Kebakaran di Kota Banjar, Lahan 5 Hektar Hangus

Kebakaran di Kota Banjar
Kebakaran lahan perkebunan warga di Dusun Priagung, Desa Binangun Kota Banjar, Jum'at (22/11/2019). Foto: Muhlisin/HR

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),– Kebakaran hebat terjadi di lahan perkebunan milik warga di Dusun Priagung, RT 02, RW 01, Desa Binangun, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar, Jawa Barat. Kebakaran di Kota Banjar tersebut terjadi sekitar pukul 18.00 WIB, Jum’at (22/11/2019).

Dedaunan kering akibat musim kemarau memudahkan api menjalar hingga dengan cepatnya membakar lahan perkebunan bambu. Bahkan kebakaran tersebut sempat membuat warga panik karena kobaran api yang terus meluas.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah UPTD Damkar Kota Banjar, Aam Amiwijaya, mengatakan, berdasarkan informasi yang masuk, kebakaran diketahui sekitar pukul 18.00 WIB.

Tim Damkar menerjunkan dua unit mobil pemadam yang dikawal satu unit mobil patwal menuju lokasi kebakaran. Medan yang terjal sempat menjadi kendala Tim Damkar untuk menjangkau titik api.

“Sempat terkendala karena aksesnya sulit sampai tadi menyambung delapan selang untuk menyiramkan air ke titik api. Sementara ini penyebab kebakaran masih misterius belum diketahui secara pasti,” kata Aam kepada HR Online di lokasi kebakaran, Jum’at (22/11/19).

Setelah hampir dua jam berjibaku dengan api dibantu masyarakat sekitar, akhirnya kebakaran berhasil dipadamkan. Akibat kebakaran tersebut diperkirakan lahan seluas lima hektare ikut hangus terbakar.

BPBD mengimbau warga agar berhati-hati dan waspada terhadap sesuatu yang dapat memicu terjadinya kebakaran.

“Hindari penyebab kebakaran baik dari sisa bakar sampah ataupun dari yang lain, karena itu bisa merugikan, terlebih di area lahan perkebunan,” pungkasnya. (Muhlisin/R7/HR-Online)

Loading...