Gara-gara Bakar Sampah Ditinggalkan, Lahan Produktif di Pangandaran Terbakar

pembakaran sampah
Lahan produktif di Dusun Sukajadi RT 02/RW 02 Desa Purbahayu, Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, dilaporkan terbakar, Senin (18/11/2019). Foto: Entang/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Diduga akibat pembakaran sampah sebuah lahan produktif di Dusun Sukajadi  RT 02/RW 02 Desa Purbahayu, Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, dilaporkan terbakar, Senin (18/11/2019). Lahan yang terbakar ini diketahui milik Yoyo warga setempat.

Dalam peristiwa kebakaran ini tim Damkar BPBD Kabupaten Pangandaran menerjunkan dua unit mobil pemadam kebakaran. Setelah berjibaku kurang lebih sekitar satu jam akhirnya kebakaran berhasil dipadamkan.

Komandan Regu Pemadam Kebakaran BPBD  Kabupaten Pangandaran Zaenal Mutaqin, mengatakan, penyebab kebakaran lahan tersebut diduga kuat akibat kelalaian manusia. Dia menduga sebelum terjadi kebakaran ada orang yang membakar sampah di lahan tersebut. Setelah itu orang tersebut meninggalkan area lahan di saat api masih berkobar.

“Lahan yang terbakar ini lahan produkitf atau lahan yang sering digunakan pemiliknya untuk bercocok tanam,” ujarnya.

Zaenal pun meminta kepada warga agar tidak melakukan pembakaran sampah di lahan kering. Karena di saat musim kemarau seperti sekarang ini pepohonan mudah terbakar lantaran daun dan batangnya kering sudah lama tidak diguyur hujan.

“Di saat daun dan batang kering akibat kemarau ditambah angin kencang yang membuat kebakaran lahan mudah terjadi. Dalam sebulan ini sudah beberapa kali terjadi kebakaran lahan di wilayah Kabupaten Pangandaran. Penyebabnya rata-rata hampir sama yaitu dari pembakaran sampah,” pungkasnya. (Ntang/R2/HR-Online)

Loading...