingin melihat ikan yang katanya misterius dan sedang ramai diperbincangkan.

“Warga yang datang bukan dari sekitar Kecamatan Sukadana saja, tetapi aja juga warga dari Ciamis, Kawali, Rancah dan bahkan ada juga dari Tasikmalaya. Hampir setiap sore warga berdatangan ke sini, mulai dari orang dewasa sampai ibu-ibu yang membawa anaknya,” ujarnya.

Ade menambahkan tidak sedikit pengunjung yang datang memotret dan merekam kemunculan ikan besar tersebut pada kamera ponselnya. Daerah sungai Cisadap, kata dia, dalam sepekan ini seakan berubah menjadi tempat wisata gratis.

“Biasanya di sini sepi. Jarang orang datang ke sungai ini. Tapi setelah tersebar berita ikan misterius jadi mendadak ramai,” ujarnya.

Menurut Ade, bagi warga sekitar sungai, sudah tidak aneh dengan ikan yang disebut misterius tersebut. Karena keberadaan ikan itu sudah lama. Warga pun menganggap ikan besar yang berjumlah 4 ekor itu biasa-biasa saja. Namun juga ada sebagian warga yang meyakini bahwa ikan mas berukuran besar itu bukan ikan biasa. Tetapi seolah dikeramatkan.

“Ikan besar itu akan muncul kepermukaan setiap musim kemarau atau ketika debit air sungai tengah menurun. Kalau debit air menurun kan airnya jernih, jadi ikan itu bisa jelas terlihat,” ujarnya.

Namun begitu, Ade juga mengakui ada keanehan dari ikan besar tersebut. Menurutnya, meski sungai Cisadap sering meluap di saat musim hujan, namun ikan mas misterius itu tidak lantas hilang keberadaannya. Setiap kemarau datang, ikan itu muncul kembali di permukaan sungai.

“Biasanya kalau sungai meluap, otomatis ikan-ikannya ikut tersapu arus sungai. Mungkin ikan itu sudah jauh terlempar dan tidak berada lagi di tempat itu. Tapi ikan mas ini berbeda. Meski sungai beberapa kali meluap, 4 ikan besar itu tetap ada di sini. Jumlahnya pun tetap 4 dan tidak pernah berkurang atau bertambah,” jelasnya.

Ade mengatakan, sebelum ikan mas besar itu ramai diperbincangkan, memang sudah ada larangan dari warga sekitar agar tidak melakukan pemancingan di area sungai tersebut. Larangan itu sebagai bentuk pelestarian agar keberadaan empat ikan besar itu tidak punah.

“Katanya sih larangan itu ada kaitannya juga dengan mitos. Untuk lebih jelasnya terkait mitos tersebut, baiknya tanyakan saja kepada sesepuh di sini. Hanya saja, kalau pengunjung mau memberi makanan kepada ikan itu, tidak apa-apa,” ujarnya.

Sementara itu, Hernayati, seorang pengunjung yang masih mengenakan seragam PNS, mengaku sengaja datang ke sungai tersebut karena penasaran ingin melihat langsung penampakan ikan mas misterius yang kini tengah ramai diperbincangkan.

“Iya tadi pas bubaran jam kantor, kami bersama teman-teman se-kantor janjian untuk datang ke sini. Penasaran sih karena ramai sekali jadi perbincangan. Kalau sudah lihat kan gak penasaran lagi,” pungkasnya. (Fahmi2/R2/HR-Online)

Loading...