HP Huawei Mate 30 Pro Masuk Indonesia, Bawa Spek Menggoda

HP Huawei Mate 30 Pro Masuk Indonesia
HP Huawei Mate 30 Pro. Foto: Huawei.com

HP Huawei Mate 30 Pro akhirnya meluncur di Tanah Air, Kamis (14/11/2019). Kedatangan HP Huawei terbaru yang dirilis September 2019 ini membawa spek serta fitur yang menggoda.

Menurut Training Director Huawei Consumer Business Group Indonesia, Edy Supartoni, seperti dikutip Tempo mengatakan, smartphone Huawei seri Mate 30 Pro ini sangat cocok untuk aktivitas sehari-hari.

“Selain itu, Huawei Mate 30 Pro ini berdesain yang sangat futuristik serta revolusioner. Terlihat dari bagian depannya terdapat notch tercanggih sekarang ini,” katanya.

Keunggulan dari smartphone besutan vendor Tiongkok ini adalah di sektor kameranya. Pasalnya, untuk bagian belakangnnya terpasang quad camera (4 kamera).

Keempat lensanya ini memiliki kekuatan atau resolusi 40 MP bukaan f/1.6 Cine Camera, kemudian 8 MP aperture f/2.4 sebagai telephoto, lalu 40 MP (f/1.8) SuperSensing Camera dan terakhir 3D TOF Camera.

Berbeda dengan kebanyakan smartphone yang memasang 4 atau 5 kamera, untuk kamera belakang HP Huawei Mate 30 Pro tersusun secara di bagian tengah atas, dengan dua berpasangan.

Edy menuturkan, bahwa tugas atau fungsi dari keempat kamera belakangnya itu berbeda-beda.

“Misalkan untuk yang resolusi 40 MP Cine Camera berfitur Ultra Wide Angle Time-lapse video, bisa membuat video seperti di film,” tuturnya.

Bagian kamera belakang HP Huawei Mate 30 Pro. Foto : Huawei

Sedangkan tugas dari kamera lainnya, lanjut Edy, kamera 8 MP untuk mengambil objek dengan jelas, bisa melakukan tiga kali optical zoom, lima kali untuk Hybrid Zoomserta 30 kali digital zoom.

Lensa berkuatan 40 MP SuperSensing Camera bisa menagkap objek dengan sangat jernih serta detail meski dalam keadaan cahaya yang kurang ataupun sangat terang. Dan untuk 3D TOF Camera, menghasilkan efek bokeh yang sangat bagus, baik itu di mode video portrait ataupun foto.

Kelebihan kamera dari HP Huawei Mate 30 Pro bukanlah hoax. Pasalnya, untuk benchmark kameranya seperti dikutip dari DXOMARK, skor saat ini adalah yang tertinggi, dengan nilai 121.

Spesifikasi HP Huawei Mate 30 Pro 

Selain dibekali dengan empat kamera di belakang, smartphone Huawei ini juga dipasang kamera depan 32 MP bukaan f/2.0. Kamera selfie ini diletakkan di notch yang bentuknya lebih panjang ketimbang seri reguler (Mate 30).

Pasalnya, di bagian notch-nya ini juga dipasang 3D TOF Camera, sensor gestur tangan, proximity sensor serta ambient light.

Diklaim pihak Huawei, untuk bagian depan nocth Huawei Mate 30 Pro ini tercanggih sekarang ini. Karena dapat melakukan screenshot atau menggeser screen-nya dengan tidak menyentuh dari jarang 20 cm.

Untuk layarnya mempunyai ukuran dengan diagonal 6.53 inci, beresolusi 1176 x 2400 piksel serta aspek rasioanya 18,4: 9. Selain layarnya berpanel OLED juga diproteksi Corning Gorilla Glass 6.

Pada bagian layar dari HP Huawei Mate 30 Pro terutama di sisi kana serta kiri dibuat melengkung, atau “Horizon Display”. Selain itu, di bagian pinggir baik kanan atau kiriv tidak terdapat tombol pengaturan volume. Hanya tersedia tombol power di tepi kanan.

Sedangkan sebagai pengganti dari tombol volume ini menggunakan on-screen slider. Jadi pengguna cukup mengetuk layar 2 kali.  

Di sektor otaknya, ditanam chipset terbaru yakni HiSilicon Kirin 990 (7 nm+). Sebagai pendukung performa dipasang RAM berkapasitas 8 GB, yang disandingkan dengan penyimpanan internal 256 GB.

Untuk powernya, HP Huawei Mate 30 Pro dipasang baterai dengan kapasitas 4.500 mAh. Bagian baterainya ini didukung pula fast battery charging 40W, fast wireless charging 27W, serta Power bank/Reverse wireless charging.

Harga

Kekurangan dari Huawei Mate 30 Pro ini adalah tidak didukung Google Mobile Services (GMS). Sehingga, nantinya tidak tersedia YuoTube, Gmail sampai Play Store, atau dibukan dengan instan. Namun aplikasi besutan Google ini dapat diakses via browser.

Dan untuk mengganti Google Mobile Service (GMS) tersebut, maka pihak Huawei menggantinya dengan Huawei Mobile Services (HMS). Namun HP ini untuk OS-nya tetap memakai Android 10.

Selain di Indonesia hanya tersedia dalam satu varian saja yakni RAM 8 GB / 256 GB, juga satu pilihan warna yakni silver.

HP Huawei Mate 30 Pro yang dijual dengan harga RP 12,5 jutaan ini bisa didapat atau dipesan mulai dari tanggal 15 sampai 22 November 2019, di toko Huawei resmi atau terdaftar di seluruh Indonesia. Dalam pre-order ini, ada tawaran atau bonus menarik dari Huawei. (Adi/R5/HR-Online)

Loading...