Hujan Deras, Tebing di Desa Purwasari Ciamis Longsor

Desa Purwasari
Tebing longsor di Desa Purwasari, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis.. Foto: Dok Pemdes Purwasari.

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),– Hujan deras yang terjadi di Desa Purwasari, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat mengakibatkan, tebing di blok Pepetek longsor pada Kamis (21/11/2019) malam.

Gunawan, kepala Desa Purwasari, mengatakan, hujan deras pada malam Jum’at tersebut terjadi cukup lama.

“Karena hujan lebat yang cukup lama itu, tanah di Blok Pepetak yang kondisinya labil dan sudah retak akhirnya ambruk,” ungkap Gunawan saat dihubungi HR Online, Jum’at (22/11/2019).

Menurut Gunawan, kondisi tanah yang labil dan retak tersebut, ketika terguyur air hujan yang intensitasnya cukup besar dan lama, membuat tebing longsor. Padahal tebing tersebut sudah dibangun lengkap dengan Tembok Penahan Tebing.

“Apalagi di atas tebing ada saluran airnya, makanya ambruk dan material tanah longsor menutupi areal pertanian,” lanjutnya.

Gunawan mengaku belum menghitung secara pasti kerugian yang diderita, namun dia memperkirakan Pemerintah Desa mengalami kerugian sekitar Rp 15 juta.

“Kami dari pihak Pemerintah Desa sudah menyampaikan laporan atas kejadian tersebut. Mudah-mudahan saja dalam waktu yang dekat Dinas terkait atau pihak Pemerintah Kabupaten dapat secepatnya memberikan bantuan untuk perbaikan tebing,” katanya.

Gunawan berharap pada masa tanam yang akan datang, Tembok Penahan Tebing sudah dibangun kembali.

“Kalau belum dibangun TPT (Tembok Penahan Tebing), saluran irigasi tidak akan berfungsi. Alhasil pada masa tanam para petani tidak bisa bercocok tanam,” pungkas Gunawan. (Edji/R7/HR-Online)

Loading...