Jenis Pisang di Dunia dengan Ciri Khas Masing-masing

Jenis Pisang di Dunia dengan Ciri Khas Masing-masing

Berita Kuliner, (harapanrakyat.com),- Terdapat banyak sekali jenis pisang di dunia dengan ciri khas berbeda-beda. Pisang sendiri merupakan salah satu jenis buah yang banyak dikonsumsi.

Tidak hanya orang Indonesia, tapi juga masyarakat di seluruh dunia. Buah pisang adalah buah yang cukup populer di dunia, terutama di wilayah Asia Tenggara. Pisang dapat dimakan langsung atau diolah menjadi berbagai jenis makanan.

Berikut ini adalah jenis pisang yang memiliki rasa yang lezat, dan bisa Anda nikmati ketika Anda berada di Indonesia.

Pisang Raja

Orang luar menyebut pisang raja dengan sebutan plantain atau jenis pisang olahan. Pisang raja merupakan salah satu jenis pisang yang populer di Indonesia.

Orang Malaysia menyebut pisang raja dengan sebutan pisang rastali. Di Filipina, pisang raja disebut sebagai pisang latundan. Sedangkan orang Thailand, biasa menyebut pisang raja dengan sebutan kluai nam.

Pisang raja memiliki ciri khas, yaitu warna kuning ke oranye. Memiliki rasa seperti custard, rasa madu dengan konsistensi halus dan lembut.

Ukuran pisang raja jauh lebih kecil dari pisang Cavendish. Rata-rata panjang pisang raja antara 4 inci atau sekitar 10 cm sampai 6 inci atau 15 cm. Pisang ini bisa disantap langsung.

Namun di Indonesia, pisang ini sering diolah menjadi makanan lain seperti sale pisang, keripik pisang, nagasari dan lain sebagainya.

Pisang Barangan

Pisang Barangan merupakan salah satu jenis pisang di dunia. Di Malaysia pisang ini disebut sebagai pisang berangan. Di Filipina disebut sebagai pisang lakatan. Dan di Thailand disebut sebagai pisang khuai hom maew.

Pisang ini memiliki rona kuning cerah pada bagian kulit yang cukup tebal dengan lapisan dalam yang sangat mudah dipisahkan. Pisang Barangan memiliki aroma yang enak dan nikmat ketika dimakan langsung.

Dagingnya berwarna oranye, yang mana pisang ini juga memiliki kandungan vitamin A yang tinggi. Rasa pisang barangan sangat manis, sedikit tajam, seperti custard.

Dari segi tekstur, pisang ini memiliki tekstur kenyal namun tidak terlalu kenyal dibandingkan pisang kepok. Jika Anda menyukai pisang beku untuk smoothie atau krim, pisang ini sangat pas digunakan sebagai bahannya.

Orinoco

Jenis pisang Orinoco sebagian besar ditanam di California sebagai tanaman lanskap. Buahnya yang memiliki rasa cukup lezat sering kali diabaikan.

Ketika ditanam dengan cara yang benar, maka tanaman pisang Orinoco dapat menghasilkan tangkai besar dengan buah bertekstur dan rasa yang sempurna untuk roti pisang.

Orinoco bisa tumbuh hingga berukuran sedang dengan tinggi mulai dari 3 hingga 6 meter. Pisang ini sering dipanen saat dagingnya masih mengkal. Jika dibiarkan matang di pohon, kulit pisang akan menjadi kuning dan berubah menjadi gelap.

Anda bisa menikmati semua jenis pisang di dunia disini. Karena sebagian besar pisang yang ada di dunia terdapat juga di Indonesia. Namun terkadang pisang-pisang tersebut berjenis sama namun memiliki nama yang berbeda-beda di setiap negara. (Deni/R4/HR-Online)