Hujan Deras Disertai Angin Kencang, 1 Rumah di Pangandaran Tertimpa Pohon Tumbang

Akibat hujan deras disertai angin kencang, satu rumah warga di Kabupaten Pangandaran, tertimpa pohon tumbang.
Akibat hujan deras disertai angin kencang, satu rumah warga di Kabupaten Pangandaran, tertimpa pohon tumbang. Photo : Enceng/HR.

Berita Pangandaran (harapanrakyat.com),- Hujan deras disertai angin kencang yang mengguyur wilayah Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, pada Sabtu pagi (02/11/2019) tadi, mengakibatkan sejumlah pohon tumbang.

Beberapa pohon yang tumbang saat hujan deras salah satunya terjadi di Dusun Cigarogol, RT.21, RW.07, Desa Bojongkondang, Kecamatan Langkaplancar, Kabupaten Pangandaran, Bahkan, di daerah tersebut satu rumah warga tertimpa pohon hingga merusak bagian atapnya.

Menurut Burhanudin, salah seorang tokoh pemuda setempat, bahwa bagian atap rumah milik nenek Jaemah (75), mengalami kerusakan akibat tertimpa pohon jengkol yang tumbang.

“Kejadiannya tadi pagi sekitar jam 8.15 WIB. Satu pohon jengkol tumbang dan merusak bagian atap rumah yang terbuat dari asbes. Pohon tersebut ambruk karena tanahnya yang labil setelah kemarau panjang. Meski tidak menimbulkan luka, namun kejadian itu membuat nenek Jaemah panik dan langsung menangis karena kaget,” tuturnya, kepada HR Online.

Menurut Burhanudin, sebenarnya saat kejadian tidak ada angin kencang. Pohon yang tumbang itu diduga akibat tanahnya yang labil setelah berbulan-bulan kekeringan, dan sekarang langsung diguyur hujan.

“Akibat peristiwa tersebut, warga setempat langsung menolong nenek Jaemah ke tempat yang lebih aman, dan mengevakuasi pohon yang tumbang menimpa rumahnya dengan menggunakan senso serta alat seadanya,” terangnya.

Burhanudin juga mengimbau agar masyarakat berhati-hati, apalagi bagi yang rumahnya berdekatan dengan pohon. Karena, biasanya ketika baru masuk musim penghujan, kondisi tanah yang labil sehingga gampang longsor. Terlebih jika dibarengi dengan angin kencang.

“Intinya kita harus meningkatkan kewaspadaan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak kita harapkan,” pungkasnya. (Cenk/R3/HR-Online)