Ikan Koi Tertua Hanako Bisa Hidup Selama 2 Abad, Hasil Penelitian Ungkap Rahasianya

ikan koi tertua Hanako
Ikan koi. Foto: Istimewa

Ikan koi tertua Hanako diketahui bisa hidup 4 kali lebih lama jika dibandingkan dengan ikan koi normal. Hewan ini dipercaya mampu bertahan hidup selama 226 tahun.

Dikarenakan lama hidupnya sampai 2 abad lebih, ikan koi Hanako ini disebut sebagai koi dengan umur terpanjang di dunia.

Mengenai penamaannya, kata Hanako diambil dari bahasa Jepang yang artinya gadis bunga. Hanako lahir pada 1751 dan mati pada tahun 1977.

Sebagian orang mungkin menyebut fakta Hanako ini terkesan aneh. Namun hal tersebut benar adanya berdasarkan kisah turun temurun di Jepang.

Ikan Koi Tertua Hanako

Hanako memiliki bobot 7,5 kg dengan panjang sekitar 70 cm. Ikan koi pada umumnya bisa hidup sekitar 40-70 tahun lamanya. Maka tak heran jika Hanako dianggap istimewa.

Hanako didapat Jepang sekitar tahun 1751 saat mengambil alih panen koi dari China. Pada musim hujan pertama Horeki tersebut, Jepang mendapatkan ratusan ikan yang disebutnya Hanako.

Ratusan ikan koi tersebut dimiliki oleh klan Koshihara dari era Tokugawa. Namun pada 1966 hanya tersisa satu ikan koi yang hidup dan menjadi milik Dr. Komei Koshihara.

Ikan koi tertua Hanako ini dipelihara di kolam khusus dekat lereng gunung yang ada di kawasan Oppara, Desa Higashi-Shirakawa, Kamo, Prefektur Niigata, Jepang.

Kolam khusus tersebut dipadukan dengan jurang buatan agar ikan koi Hanako bisa nyaman menempatinya. Dengan kolam tersebut, Hanako bisa bergerak secara leluasa.

Selama hidup, ikan koi Hanako telah melewati berbagai peristiwa dunia. Mulai dari Revolusi Prancis 1789, Perang Dunia I dan II, hingga pendaratan Neil Amstrong di bulan pada tahun 1969.

Tak hanya itu, ikan koi Hanako juga hidup saat terjadinya pembentukan Amerika Serikat, Perang Vietnam, serta penemuan listrik dan mobil.

Berkat umurnya yang panjang, Hanako diwariskan secara turun temurun oleh pemiliknya. Bahkan ikan koi tertua Hanako ini dianggap seperti harta keluarga yang berharga.

Disamping itu, kematian ikan koi Hanako juga mampu mencuri perhatian. Hal ini dikarenakan Hanako mati pada tanggal 7 Juli 1977 (7/7/77). Tanggal kematiannya sama cantiknya dengan namanya.

Terkait umurnya yang panjang, ada seorang profesor yang tertarik untuk meneliti ikan koi Hanako. Diketahui bahwa profesor tersebut adalah Masayoshi Hiro, profesor dari Nagoya Jepang.

Penelitian Terhadap Ikan Koi Tertua Hanako

Profesor Masayoshi Hiro yang berasal dari Laboratorium Ilmu Hewan, Nagoya Women’s College meneliti pola cincin pertumbuhan pada Hanako.

Pola cincin pertumbuhan akan lebih luas saat musim panas. Hal ini dikarenakan ikan akan lebih banyak makan sehingga cepat tumbuh. Berbeda dengan musim dingin yang mampu menghambat pertumbuhan ikan.

Dalam meneliti pola cincin pertumbuhan, profesor mengambil dua sisik menggunakan pinset. Pengambilannya terbilang sulit sehingga membutuhkan perjuangan yang lebih ekstra.

Kemudian skala sisik ikan tersebut dianalisis selama 2 bulan. Pola cincin pertumbuhan yang dikenal dengan sebutan annuli ini bisa membuktikan bahwa umur Hanako tak kurang dari 215 tahun.

Sekilas analisis yang dilakukan profesor Masayoshi Hiro mirip dengan analisis usia pohon. Seperti yang diketahui, usia pohon bisa diketahui dari diameter cincin yang ada di kulit atau batangnya.

Umur Hanako ini pun bisa dihitung dari jumlah annuli yang ditemukan di sampel sisiknya. Kala itu, fakta penelitian terkait umur panjang ikan koi tertua Hanako sangat mengejutkan Dr. Koshihara dan Profesor Hiro.

Dalam meneliti Hanako, profesor Masayoshi Hiro memanfaatkan mikroskop cahaya. Dari penelitian yang dilakukan, profesor Masayoshi Hiro mampu mengungkap rahasia dibalik umur panjang Hanako.

Adapun alasannya karena faktor lingkungan. Tempat hidup Hanako memiliki kondisi lingkungan yang tenang dengan mata air Yuyueshan yang jernih dan murni karena berasal dari lereng pegunungan.

Untuk memperkuat hasil penelitiannya, profesor Masayoshi Hiro juga mengamati 5 ikan koi lainnya yang juga hidup di kolam khusus yang sama.

Diketahui bahwa sebagian ikan koi memiliki umur tak kurang dari 1 abad. Bahkan umur salah satu ikannya bisa mencapai 170 tahun.

Selain kondisi lingkungan, ikan koi Hanako bisa hidup panjang umur juga karena mendapatkan perawatan yang khusus dari pemiliknya.

Ikan koi tertua Hanako termasuk salah satu ikan unik yang wajib diketahui oleh para pecinta ikan, terutama bagi anda yang menyukai koi. (R10/HR-Online)

Loading...