Kampung Madu jadi Icon Desa Banjaranyar Ciamis

Kampung Madu jadi icon Desa Banjaranyar, Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis.
Kampung Madu jadi icon Desa Banjaranyar, Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis. Foto : Suherman/HR.

Berita Ciamis (harapanrakyat.com),- Kampung Madu jadi icon Desa Banjaranyar, Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, berkat usaha budidaya madu lebah yang dijalani hampir 90 persen warga setempat.

Pemerintah Desa Banjaranyar pun sangat mengapresiasi kerja keras warganya yang menggeluti usaha budidaya madu di kampung tersebut, tepatnya di Dusun Sindangasih, Desa Banjaranyar.

“Alhamdulillah, produksi madu warga kami ini sudah bisa dijual ke luar daerah, bahkan ke luar negeri. Hal ini berkat keuletan para anggota kelompok serta adanya bimbingan dari pihak Dinas Kehutanan Wilayah 7,” kata Tata, Kepala Desa Banjaranyar, kepada HR Online, Rabu (13/11/2019).

Baca berita terkait: Warga di Kampung Madu Banjaranyar Ciamis Kembangkan Usaha Madu Lebah

Pihaknya beraharp, ke depan Pemerintah Kabupaten Ciamis juga bisa memberikan dorongan serta bantuan permodalan, agar kampung madu ini bisa lebih berkembang dan maju pesat, serta bisa membawa harum nama Kabupaten Ciamis.

Tata juga mengungkapkan, yang menjadi kendala saat ini selain soal permodalan adalah akses jalannya yang perlu ada upaya peningkatan serius. Karena, jalan menuju Kampung Madu ini sebenarnya merupakan jalur alternatif menuju perbatasan Kabupaten Pangandaran.

“Kami yakin, jika Kampung Madu ini lebih di perhatikan, maka tidak menutup kemungkinan daerah tersebut akan menjadi sebuah branding Kabupaten Ciamis,” tandas Tata.

Menurut informasi yang diterima HR di lapangan, hasil produksi madu lebah dari Kampung Madu Banjaranyar telah memiliki badan hukum dan sudah teruji keasliannya.

Bahkan, belum lama ini Kampung Madu sudah menjadi bahan penelitian dokter ahli yang kini terus memantau dan memberikan bimbingan kepada para anggota Kelompok Usaha Madu Bina Lestari. (Suherman/R3/HR-Online)

Loading...