Jembatan Penghubung Antar Desa di Ciamis Ambruk

Jembatan Penghubung Antar Desa di Ciamis Ambruk
Jembatan kali Roma yang terletak di Dusun Tanjung, Desa Tanjungsari, Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, ambruk, Minggu (17/11/2019). Foto : Suherman/HR

Berita Ciamis (harapanrakyat.com),- Jembatan kali Roma yang berada di Dusun Tanjung, Desa Tanjungsari, Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, ambruk, Minggu (17/11/2019). Akibatnya, akses masyarakat di dua desa kini menjadi terhambat.

Sumber informasi HR di lapangan, jembatan kali Roma yang menghubungkan antara Desa Tanjungsari dengan Desa Pasawahan ini, ambruk akibat kerangka jembatan yang sudah keropos akibat lapuk di makan usia. 

FK Tagana Kecamatan Banjaranyar, Deni Permana, didampingi FK Tagana Kecamatan Pamarican, Baehaqi Efendi kepada HR Online mengatakan, jembatan kali Roma yang membentang sepanjang enam meter ini tiba-tiba ambruk.

“Ambruknya tadi siang. Meski tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, namun akses kedua wilayah kini jadi terganggu. Saat ini jalur penghubung antar desa ini terpaksa kita tutup demi menjaga hal yang tidak diharapkan,” katanya.

Jembatan kali Roma yang terletak di Dusun Tanjung, Desa Tanjungsari, Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, ambruk, Minggu (17/11/2019). Foto : Suherman/HR

Sementara itu, Kepala Desa Tanjungsari, Usman kepada wartawan mengatakan, pihaknya kini berharap agar Pemerintah Kabupaten Ciamis, bisa memberikan bantuan perbaikan jembatan yang ambruk, demi pulihnya perekonomian di dua wilayah.

“Karena jembatannya ambruk, maka akses warga di desa kami maupun desa pasawahan. Terutama di Dusun Tanjung dan Dusun Mekarsari kini jadi terhambat,” ucapnya.

Bahkan, lanjutnya, anak-anak sekolah juga terpaksa harus memutar arah untuk menuju kampus mereka. Oleh karena itu, kami dari pemerintahan desa mengharap sepenuhnya, agar Pemerintah Kabupaten Ciamis bisa segera menurunkan bantuan perbaikan jembatan.

“Supaya akses anak sekolah maupun perekonomian warga kami bisa segera pulih,” katanya.

Usmana menuturkan, bahwa jembatan kali Roma merupakan sebuah jembatan yang dibangun pada zaman penjajahan Belanda. Jadi, usianya sudah puluhan tahun, sehingga semua kontruksi jembatan tidak kuat lagi untuk menahan beban. 

Akibat ambruknya jembatan kali Roma tersebut, membuat semua kendaraan baik roda dua apalagi roda empat, kini tidak bisa melewati akses jembatan kali Roma tersebut. (Suherman/R5/HR-Online)

Loading...