Iklan di Chrome Mengganggu, Ini Solusi Mengusirnya

Iklan di Chrome Mengganggu
Salahsatu iklan di Chrome berupa pop-up ads yang biasanya disusupi malware atau virus. Foto : net/ist

Iklan di Chrome yang berseliweran tentu sangat mengganggu bak polusi. Terlebih jumlah iklan yang terbit atau seliweran ini jumlahnya tidak sedikit. Sehingga selain menyebalkan juga bisa membuat komputer menjadi berat.

Memang iklan yang tayang di browser Chrome tidak lah melanggar, karena ada benefit dari si pemasang iklan. Hanya saja, masalahnya adalah jika jumlahnya tidak sedikit dan bisa memberatkan komputer. Selain itu, gambar dari iklan tersebut tidak sedap dipandang mata.

Banyaknya iklan yang dipasang di browser besutan Google ini dikarenakan, Chrome saat ini menjadi yang terbanyak dipakai di dunia untuk berselancar di dunia maya. Sehingga tidak salah jika banyak iklan di Chrome.

Namun jangan khawatir jika Anda pengguna setia Chrome, ada solusinya untuk ‘mengsurir’ iklan yang berseliweran tersebut. Berikut ini caranya yang HR Online rangkum dari berbagai sumber.

Solusi Mengusir Iklan di Chrome

1 Memakai Plug-In

Sama seperti browser lainnya, Google Chrome juga mempunyai plug-in bawaan. Plug-in atau extension yang ada Chrome ini tidak sedikit, dan fungsinya pun beragam salahsatunya adalah bisa menghilangkan iklan.

Extension yang mempunyai fungsi sebagai pengusir iklan di Chrome ini yaitu adblock. Cara untuk memasang plug-in ini adalah dengan mengunjungi Web Store dan mengetik “adblock” di kolom pencarian browser tersebut.

Ciri dari adblock ini adalah memiliki lambang logo tangan dengan latar segi delapan serta warnanya merah di bagian belakangnya. Setelah itu, di pojok kanan sebelah atas, klik”Add to Chrome”.

Ekstensi adblock bisa dikatakan termudah dan diklaim piham pengembang terbanyak dipakai pada browser besutan Google, sebagai pengusir iklan di Chrome.

Setelah memasang ekstensi tersebut, maka bisa dipastikan Anda bisa berselancar menggunakan Chrome dengan bebas tidak ada gangguan iklan yang berseliweran serta mengganggu.

Pada adblock ini memakai daftar filter yang tidak sedikit guna memblokir konten iklan secara otomatis.

Bukan hanya itu, pengguna plug-in untuk menghilangkan iklan di Chrome juga bebas menambah list yang mau diblokir, atau yang tidak mau diblokir dengan otomatis.

Untuk pengguna pemula tidak perlu khawatir, pasalnya pada adBlock ini ada kontrol panel yang sangat mudah dijalankan.

2. Memanfaatkan Fitur Reader View

Fitur yang biasanya terdapat di beberapa browser ini, termasuk di Google Chrome, memiliki fungsi untuk memberikan kenyamanan penggunanya, diantaranya tulisan di browser menjadi besar, serta menata spasi.

Selain itu, fitur Reader View juga bisa mengusir iklan di Chrome. Jadi bisa dikatakan hampir mirip dengan ekstensi atau plug-in adblocker.

Namun website tersebut hanya untuk yang memang tidak dikhususkan untuk merilis artikel atau tidak fokus untuk membaca. Jadi hanya bisa dipakai di YouTube atau sejenisnya.

Solusi Lainnya

3. Uninstal Sofware yang Dicurigai

Iklan di Chrome bukan hanya berasal dari pemasang iklan resmi, namun bisa saja dari orang jahil yang memang sengaja memasangnya. Biasanya dalam iklan tersebut dengan dimasukkan malware atau virus yang disebut pop-up ads ini bertujuan jahat.

Tentunya kehadiran iklan pop-up ads ini sangat merugikan ketimbang iklan biasa. Pasalnya, iklan tersebut bukan hanya akan muncuk di browser, namun bisa saja “menetap” di komputer Anda.

Solusi paling mudah mengusir iklan di Chrome jenis ini yaitu dengan memakai anti virus yang terpercaya dan terupdate, atau bisa juga dengan uninstal.

Untuk menguninstal iklan tersebut, caranya terlebih dulu masuk ke kontrol panel. Kemudian, memilih opsi uninstall program, yang nantinya pada komputer, Anda akan melihat kumpulan software.

Saat akan menguninstal software, sebaiknya perhatikan mana saja yang Anda curigai sebagai malware atau virus dengan mengingat apakah aplikasi tersebut pernah Anda pasang atau tidak.

Jika ada software yang dicurigai karena tidak pernah Anda pasang atau instal, maka segera uninstal program tersebut. Sehingga nantinya iklan di Chrome yang merupakan pop-up ads ini tidak akan muncul kembali di komputer Anda. (Adi/R5/HR-Online)

Loading...