Minggu, Desember 5, 2021
BerandaArtikelJangan Salah Beli, Ini Jenis Lipstik yang Sesuai Kondisi Bibir

Jangan Salah Beli, Ini Jenis Lipstik yang Sesuai Kondisi Bibir

Perempuan pasti tahu ada banyak ragam jenis lipstik. Ada baiknya Anda kenali lipstik-lipstik tersebut untuk menyesuaikan dengan kondisi bibir.

Membeli lipstick tentu tak bisa asal-asalan. Salah beli, bisa jadi Anda uring-uringan lantaran warnanya tidak cocok atau malah membuat bibir Anda berminyak seperti habis makan gorengan.

Nah, agar tak salah pilih lipstick, simak penjelasan beragam lipstik dan fungsinya berikut ini:  

Jenis Lipstik untuk Bibir Kering dan Pecah-pecah

Bibir kering dan pecah-pecah membuat penampilan Anda kurang menarik. Ada baiknya Anda mengaplikasikan jenis lisptik berikut ini untuk mengatasinya:

Lipstik Satin

Bagi Anda yang punya masalah bibir kering ditambah pecah-pecah lipstik satin cocok dengan kondisi bibir. Lipstik satin mampu melembapkan dan menyehatkan bibir. Selain itu, penggunaan lipstik satin membuat bibir berkilau. Ini cocok untuk menjauhkan kesan bibir kering.

Lipstik satin mengandung pelembap. Sedikit tips bagi Anda yang memilih jenis lipstik ini, saat Anda melihatnya dalam kemasan warnanya akan lebih gelap, namun akan berbeda saat Anda mengoleskannya di bibir.

Selain mengandung pelembap, lipstik satin juga memiliki kandungan minyak tinggi. Karena itu jangan heran kalau lipstik satin mudah terhapus. Apalagi jika Anda makan dan minum, jenis lipstik ini mudah hilang di bibir Anda.

Solusinya, Anda harus rajin mengoleskan lipstik kembali jika selesai makan. Jika lipstik terhapus di bibir Anda segeralah oles kembali.

Sheer Lipstick

Jika Anda tahu lip balm, maka sheer lipstick ini memiliki fungsi seperti halnya lipstick satin. Teksturnya cukup lembut dan mampu melembapkan, juga dapat menyehatkan bibir kering Anda.

Perbedaannya dengan lipstick satin, jenis lipstik yang satu ini tak bisa menutupi warna bibir. Sheer lipstick ini hanya bisa menyamarkan dan memulaskan sedikit rona, sama halnya seperti lip balm yang hanya berfungsi melembapkan tanpa memberi warna pada bibir.

Solusinya Anda bisa mengkombinasikan penggunaan sheer lipstick dengan lipstick matte yang lebih tahan lama. Namun, jika ingin memberi kesan natural, maka sheer lipstick saja sudah cukup tak perlu menambahkannya dengan lipstik lain.

Lipstik untuk Bibir Normal

Berbeda dengan bibir kering, bibir normal cenderung lebih mudah untuk mengaplikasikan jenis lipstik apapun. Berikut penjelasannya.

Lipstik Matte

Salah satu ciri lipstick matte adalah warnanya tidak mudah dihapuskan. Lipstik ini kering dan mudah lengket pada bibir. Karena sifatnya ini, lipstick ini tahan lama saat digunakan.

Lipstik matte banyak yang berbentuk cair, tentu lebih mudah saat dioleskan ke bibir. Hanya saja, karena sifatnya kering, jenis lipstik ini menyebabkan bibir kering. Karena itu lipstick matte tidak disarankan untuk bibir kering.

Selain itu, kelemahan lipstick ini, saat diaplikasikan pada bibir, lama kelamaan akan terlihat garis-garis bibir yang nampak jelas.

Solusinya, Anda bisa memoleskan lip balm terlebih dahulu sebelum memoles lipstick matte. Anda juga bisa mencari jenis lipstick matte yang memiliki pelembab agar sesuai dengan kondisi bibir kering.

Warna jenis lipstik matte yang gelap juga menimbulkan efek bibir terlihat kecil. Karena itu pilih warna yang tepat ya, Girls!

Lipstik yang Menampilkan Efek Basah

Bagi Anda yang suka bibir terlihat basah, lipstick berikut cocok jadi pilihan Anda.

Glossy Lipstick

Anda ingin tampil dengan bibir penuh dan padat tapi terlihat segar? Glossy lipstick merupakan pilihan tepat. Warnananya akan tampak kemilau, sehingga bibir Anda pun terlihat merona segar.

Hanya saja, jika kulit wajah Anda berminyak, pemakaian glossy lipstick ini akan membuat bibir terlihat seperti habis makan gorengan.

Bagi yang memiliki bibir kering, jenis lipstik juga bisa jadi pilihan tepat. Hanya saja kandungan pelembapnya tidak setinggi lipstick satin, karena itu oleskan lip balm terlebih dahulu ya.

Creamy Lipstick

Anda juga bisa menggunakan Creamy lipstick untuk menimbulkan efek bibir basah yang sexy. Tekstur jenis lipstik ini akan sangat nyaman di bibir. Selain itu warnanya pun cukup instens.

Tips bagi Anda yang ingin memaksimalkan creamy lipstick, cobalah memulasnya pada bibir dengan memakai kuas, sebelumnya pulas dulu dengan lip liner yang senada.

Nah, jika Anda ingin terlihat seperti memakai lipstick matte, setelah memulas lipstick ini, tempelkan tisu pada bibir lalu tekan dengan pelan.

Selain Lipstik Matte, Jenis Lipstik Ini Juga Tahan Lama

Jika Anda menyangka hanya liptik matte yang bisa tahan lama, Anda perlu mencoba menggunakan lip tint. Perbedaannya, jika lipstik lain mengandung lilin, maka lip tint bebas dari kandungan lilin.

Bentuknya seperti hanya lip balm, hanya saja jika lip balm berfungsi melembabkan, maka lip tint itu sebaliknya membuat bibir mudah kering.

Namun, sebelum memolas lip tint, Anda disarankan untuk memulas bibir Anda dengan lip balm, agar bibir tidak terlihat kering. Kelebihannya lip tint ini warnanya tahan lama sehingga menjadi favorit banyak orang.

Itulah jenis lipstik yang disesuaikan dengan kondisi bibir. Teliti terlebih dahulu sebelum Anda tergoda lipstick keluaran terbaru. Bisa jadi bahannya tidak sesuai dengan kebutuhan bibir Anda. (Ndu/R7/HR-Online)

- Advertisment -