Hong Kong Open 2019; Indonesia Loloskan 2 Wakil ke Partai Final, Bertanding Hari Ini

Hong Kong Open 2019
Anthony Sinisuka Ginting akan berhadapan dengan wakil tuan rumah Lee Cheuk Yiu, di partai final Hong Kong Open 2019, Minggu (17/11/2019). Foto : net/ist

Dua wakil Indonesia berhasil melaju ke babak final Hong Kong Open 2019. Partai puncak turnamen badminton Hong Kong Open tahun ini akan diselanggarakan Minggu, (17/11/2019) di Hong Kong Coliseum.

Wakil Indonesia yang akan bertanding di turnamen kelas 500 BWF World Tour ini antara lain, ganda putra Muhammad Ahsan/Hendra Setiawan dan tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting.

Laga awal final Hong Kong Open 2019 berhadiah total USD 400.000 ini akan dimulai pukul 14.00 waktu setempat, atau 13.00 WIB.

Ahsan/Hendra akan bertanding di laga kedua melawan wakil Korea Selatan, Choi Solgyu/Seo Seung Jae.

Sebelumnya di babak semifinal kemarin, Ahsan/Hendra yang merupakan unggulan kedua, sukses memulangkan wakil Tiongkok, Li Jun Hui/Liu Yu Chen dengan skor 21-13, 16-21 dan 21-16 dalam waktu 46 menit.

Sedangkan lawannya nanti, Choi Solgyu/Seo Seung Jae berhasil mengalahkan ganda putra Jepang, Hiroyuki Endo/Yuta Watanabe, dengan skor 21-17 dan 21-19.

Pertandingan kedua ganda putra di final Hong Kong Open 2019 ini merupakan yang pertama kalinya. Sehingga diprediksikan pertandingan akan berjalan dengan seru, karena masing-masing baru kali ini bersua.

Sementara wakil Indonesia lainnya yakni tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting akan berhadapan dengan wakil tuan rumah Lee Cheuk Yiu, di partai keempat.

Ginting sukses melaju ke partai puncak Hong Kong Open 2019 setelah di babak semifinal mengalahkan sesama wakil Indonesia, Jonatan Christie, dengan skor ketat 22-20, 13-21 dan 21-18, dalam durasi waktu 1 jam 21 menit.

Sedangkan wakil tuan rumah berperingkat 27 dunia ini melaju ke partai puncak, dengan menyingkirkan wakil dari India, Kidambi Srikanth, dengan skor 21-9 dan 25-23.

Pertemuan antara Ginting dengan Lee Cheuk Yiu adalah yang kedua kalinya. Pertandingan pertama berlangsung di ajang yang sama namun di tahun 2015. Saat itu, Ginting menang 21-19, 11-21 dan 21-12.

Ganda Campuran Gagal ke Final Hong Kong Open 2019

Hasil berbeda diraih oleh ganda campuran Indonesia Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja, yang gagal ke partai puncak berhadiah total USD 400.000 ini.

Di babak semifinal, Hafiz / Gloria dikalahkan wakil Jepang, Yuta Watanabe/Arisa Higashino, dengan skor 21-16 dan 21-14.

Hafiz mengungkapkan, bahwa permainannya di laga semifinal kemarin sejak awal bertanding monoton. Seperti drive panjang, dan tidak merubah pola atau cara bermain.

“Jika merubah cara bermainnya, kemungkinan ada peluang. Akan tetapi, kami tidak dapat merubahnya,” ucap Hafiz seperti dikutip dari Badminton Indonesia.

Hal senada dikatakan pasangannya, Gloria. Dikatakannya, bahwa pola mainnya terbawa oleh permainan partnernya.

“Padahal harusnya saya dapat memotong bola pengembalian wakil Jepang ini. Selain itu, shuttelcock  yang dipakai lumayan berat, dan lawan sangat kuat dalam bertahan, serta bisa merubah pola bermain dengan sangat cepat,” kata Gloria.

Dengan hasil ini, Hafiz / Gloria harus puas di babak semifinal Hong Kong Open 2019. Namun peluang untuk tampil di BWF World Tour Final yang akan diselenggarakan 11-15 Desember 2019 di China tetap terbuka.

Pasalnya, saat ini ganda campuran Indonesia ini sementara menempati urutan ke tujuh. Dan yang diambil maksimal 8 pemain, dengan maksimal masing-masing negara maksimal dua pemain.

Laga lainnya final Hong Kong Open 2019, di partai awal akan bertanding tunggal putri antara Chen Yu Fei unggulan ketiga dari China, melawan Ratchanok Intanon unggulan kelima dari Thailand.

Pertandingan ketiga dari sektor ganda putri, wakil Korea Selatan Chang Ye Na/Kim Hye Rin melawan wakil Tiongkok, Chen Qing Chen/Jia Yi Fan.

Dilaga terakhir atau kelima akan bertemu ganda campuran Jepang Yuta Watanabe/Arisa Higashino, melawan He Ji Tiang/Du Yue dari China.

Sedangkan untuk Anda yang ingin menyaksikan partai final Hong Kong Open 2019, bisa menyaksikan secara live di Usee TV atau channel resmi BWF di YouTube. (Adi/R5/HR-Online)

Loading...