Jenis Cabai Paling Populer di Indonesia

Jenis Cabai Paling Populer di Indonesia

Berita Sains, (harapanrakyat.com),- Jenis cabai paling populer. Cabai merupakan salah satu sayuran yang fenomenal di Indonesia. Jika sedang langka, harga cabai yang semakin melejit di pasaran.

Di Indonesia cabai dimanfaatkan sebagai campuran bumbu dalam mengolah berbagai jenis masakan dan berbagi pengobatan tertentu.

Kadar capsaicin yang dimilikinya juga menentukan tingkat kepedasannya dari masing-masing jenis cabai.

Berikut beberapa jenis cabai paling populer.

Cabai Hijau

Cabai hijau memilki dua jenis cabai, yaitu cabai hijau besar dan cabai hijau kecil. Cabai besar merupakan cabai merah besar yang belum matang atau belum waktunya memanen.

Sedangkan cabai hijau kecil, sejenis cabai keriting yang belum matang. Cabai hijau kecil ini kebanyakan digunakan sebagai bahan dasar pembuatan sambal ijo yang banyak digemari oleh masyarakat.

Cabai Gendot

Cabai gendot merupakan salah satu jenis cabai paling populer di Indonesia. Banyak oarang yang mengatakan bahwa cabai ini adalah cabai yang memiliki tingkat kepedasan paling tinggi dibandingkan jenis cabai lainnya.

Selain itu, cabai gendot juga termasuk cabai yang memiliki daya tahan paling lama ketika Anda menyimpannya, sehingga tidak akan cepat membusuk dan kering.

Cabai Rawit

Cabai ini memilki ukuran yang sangat kecil dibandingkan dengan ukuran cabai lainnya. Meskipun begitu, citarasa pedas yang dimilikinya tidak ada tandingannya.

Cabai rawit banyak digunakan sebagai bahan utama dalam mengolah berbagai jenis masakan di Indonesia, karena pedasnya yang sangat menantang.

Paprika

Paprika adalah salah satu jenis cabai yang memilki ukuran yang cukup besar dan memiliki tiga jenis warna yaitu, merah, kuning dan hijau.

Cita rasa yang dimilikinya pun juga tidak terlalu pedas, sehingga cocok dikonsumsi bagi Anda yang tidak terlalu suka pedas. Selain itu, paprika juga banyak mengandung vitamin C yang baik untuk kesehatan tubuh.

Cabai Merah

Cabai merah merupakan jenis sayur yang sering dimanfaatkan untuk memasak. Memiliki ukuran yang cukup besar dan tingkat kepedasan yang pas.

Cabai ini juga sering digunakan sebagai bahan pengganti pewarna makanan yang mengandung kimia.

Perlu diketahui juga cabai merah ini memiliki dua jenis cabai yaitu cabai merah dan cabai keriting yang rasanya lebih pedas.

Cabai Jalapeno

Bagi Anda yang sangat menyukai pedas, patut untuk mencoba cabai jenis cabai jalapeno bewarna hijau tua ini. Sebab, ia memilki tingkat kepedasan mencapi 8.000 dalam skala Scoville.

Selain itu, cabai ini memiliki kandungan vitamin C dan A yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Diantaranya yaitu dapat melawan radikal bebas, menjaga kesehatan mata dan mampu menjaga perkembangan sel pada tubuh.

Itulah deretan jenis cabai paling populer yang dapat menjadi pilihan Anda dalam mengolah menu masakan dengan sensasi guruh manis yang menggugah selera nafsu makan And. Dan pastinya akan lebih menambah rasa nikmat pada makanan. (Deni/R4/HR-Online)

Loading...