Ikuti Saran BPJS Kesehatan, RSUD Ciamis Terpaksa Ngutang ke Bank

RSUD Hutang ke Bank
Ilustrasi. Foto: Net/Ist

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- BPJS Kesehatan sampai saat ini masih ngutang ke pihak RSUD Ciamis sebesar Rp 30 miliar. Akibatnya, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ciamis terpaksa harus hutang ke bank untuk menutupi berbagai kebutuhan dan operasional rumah sakit.

Wakil Bupati Ciamis, Yana D. Putra, Senin (11/11/2019), membenarkan langkah yang diambil RSUD Ciamis hutang ke bank untuk mengatasi masalah keuangan. Menurutnya, Pemerintah Daerah Ciamis menjadi korban kebijakan BPJS, karena menunggak pembayaran kepada RSUD Ciamis sebesar Rp. 30 miliar.

Yana menuturkan, untuk menutupi berbagai kebutuhan, RSUD Ciamis terpaksa akan mengambil hutang ke bank. Hal tersebut dilakukan demi kelancaran pelayanan terhadap pasien.

“Intinya kebutuhan rumah sakit harus tetap terpenuhi. Solusinya sesuai arahan BPJS, kita akan segera pinjam ke bank. Obat kan harus dibeli, pasien harus makan, pegawai harus digaji,” katanya.

Lebih lanjut, Yana mengungkapkan, saat ini Pemda Ciamis sedang melakukan mempersiapkan berkas administrasi yang menjadi syarat pinjaman kepada bank.

“Berkas-berkas sedang dipersiapkan, kaitan bank mana, kita akan cari yang persyaratannya mudah dan bunganya rendah,” jelasnya.

Yana menegaskan, apabila tindakan pinjaman ke bank tidak segera dilakukan, maka rumah sakit Ciamis bisa kolap. Menurutnya, kondisi seperti ini tidak hanya terjadi di RSUD Ciamis, tapi banyak RSUD lain yang mengalami hal sama.

“Solusi terbaik sedang kita upayakan, agar pelayanan terhadap masyarakat tetap berjalan lancar,” ucapnya.

Di tempat terpisah, Kepala Kantor Cabang BPJS Kesehatan Kota Banjar, Jayadi mengakui, BPJS Kesehatan mempunyai utang ke RSUD Ciamis miliaran rupiah. Pihaknya pun sudah berkomunikasi, dan menyarankan agar RSUD Ciamis meminjam dulu uang ke bank untuk memenuhi kebutuhan.

“Kita sudah sarankan agar pihak RSUD Ciamis untuk menggunakan Supply Chain Financing (SCF) atau pinjaman ke Bank. Nanti kaitan untuk bunga pinjamannya, pihak BPJS yang akan membayar,” ucapnya.

Dia menyebutkan, rumah sakit yang lain telah melakukan pinjaman atau menggunakan bantuan SCF terlebih dahulu.

“SCF merupakan jalan alternatif untuk menutupi masalah RSUD Ciamis akibat tunggakan BPJS Kesehatan,” katanya.¬† (Jujang/Koran HR)

Loading...