Jelang Libur Akhir Tahun, BKSDA Lakukan Penataan Cagar Alam Pangandaran

Penataan Cagar Alam Pangandaran
Sejumlah pengunjung Cagar Alam Pangandaran sedang mengambil foto rusa. Foto: Entang/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),– Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Resort Pangandaran sedang melakukan penataan Cagar Alam Pangandaran dalam rangka menyambut libur panjang akhir tahun 2019.

“Ya Cagar Alam cukup luas, untuk itu tak ada salahnya kita berbenah jauh-jauh hari agar pada waktunya nanti kita tidak terlalu repot,” ujar Kepala BKSDA Pangandaran, Uking Iskandar kepada HR Online, Jum’at (8/11/2019).

Menurut Uking, penataan Cagar Alam Pangandaran yang dilakukan BKSDA diantaranya membenahi petunjuk arah, membenahi jalan-jalan di sekitar Cagar Alam, membenahi goa-goa yang biasa dikunjungi para wisatawan serta tempat lainnya yang berada di kawasan Cagar Alam ini.

“Selain itu dalam rangka penataan satwa yang dilindungi di Cagar Alam ini, kami juga mendata jumlahnya dan salah satunya itu rusa,” kata Uking.

Uking menuturkan, saat ini populasi salah satu hewan yang dilindungi tersebut dipastikan bertambah. Hal itu terlihat dari banyaknya rusa yang tergolong masih bayi.

“Mulai minggu depan kita akan mencoba untuk menghitung rusa-rusa di Cagar Alam ini, ya tentunya caranya dengan diberi tanda agar kita tidak kesulitan saat menghitung,” terang Uking.

Baca Juga: Pagar Pembatas Jebol, Rusa Cagar Alam Pangandaran Jalan-jalan ke Permukiman Warga

Sementara itu, dari pantauan HR Online, saat ini Cagar Alam Pangandaran masih sepi pengunjung. Hanya terlihat beberapa wisatawan yang berkunjung.

Hal tersebut juga diakui oleh Uking. Dia menambahkan, memang belum ada penambahan siginifikan terkait jumlah kunjungan ke Cagar Alam tersebut.

“Namun, kalau nanti libur akhir tahun pada bulan Desember, yang dilanjutkan tahun baru biasanya kunjungan wisatawan ke Cagar Alam juga meningkat seiring banyaknya orang berwisata, karena itu kami berusaha menatanya dari sekarang,” pungkasnya. (Entang/R7/HR-Online) 

Loading...