HP Jadul yang Tak Layak Dibeli di Akhir 2019

HP jadul yang tak layak dibeli di akhir tahun 2019.
HP jadul yang tak layak dibeli di akhir tahun 2019. Photo : Ilustrasi.

HP jadul yang tak layak dibeli di akhir tahun 2019 karena hardware yang dimilikinya tidak lagi mumpuni. Bahkan, ada beberapa HP jadul yang tak layak untuk dibeli karena dukungan sistem operasinya juga sudah dihilangkan.

Dirangkum dari berbagai sumber, Jum’at (08/11/2019), sejumlah HP jadul, mulai dari Samsung hingga iPhone yang sudah termasuk usang dan tak layak dibeli di tahun ini diantaranya;

7 HP Jadul Tak Layak Dibeli

Samsung Galaxy Fold

HP jadul yang tak layak dibeli di akhir tahun 2019, Samsung Galaxy Fold. Photo : Net/Ist.

Awalnya Samsung Galaxy Fold diluncurkan sebagai ponsel dengan mekanisme lipat. Hal itu untuk mendefinisikan masa depan dari sebuah smartphone. Tapi sayang, eksekusi Samsung terhadap Galaxy Fold ternyata berakhir bencana.

Banyak ulasan buruk pada Galaxy Fold generasi pertama lantaran terdapat berbagai masalah di dalam perangkatnya, terutama pada layarnya. Meski Samsung merilis ulang setelah melakukan perbaikan di sejumlah masalah, namun tetap saja banyak yang beranggapan bahwa Galaxy Fold bukan smartphone masa depan.

Selain karena kualitasnya yang meragukan, harga Galaxy Fold juga dianggap terlalu mahal, dan pada akhirnya perangkat besutan Samsung itu kini menjadi HP jadul yang tak layak dibeli.

Xiaomi Mi A1

HP jadul yang tak layak dibeli di akhir tahun 2019, Xiaomi Mi A1. Photo : Net/Ist.

Mi A1 merupakan smartphone pertama dari Xiaomi yang masuk dalam jajaran Android One. Perangkat tersebut bisa dibilang sebagai Pixel versi murah karena tampilan serta sistem operasi yang diusungnya. Tapi, Xiaomi Mi A1 masih punya kekurangan, yakni OS masih Android Pie.

Sementara, Google hanya menyediakan update OS melalui Android One sampai dua tahun. Mi A1 sendiri sudah mendapatkan updatenya dua tahun dengan Android Oreo serta Android Pie, namun dipastikan tidak akan mendapatkan update Android 10.

Samsung Galaxy Note 7

HP jadul yang tak layak dibeli di akhir tahun 2019, Samsung Galaxy Note 7. Photo : Net/Ist.

Selain Samsung Galaxy Fold, HP jadul yang tak layak dibeli di akhir tahun ini adalah Galaxy Note 7. Smartphone tersebut dianggap salah satu ponsel revolusioner dan juga sebagai pesaing tangguh iPhone 7 Plus milik Apple.

Namun sayang, dengan spesifikasi yang mumpuni sebagai ponsel kelas atas, serta sejumlah fitur canggih yang dimilikinya, tercoreng oleh kasus baterainya yang mudah meledak.

Samsung memang sudah menghentikan produksi Galaxy Note 7, tetapi jika ada yang menjualnya dengan harga murah, lebih baik jangan mau membelinya.

Selain berpotensi meledak, ponsel tersebut juga sudah tidak mendapatkan dukungan sistem update keamanan maupun sistem operasinya, karena Samsung sendiri sudah menghentikan semua dukungan tersebut.

Google Pixel

Google Pixel. Photo : Net/Ist.

Google Pixel generasi pertama termasuk HP jadul dan sudah tidak layak dibeli di tahun 2019. Meskipun masih mendapatkan update Android 10, tapi itu akan jadi pembaruan OS yang terakhir lantaran sejak dirilis Pixel hanya dijanjikan bakal menerima update OS selama tiga tahun.

Meski OS-nya dapat pembaruan, tetapi Pixel tidak masuk ke dalam perangkat yang dapat dipakai bermain Stadia. Dalam hal ini, Google sendiri mengumumkan bahwa, hanya tiga perangkat saja yang mendukung untuk bermain Stadia, yakni Pixel 2, 3 dan 4.

Samsung Galaxy S7

Samsung Galaxy S7. Photo : Net/Ist.

Samsung Galaxy S7 ternyata dianggap sebagai HP jadul yang tak layak dibeli di tahun ini. Masalahnya, perangkat tersebut tidak dapat update sistem operasi teranyar.

Hingga saat ini Samsung belum memberikan konfirmasi terkait kehadiaran OS Android Pie untuk Galaxy S7. Jadi, penggunanya harus menerima dengan besar hati karena sistem operasi yang digunakan Galaxy S7 hanya Android Oreo.

Dengan begitu, maka Samsung Galaxy S7 juga tak bisa menikmati skin baru, yakni One UI. Bagi penggemar Samsung, sebaiknya pilih Galaxy terbaru, selain harganya lebih murah, spesifikasinya juga terbilang mumpuni dan dapat pembaruan yang jelas pada sistem operasinya.

iPhone 6

Apple iPhone 6. Photo : Net/Ist.

Perangkat dari Apple juga masuk sebagai HP jadul yang tak layak dibeli, salah satunya iPhone 6. Ponsel ini memang masih baik kalau dipakai di tahun 2019 ini, tapi sayangnya sistem operasi pada perangkat tersebut mentok di iOS 12.

Berarti, penggunanya tidak akan dapat fitur terbaru maupun sistem keamanannya yang lebih baik lagi, seperti yang ditawarkan iOS 13. Sebagai solusinya, pengguna bisa membeli iPhone 6s yang memiliki spesifikasi lebih mumpuni dan sudah mendapatkan update sistem operasi terbaru, yakni iOS 13. Harganya pun tak jauh beda dengan iPhone 6.  

iPhone 5s

Apple iPhone 5s. Photo : Net/Ist.

iPhone 5s dari Apple juga menjadi HP jadul yang tak layak dibeli di tahun ini, karena sistem operasinya masih menggunakan iOS 12, dan dipastikan tidak akan dapat pembaruan iOS 13. Sehingga, pengguna tidak bisa menikmati beragam fitur keren dari iOS 13, seperti Sign In with Apple dan Dark Mode.

Jika kamu tak punya budget yang cukup tapi masih menginginkan ponsel dari Apple, kamu bisa pilih iPhone SE. Spesifikasi yang dimilikinya pun lebih baik dan harganya juga masih terjangkau. Perangkat tersebut juga sudah mendapatkan update iOS 13. (Eva/R3/HR-Online)

Loading...