Hujan dan Angin Kencang Rusak 42 Rumah Warga Lakbok dan Purwadadi Ciamis

angin kencang
Pohon besar yang berada di pinggir jalan Purwadadi Kabupaten Ciamis tumbang akibat disapu angin kencang yang melanda daerah tersebut pada Kamis (14/11/2019) sekitar pukul 13.30 WIB. Foto: Istimewa/BPBD Ciamis

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),– Hujan deras disertai angin kencang atau puting beliung dilaporkan melanda daerah Kecamatan Lakbok dan Purwadadi Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Kamis (14/11/2019) sekitar pukul 13.30 WIB. Akibatnya, 42 rumah warga dilaporkan mengalami kerusakan dan sejumlah pohon besar ikut bertumbangan.

Data yang diperoleh dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ciamis, bencana puting beliung di Kecamatan Purwadadi terjadi di Dusun Pasungsari.

Dari hasil pendataan BPBD di daerah tersebut terdapat 32 rumah warga yang mengalami kerusakan ringan. Rata-rata kerusakan rumah pada bagian atap atau atap rumahnya yang menggunakan asbes. Saat terjadi puting beliung, asbes yang dipasang di atap rumah berterbangan di sapu angin yang mengamuk.  

Sementara di Kecamatan Lakbok angin kencang melanda Desa Sindangangin. Di daerah tersebut dilaporkan 4 rumah warga mengalami rusak ringan dan 6 rumah warga lainnya mengalami rusak sedang. Penyebab kerusakan rumah rata-rata karena atap asbes tersapu amukan angin dan ada beberapa rumah juga yang tertimpa reruntuhan pohon.

Sejumlah pohon yang berada di pinggir jalan pun dilaporkan ada beberapa yang tumbang ke badan jalan. Beruntung dalam peristiwa bencana tersebut tidak sampai menelan korban. Hanya saja terdapat kabel listrik PLN di sejumlah titik yang putus akibat tertimpa reruntuhan pohon tumbang.

Seperti diketahui, hujan deras siang tadi mengguyur wilayah Lakbok, Purwadadi, Banjarsari, Padaherang dan Mangunjaya. Angin kencang pun melanda daerah Mangunjaya dan Padaherang. (R2/HR-Online)

Loading...