Ikan Berwajah Manusia Ditemukan di China, Begini Penjelasan Ilmuwan

Ikan Berwajah Manusia
Penampakan Ikan Berwajah Manusia. Foto: Istimewa

China belum lama ini dihebohkan dengan penampakan ikan berwajah manusia. Penemuan ini diungkap melalui sebuah video yang langsung viral di jagat maya.

Dalam video yang direkam oleh seorang turis tersebut, terlihat jelas ada seekor ikan di permukaan air. Jika diperhatikan, bagian wajahnya mirip dengan wajah manusia.

Video tersebut pun langsung menjadi bahan perbincangan publik, tak hanya warga di China saja, akan tetapi telah mendunia. Tak mengherankan karena penampakan ikan ini memang tak biasa.

Video ini sendiri diunggah oleh akun Twitter, @Unexpected, pada 9 November 2019. Sejak pertama kali diunggah, video ini sudah mendapatkan jumlah tayangan lebih dari 500 ribu dengan 18 ribu likes.

Ikan Berwajah Manusia

Seorang turis yang tak diungkap siapa namanya tengah jalan-jalan sore di sekitar tepian danau Desa Miao, Kota Kunming, Yunnan, China Selatan.

Saat melihat hamparan danau, sang turis merasa dikagetkan dengan penampakan ikan yang diduga mirip wajah manusia.

Merasa tak yakin dengan penampakan ikan berwajah manusia tersebut, sang turis langsung mengabadikannya. Lewat rekaman video, ikan tersebut tampak memiliki dua mata, hidung, dan mulut seperti manusia.

Dari rekaman ini, terdengar pula keheranan seorang wanita terkait penemuan ikan tersebut. Video yang diambil ini sendiri memiliki durasi 30 detik.

Setelah mengetahui penampakan ikan yang tak lazim ini, mungkin saja ada yang menganggap bahwa ikan tersebut adalah manusia yang dikutuk sebagaimana legenda yang sering didengar.

Namun, anggapan tersebut salah. Penemuan ikan yang satu ini bisa dijelaskan oleh ahli. Selain itu, seorang pria asal Inggris yang diketahui bernama Brenda O’Sullivan juga ikut menanggapinya.

Terkait video ikan berwajah manusia yang lagi viral tersebut, Brenda O’Sullivan mengaku pernah mempunyai ikan mas dengan corak yang sama.

Brenda mengatakan bahwa sebenarnya ikan yang ada di dalam video tersebut hanyalah ikan mas biasa. Ikan ini memiliki corak hitam di bagian kepalanya sehingga sekilas mirip dengan wajah manusia.

Menanggapi hal tersebut, ada warganet yang membantahnya. Perdebatan mengenai wajah ikan ini pun masih berlanjut.

Dibalik perdebatan tersebut, ada juga warganet yang mempertanyakan apakah ikan ini masih hidup atau tidak karena dimangsa predator.

Bahkan ada juga yang mengaku merasa ketakutan karena penampakannya juga mirip dengan alien. Voldemort pun tak luput dari ungkapan warganet. Untuk diketahui, Voldemort adalah tokoh seram yang ada di film Harry Potter.

Penjelasan Ilmuwan Terkait Ikan Berwajah Manusia

Video viral yang memperlihatkan penampakan ikan yang mirip wajah manusia bisa dijelaskan secara ilmiah oleh para ilmuwan.

Diketahui bahwa ikan ini mempunyai nama ilmiah Cyprinus Carpio. Jenis ikan ini memiliki warna dan bentuk tubuh yang beragam.

Para ilmuwan menganggap bahwa kemiripan kepala ikan dengan wajah manusia dikarenakan teksturnya. Selain itu, hal lain yang mempengaruhinya yaitu kecenderungan manusia yang mudah mengkait-kaitkan sesuatu.

Kecenderungan ini seringkali disebut dengan istilah antropomorfisme. Dengan demikian, semua yang dilihat hanya disimpulkan tanpa pertimbangan ataupun penelitian lebih lanjut.

Selain antropomorfisme, penemuan ikan berwajah manusia ini juga dikait-kaitkan dengan fenomena pareidolia. Dimana pareidolia adalah fenomena psikologi yang membuat otak menginterpretasikan penampakan suatu benda seperti mirip wajah manusia.

Fenomena ini seringkali dialami oleh perempuan, kelompok religius, dan orang yang cenderung memiliki mood negatif. Selain pada makhluk hidup, fenomena ini juga bisa muncul pada benda mati.

Tak berhenti di situ saja, ada juga yang berpendapat bahwa ikan ini termasuk ghost koi carp fish. Prediksi ini sebagaimana yang diungkapkan oleh akun Twitter, @semestasains.

Hanya saja, hingga kini belum ada informasi lebih lanjut mengenai kepastian jenis ikan yang terekam dalam video viral tersebut.

Selain ikan berwajah manusia di China, penemuan serupa juga pernah terjadi di sekitar Tsuruola City, Prefektur Yamagata, Jepang.

Penemuan ikan pada April 2019 tersebut menunjukkan bahwa ikan yang diduga satu jenis ini memang memiliki fitur yang tak biasa.

Penampakannya yang mirip manusia bisa dilihat secara jelas apabila memperhatikan gambarnya dari dekat. Sama halnya ikan di China, penemuan ikan ini juga viral.

Penemuan ikan berwajah manusia memang tak biasa. Maka tak heran jika fenomena ini mampu mencuri perhatian dunia. (R10/HR-Online)

Loading...